Cara Mudah Ajari Si Kecil Merawat Kebersihan Gigi Sejak Dini

Merawat kebersihan gigi anak penting untuk memaksimalkan perkembangan si Kecil, terutama dalam hal mencerna nutrisi dan juga berkomunika...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
04 Sep 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
kebersihan gigi pada anak


Merawat kebersihan gigi anak penting untuk memaksimalkan perkembangan si Kecil, terutama dalam hal mencerna nutrisi dan juga berkomunikasi, Bu. Sebagaimana Ibu sadari, gigi si Kecil akan membantunya mengunyah dan berbicara. Jadi, jika gigi tumbuh dengan baik, artinya anak akan dapat melakukan kegiatan makan dengan nyaman serta meningkatkan kemampuan si Kecil dalam berkomunikasi terhadap orang lain. 

Maka itu, sangat penting untuk membangun kebiasaan merawat gigi yang baik pada anak untuk mencegah berbagai masalah gigi yang berpotensi mengganggu tumbuh kembangnya. 

Lantas, apa saja yang perlu Ibu perhatikan terkait merawat kebersihan gigi anak sejak dini? Yuk, kita simak penjelasan selengkapnya, Bu!

Tips Mengajarkan Anak Merawat Kebersihan Gigi Sejak Dini

Berikut beberapa tips yang bisa Ibu lakukan untuk membantu anak menjaga kesehatan gigi dan mulutnya:

1. Sampaikan dengan Asyik Pentingnya Merawat Gigi

Ibu bisa memulainya dengan menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan asyik. Contohnya, bisa dengan membacakan buku cerita yang menarik tentang pentingnya menyikat gigi rutin setiap hari, atau sambil melihat video terkait tidak nyamannya sakit gigi.

2. Menggosok Gigi Bersama

Ibu perlu mengajari si Kecil cara menyikat gigi dengan benar dan teratur. Cara yang baik adalah dengan menggosok gigi bersama si Kecil dan membimbingnya untuk melakukan cara menggosok gigi yang benar.

3. Pantau Kesehatan Gigi dengan Stiker Kalender

Cara asyik merawat kebersihan gigi anak lainnya adalah mengamati kesehatan gigi secara rutin. Ibu bersama si Kecil bisa memantau kesehatan gigi dan mulut dengan membuat catatan kalender. Setiap akan kontrol ke dokter gigi atau ketika gigi si Kecil tanggal, Ibu bisa menempelkan stiker lucu pilihan anak pada kalender tersebut. 

4. Ciptakan Suasana Menyenangkan saat Menyikat Gigi 

Ibu dapat membuat kegiatan menyikat gigi menjadi menyenangkan dengan menciptakan permainan imajinasi sederhana. 

Saat menyikat gigi, coba ajak si Kecil bermain seolah-olah ia sedang mengalahkan kuman dan bakteri di dalam mulutnya. Berdirilah di depan cermin dan biarkan anak melihat dirinya menyikat gigi sendiri. Ibu bisa menemani si Kecil sembari bercerita tentang ‘perang kuman gigi versus pedang pasta gigi’ atau semacamnya. 

5. Putar Lagu Favorit si Kecil

Memutar lagu selama 2 menit saat menggosok gigi juga merupakan ide asyik dalam rutinitas merawat kebersihan gigi anak lho, Bu. Bersenang-senanglah dengan musik yang ceria atau dengan lagu favoritnya saat sikat gigi bareng, ya.

6. Pilih Sikat Gigi Sendiri

Mengajak anak untuk memilih sikat dan pasta giginya juga merupakan ide menarik untuk dicoba lho, Bu. Sikat bergambar karakter favorit dan pasta gigi warna-warni yang rasanya enak dapat memotivasi si Kecil menyikat giginya sendiri dengan gembira.

Meski begitu, tetap pastikan agar sikat dan pasta gigi yang dipilih si Kecil disesuaikan juga dengan usianya ya, Bu. 

Baca Juga: Tinggi Kalsium yang Bagus untuk Gigi Anak, Cek Cara Penyajian Keju Sebagai MPASI

Kapan Anak Bisa Mulai Menyikat Gigi?

Merawat kebersihan gigi anak dapat dimulai sejak usia dini. Ibu dapat membersihkan mulut si Kecil setelah makan atau menyusui. Saat Ibu melihat gigi pertama muncul di mulut si Kecil, Ibu bisa memulai rutinitas menyikat gigi menggunakan kapas halus. 

Seiring bertambahnya usia si Kecil, Ibu bisa terus mengajarkan cara perawatan gigi dengan mendetail dan lebih rutin. Meski tidak mudah dan butuh perjuangan, tetapi menyikat gigi merupakan kebiasaan yang perlu dibentuk sejak dini ya, Bu. Semoga bermanfaat!

 


Referensi:

  1. Kemkes. Waspada Karies Gigi pada Anak. (2022). https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1459/waspada-karies-gigi-pada-anak
  2. Kemkes. Pentingnya Mengajarkan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak. (2022). https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1045/pentingnya-mengajarkan-kesehatan-gigi-dan-mulut-pada-anak
  3. Parenting Firstcry. How To Teach Toddler to Brush Teeth. (2020). https://parenting.firstcry.com/articles/simple-tips-on-how-to-teach-toddler-to-brush-teeth/?ref=interlink

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait