8 Cara Jitu Mendidik Anak 2 Tahun agar Cerdas & Kreatif Sejak Dini

Orang tua dapat membuat perbedaan besar dalam mendidik anak jika ada sosok di rumah yang dapat berinteraksi dengan anak dan menginspiras...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
27 Jul 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Cara mendidik anak 2 tahun  agar cerdas


Orang tua dapat membuat perbedaan besar dalam mendidik anak jika ada sosok di rumah yang dapat berinteraksi dengan anak dan menginspirasinya. Sebab hanya orang tua yang bisa sangat inspiratif dengan komitmen mereka untuk membesarkan anak-anaknya. Oleh karena itu, peran Ibu sangat penting dalam mendidik anak agar kelak memiliki pemikiran yang cerdas serta menjadi pribadi yang kreatif. 

Sebagai seorang Ibu, sangat penting untuk terus mempelajari apa saja yang perlu diajarkan sejak dini kepada si Kecil. Yuk, cari tahu beberapa cara untuk mendidik anak usia 2 tahun agar menjadi cerdas lewat ulasan berikut!

Cara Mendidik Anak 2 Tahun agar Cerdas

Tahu cara mendidik anak usia 2 tahun agar menjadi pribadi yang cerdas merupakan bagian penting dari tugas Ibu dan Ayah.

Hal ini menjadi tindakan paling efektif untuk menanamkan keterampilan yang akan membantu anak berkembang dan meraih kesuksesan sepanjang hidupnya. 

Saat Ibu fokus pada pengembangan kecerdasan anak, itu artinya juga memberikan dasar yang kuat bagi perkembangan intelektual, sosial, dan emosional si Kecil.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk mendidik anak 2 tahun agar tumbuh cerdas:

1. Menjadi Contoh yang Baik

Salah satu cara terbaik untuk mendidik anak usia 2 tahun agar memiliki pikiran yang cerdas adalah dengan memberikan contoh perilaku positif. 

Melalui tindakan dan sikap sehari-hari, Ibu dapat menunjukkan kepada anak bahwa mengungkapkan perasaan, mendengarkan orang lain, dan mengatasi konflik adalah hal yang penting.

Saat anak melihat Ibu menanggapi situasi dengan kesabaran dan pengertian, nantinya anak akan cenderung melakukan hal yang sama. Ingatlah bahwa anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya, Bu.

2. Memuji Pencapaian Anak

Melalui pujian, Ibu dapat menunjukkan kepada si Kecil bahwa Ibu menghargai setiap kerja keras mereka untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Selain itu, pujian juga dapat membantu anak merasa lebih percaya diri dengan kemampuannya dan membantu membangun cara pandang yang lebih baik.

Memuji anak atas kemampuannya, sekecil apapun itu akan memperkuat rasa bangga dan memotivasi si Kecil untuk terus belajar dan berkembang. 

Hal ini akan membantu menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung, di mana anak merasa nyaman untuk bereksperimen, belajar dari kegagalan, dan terus tumbuh.

Baca Juga: 14 Aktivitas Stimulasi Otak yang Seru untuk Anak 2 Tahun

3. Hindari Label Negatif

Yang tidak kalah penting, tips mendidik anak usia 2 tahun agar menjadi cerdas yaitu menghindari label negatif. Alasannya karena label negatif ini dapat merusak kesehatan emosional pada anak, Bu. 

Melabeli anak sebagai "malas" atau "nakal" akan memberikan kesan bahwa anak tidak mampu untuk berubah.

Akibatnya, anak mungkin menjadi lebih enggan untuk mencoba hal baru atau belajar sesuatu yang sulit. Ini karena si Kecil merasa bahwa mereka memang sudah "malas" atau "nakal" seperti yang disebutkan orang tuanya. 

Sebagai gantinya, penting bagi orang tua untuk menggunakan bahasa yang positif kepada anak agar mereka merasa didukung.

4. Ajari Anak Mengenal Emosi

Anak usia 2 tahun mungkin masih belum sepenuhnya memahami dan mengenali emosi yang mereka rasakan. 

Sebagai orang tua, dalam mendidik anak usia 2 tahun mengenali emosinya dan memiliki pikiran yang cerdas adalah bagian penting dari perkembangan emosi pada anak.

Sebagai contoh, saat anak merasa kesal karena kalah dalam permainan, Ibu bisa mengatakan, "Sepertinya kamu sedang tidak mau diganggu, ya? Karena tadi kalah waktu main bola sama Kakak?"

Beri tahu si Kecil bahwa emosi negatif yang ia rasakan itu namanya adalah marah yang memang wajar dan harus dikeluarkan atau ditunjukkan. Kemudian, Ibu bisa ajarkan bagaimana caranya mengomunikasikan atau meluapkan kekesalan itu dengan cara yang sehat. Tujuannya untuk membantu si Kecil bisa berkomunikasi dengan baik agar tidak terbiasa memendam perasaannya. 

Jelaskan penyebab kekalahannya apabila si Kecil memang ingin tahu mengapa si Kakak bisa memang, kemudian tetap penting ucapkan selamat pada si Kecil untuk menghargai partisipasinya, membesarkan hati, dan menjaga rasa percaya dirinya.

5. Ajarkan Problem Solving

Membiarkan anak usia 2 tahun untuk memecahkan masalahnya sendiri adalah cara tepat dalam mendidik anak agar ia tumbuh cerdas. 

Dalam proses ini, Ibu harus memberi anak kesempatan untuk menghadapi tantangan dan menemukan solusi sendiri, tanpa campur tangan dari orang tua.

Sebaliknya, saat Ibu terlalu cepat membantu anak, Ibu mungkin memperoleh hasil yang cepat. Akan tetapi, pada akhirnya, anak tidak mendapatkan kesempatan untuk belajar keterampilan dan kemampuan baru. 

Jika Ibu selalu menjadi solusi bagi si Kecil, mereka tidak akan belajar bagaimana menghadapi masalah dengan cara kreatif.

Baca Juga: Cara Disiplinkan Anak Tanpa Marah-Marah Lewat Metode Time Out

6. Batasi Screen Time

Untuk mendidik anak 2 tahun agar tumbuh cerdas, Ibu perlu membatasi screen time pada anak. Pasalnya, waktu yang berlebihan di depan layar, seperti menonton televisi atau menggunakan gadget, dapat berdampak negatif pada perkembangan anak.

Menonton televisi atau menggunakan gadget secara berlebihan dapat menghambat kreativitas anak, karena kegiatan tersebut seringkali bersifat pasif dan tidak membutuhkan interaksi langsung. 

Anak hanya menatap gambar dengan kecepatan tinggi, yang tidak memberi kesempatan pada otak mereka untuk memproses informasi dengan baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu banyak waktu di depan layar dapat berdampak negatif pada kemampuan berpikir dan bahasa anak-anak. Ahli merekomendasikan batasan screen time tidak lebih dari 2 jam setiap hari untuk anak yang berusia lebih dari 2 tahun.

7. Luangkan Waktu Bersama Anak

Selain itu, cara yang efektif untuk mendidik anak usia 2 tahun agar cerdas adalah dengan meluangkan waktu bermain bersama anak. 

Ibu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bernyanyi, memasak bersama atau bermain yang dapat memberikan banyak manfaat dalam perkembangan si Kecil. 

Menghabiskan waktu berkualitas bersama anak juga memberikan kesempatan bagi Ibu sebagai orang tua untuk melihat dan mengenal anak lebih baik. Ibu dapat memperhatikan minat dan bakat pada si Kecil sehingga dapat mendukung perkembangan mereka dalam hal tersebut.

Perhatian yang diberikan oleh orang tua tentunya sangat berarti bagi si Kecil, Bu. Ketika anak merasa diperhatikan dan dihargai, mereka cenderung tumbuh dengan percaya diri dan termotivasi untuk belajar.

8. Membacakan Buku

Membacakan buku pada malam hari sebelum tidur dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi si Kecil. Selain meningkatkan bonding dengan Ibu, kegiatan ini juga bisa menjadi cara untuk mendidik anak usia 2 tahun agar memiliki pikiran yang cerdas, Bu.

Membaca buku akan mengembangkan kemampuan bahasa dan kosa kata, membantu si Kecil memperoleh keterampilan memecahkan masalah, memperluas imajinasinya, serta meningkatkan kecerdasan emosional. 

Selain itu, membaca juga memberikan kesempatan bagi Ibu untuk mengajukan pertanyaan kepada anak. Hal ini dapat mendorong anak untuk berpikir secara lebih dalam dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Banyak sekali manfaat yang didapat anak saat Ibu membacakannya sebuah buku atau dongeng. Nah, untuk meningkatkan motivasi membaca si Kecil, Ibu bisa coba beberapa aktivitas seru dalam flashcard Meningkatkan Motivasi Membaca si Kecil. Download sekarang juga secara gratis, Bu!

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara mendidik anak 2 tahun agar cerdas. Yang terpenting adalah melakukan cara-cara tersebut secara konsisten untuk mendukung anak agar si Kecil tumbuh hebat. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. thoshutta. (2023, January 13). St. Andrews International School Dusit. Standrewsdusit. https://www.standrewsdusit.com/how-you-can-help-your-child-develop-emotional-intelligence/
  2. ‌Verywell. (2018). 6 Parenting Strategies for Raising Emotionally Intelligent Kids. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/tips-for-raising-an-emotionally-intelligent-child-4157946
  3. Parents. (2017). 25 Ways to Spark Your Child’s Creative Thinking. Parents. https://www.parents.com/parenting/better-parenting/advice/25-ways-to-spark-your-childs-creative-thinking/
  4. ‌Mcilroy, T. (2018, May 9). 8 Simple Ways to Foster Creativity in Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/8-simple-ways-to-develop-your-3-6-year-olds-creativity/
  5. ‌IDAI | Keamanan Menggunakan Internet bagi Anak. (2014). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/keamanan-menggunakan-internet-bagi-anak
  6. ‌9 Steps to More Effective Parenting (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/nine-steps.html


Artikel Terkait

icon resep
2 Tahun Resep

Resep Lumpia Udang

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
5 min
01 Sep 2021