Kembali ke Resep & Nutrisi

Cara Menyusun Jadwal MPASI untuk Bayi 6 Bulan

Selamat, ya, Bu! Kini bayi kesayangan Ibu sudah genap berusia 6 bulan dan siap makan selain ASI. Jadi, sekarang Ibu sudah mulai bisa men...

4 min
25 Feb 2022
Bayi laki-laki yang sedang disuapi ibunya

62 ibu tandai artikel ini bermanfaat

Selamat, ya, Bu! Kini bayi kesayangan Ibu sudah genap berusia 6 bulan dan siap makan selain ASI. Jadi, sekarang Ibu sudah mulai bisa menyusun jadwal makan bayi 6 bulan agar pemberian MPASI-nya berjalan lancar. Menyusun jadwal makan MPASI sangatlah penting supaya si Kecil terbiasa dengan pola makan yang sehat dan teratur sampai ia besar nanti. Lalu, bagaimana, ya, cara membuat jadwal makan MPASI untuk bayi 6 bulan?

Yuk simak di sini informasi selengkapnya!

Tips Menyusun Jadwal Makan MPASI Bayi 6 Bulan

Dalam jangka panjang, menyusun jadwal makan membiasakan anak memiliki kebiasaan makan yang teratur dan tepat waktu untuk mencegahnya mengalami gangguan pencernaan.

Namun khususnya bagi bayi yang sudah siap MPASI, membuat jadwal makan juga bertujuan untuk membantunya beradaptasi dengan perubahan jenis makanan dari yang tadinya hanya berupa ASI menjadi makanan yang lebih bertekstur. Jadi, pencernaan si Kecil tidak akan langsung kaget menerima “pendatang” baru.

Di sisi lain, menyusun jadwal makan yang teratur juga akan membantu bayi lebih mudah mengenali kapan ia merasa lapar dan kenyang.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Ibu terapkan untuk memulai jadwal makan bayi MPASI:

1. Ketahui Dulu Berapa Kali Sehari Bayi 6 Bulan Boleh Makan

Bayi usia 6 bulan biasanya perlu makan MPASI 2-3 kali setiap 2-3 jam dalam satu hari. Jumlah ini tidak termasuk jadwal menyusui, ya, Bu, karena bayi 6 bulan masih tetap butuh mendapatkan ASI setidaknya enam kali sehari setiap 4-5 jam setelah mulai makan makanan padat. 

Jika bayi tampak lapar di sela waktu makan atau menyusuinya, Ibu boleh berikan makanan selingan sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Jangan berkecil hati ya, Bu, bila si Kecil tidak tertarik dengan menu yang Ibu sajikan. Biasanya, pengenalan pada satu makanan membutuhkan 10-15 kali percobaan. Ibu bisa mencoba kembali di waktu makan berikutnya sembari ikut makan bersama si Kecil. Cara ini sangat efektif karena anak akan belajar dan mencontoh cara makan dari ibunya.

2. Sesuaikan dengan Seberapa Banyak Bayi Boleh Makan

Mengetahui berapa kali bayi 6 bulan boleh makan dalam sehari penting untuk memahami batas seberapa banyak ia boleh makan di bulan ini. Sebab, kedua hal tersebut berkaitan dengan kapasitas lambung bayi dan kemampuannya mencerna makanan.

Rata-rata waktu pengosongan 50% isi lambung adalah 75 menit jika si Kecil hanya menyusu, sementara jika asupannya adalah makanan MPASI lambung butuh waktu sekitar 100 menit untuk mengosongkan setengah isinya.

Nah untuk bayi yang usianya 6 bulan, IDAI menyarankan Ibu memberi MPASI bertekstur lumat atau kental sebanyak 3 sendok makan hingga ½ mangkuk berukuran 250 ml untuk 2-3 kali per hari. 

Seiring usianya bertambah besar, masa pengosongan lambung bayi akan semakin cepat sehingga anak butuh lebih sering atau lebih banyak makan makanan padat. Itu juga yang menjadi salah satu alasan kenapa frekuensi pemberian makan bayi umumnya akan makin meningkat dari bulan ke bulan.

Baca Juga: MPASI Pertama untuk Kecerdasan Si Kecil

3. Lihat Respon Bayi Saat Makan

Dalam memberikan makanan untuk bayi, hendaknya Ibu juga peka terhadap bahasa tubuh anak yang menunjukkan tanda lapar atau kenyang. Sebab, anaklah yang sebenarnya bisa menentukan seberapa banyak makanan yang ia sendiri butuhkan dan seberapa banyak yang tubuhnya mampu terima. 

Jadi idealnya, berikan anak makan hanya ketika ia lapar. Saat makan, dampingi dan motivasi anak selama proses makan berlangsung supaya ia mau mencoba menghabiskan makanan. Nah supaya si Kecil mau lahap makan, cobalah memberikan makan setelah ia bangun dari tidur yang lama karena di waktu inilah ia akan merasa paling lapar. 

Hentikan pemberian makannya ketika ia mulai menunjukkan tanda-tanda kenyang, seperti menjauhkan mulutnya dari sendok dan makanan, bersendawa, serta ekspresinya terlihat tenang dan nyaman.

Jangan memaksakan si Kecil meneruskan makan jika ia memang sudah kenyang meski ia hanya mau 1-2 suap. Usahakan lama makan tidak lebih dari 3 menit dan hentikan pemberian makan jika setelah 15 menit anak bermain-main, tampak kesal, atau membuang-buang makanannya.

Contoh Jadwal Pemberian MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Dengan mempertimbangkan semua hal di atas, berikut adalah contoh jadwal pemberian MPASI bayi 6 bulan yang dianjurkan oleh IDAI:

  • 06.00: ASI, banyaknya sesuai yang diinginkan bayi.

  • 08.00: MPASI pagi sebanyak 2-3 sendok makan.

  • 10.00: Camilan

  • 12.00: MPASI siang sebanyak 2-3 sendok makan.

  • 14.00: ASI, banyaknya sesuai yang diinginkan bayi.

  • 16.00: Makanan selingan/camilan.

  • 18.00: MPASI malam.

  • 20.00-21.00: ASI, banyaknya sesuai yang diinginkan bayi.

  • 02.00: ASI, bila perlu.

Cara Menyiapkan MPASI 6 Bulan Pertama

Tahap ini perlu diperhatikan ya Bu. Penyiapan dan penyimpanan MPASI yang benar akan menghindari berbagai bakteri berbahaya masuk dalam tubuh si Kecil lewat makanan dan minumannya. 

  • Sebaiknya gunakan peralatan makan dari plastik dan diberi alas karet supaya tidak mudah bergeser atau terbalik.

  • Pastikan semua peralatan makan anak harus dicuci bersih. 

  • Jika ingin membiarkan anak untuk makan atau Ibu ingin menyuapi si Kecil dengan tangan langsung, pastikan mencuci tangan terlebih dulu. 

  • Jika Ibu menyajikan makanan yang daya simpannya tidak bisa lama, sebaiknya segera dikonsumsi setelah disiapkan, maksimal tidak lebih dari 2 jam. Hal ini untuk mencegah  bakteri masuk dan berkembang biak.

  • Jangan mencampur bahan makanan mentah dan matang dalam satu wadah.

  • Pastikan bahan makanan dan air yang digunakan aman dan bersih.

  • Bila Ibu ingin membekukan MPASI, gunakan wadah plastik yang aman untuk makanan. Daging, ikan, telur, susu, kedelai, nasi, pasta dan sayur-sayuran sebaiknya disimpan dengan suhu kurang dari 5° Celcius karena bakteri penyebab kontaminasi dapat tumbuh di dalam makanan-makanan tersebut. Daging dan ikan juga harus disimpan terpisah dari bahan makanan lainnya agar tidak terjadi kontaminasi bakteri.

  • Makanan beku dari freezer bisa dicairkan menggunakan microwave dan sebaiknya segera dimasak setelah mencair. Agar kualitas makanan tetap terjaga, makanan yang sudah dikeluarkan dari lemari es tidak boleh digunakan lagi bila sudah berada di luar lemari es selama lebih dari dua jam, ya, Bu4.

  • Terakhir, masak hingga semua makanan dan minuman benar-benar matang dengan sempurna.

Baca Juga: 12 Resep MPASI untuk Bayi Sembelit dan Pencernaan Sehat

Jadi, apakah Ibu dan si Kecil sudah siap menyambut fase MPASI yang penuh rasa? Pastikan untuk menyesuaikan menu MPASI sesuai usianya ya, Bu. Nah kalau Ibu ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi resep dan menu MPASI, yuk kunjungi tools BebeJourney!

Selain ada koleksi resep MPASI lezat, ada juga berbagai fitur menarik untuk memantau tumbuh kembang si Kecil, seperti grafik tumbuh kembang WHO sampai jadwal imunisasi IDAI.

Selamat mencoba!


Referensi:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/6-month-old-feeding-schedule#summary Diakses pada  14 Oktober 2022
     
  2. https://www.gov.mb.ca/healthychild/healthybaby/hb_solidfoods.pdf Diakses pada  14 Oktober 2022
     
  3. https://www.aboutkidshealth.ca/article?contentid=1458&language=english Diakses pada  14 Oktober 2022
     
  4. http://conditions.health.qld.gov.au/HealthCondition/condition/8/78/412/introducing-solids-feeding-from-around-6-mont#:~:text=Feeding%20from%20around%206%20months,-All%20babies%20are&text=Make%20sure%20you%20have%20time,to%202%20to%203%20tablespoons. Diakses pada  14 Oktober 2022
     
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK148957/ Diakses pada  14 Oktober 2022 
     
  6. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK148957/box/session3.box3/?report=objectonly Diakses pada  14 Oktober 2022 
     
  7. http://conditions.health.qld.gov.au/HealthCondition/condition/8/78/412/introducing-solids-feeding-from-around-6-mont#:~:text=Feeding%20from%20around%206%20months,-All%20babies%20are&text=Make%20sure%20you%20have%20time,to%202%20to%203%20tablespoons. Diakses pada  14 Oktober 2022 
     
  8. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1100/kapan-sebaiknya-mpasi-mulai-diberikan Diakses pada  14 Oktober 2022
     


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait