17 Makanan untuk Meningkatkan Kualitas dan Melancarkan ASI

detail-fb detail-wa detail-twitter

Makanan Ibu = ASI

Percaya atau tidak, tapi makanan yang Ibu konsumsi akan berpengaruh pada kualitas ASI. Bahkan, sejumlah makanan/ minuman tertentu dengan citarasa kuat, bisa jadi akan melekat juga pada ASI yang produksi. Oleh karena itu, biasakan untuk menerapkan pola makan sehat selama menyusui ya, Bu.

Selama menyusui, sebaiknya Ibu hindari konsumsi makanan/ minuman yang berdampak buruk pada kesehatan. Salah satunya makanan/minuman yang mengandung kafein akan menjadi faktor yang mempengaruhi kualitas ASI. Zat ini sangat mungkin terserap juga oleh bayi Ibu melalui ASI dan dapat berdampak buruk pada pola tidur bayi.

Minum Cukup Air

Saat menyusui, sangat disarankan Ibu mengkonsumsi lebih banyak cairan dibanding saat normal. Sekitar 10 gelas sehari diperkirakan akan cukup memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh Ibu dan bagi produksi ASI.

Jenis cairan terbaik yang wajib dikonsumsi Ibu menyusui adalah air putih. Namun, Ibu juga dapat menambahkan asupan cairan berupa susu atau jus buah segar yang juga mengandung nutrisi bagi ASI.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Banyak mitos yang sering kita dengar seputar pantangan makanan saat menyusui. Mulai dari mengurangi makanan berbumbu pedas, bercitarasa kuat, atau asam. Sebagian bahkan menyarankan untuk makan yang serba bening dan tawar.

Sebenarnya, setiap Ibu menyusui akan memiliki pantangan makanan yang berbeda. Ibu dan bayi Ibu yang akan lebih mengetahuinya. Coba saja Ibu amati bagaimana reaksi si kecil saat Ibu mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Jika si kecil baik-baik saja (tidak alergi, diare, dsb), artinya Ibu bebas mengkonsumsi kembali jenis makanan tersebut.

Namun, secara umum memang terdapat beberapa jenis makanan yang mungkin berpengaruh kurang baik pada bayi Ibu, yaitu antara lain:

  • Bumbu pedas adalah makanan yang mempengaruhi ASI dan mungkin mengakibatkan perut kembung atau masalah pencernaan pada Ibu dan bayi.
  • Kafein yang dapat menyebabkan Ibu dan bayi sulit tidur. Waspadai juga kafein yang terkandung pada teh, soft drink, dan coklat.
  • Minuman beralkohol adalah minuman yang mempengaruhi ASI.

Makanan yang Meningkatkan Produksi ASI

1. Sayuran hijau

Obat atau makanan untuk meningkatkan kualitas ASI disebut dengan galactogogues. Galact berarti 'susu' dan ogogue 'rangsangan'. Sayuran hijau dianggap perangsang ASI. Salah satu sayuran hijau yang menjadi makanan untuk meningkatkan kualitas ASI adalah sayur bayam. Dalam sayur bayam terkandung vitamin A dan asam folat yang baik untuk Ibu menyusui.

2. Gandum

Makanan yang direkomendasikan untuk Ibu menyusui adalah gandum. Makanan untuk melancarkan ASI ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi Ibu menyusui.

3. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih saat menyusui terbilang aman. Bawang putih bisa melancarkan ASI. Meskipun memiliki bau yang menyengat, bawang putih dapat membuat ASI menjadi lebih berkualitas.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah protein. Beberapa jenis kacang yang baik untuk Ibu menyusui, antara lain kacang almond, kacang mede, dan kacang merah. Kacang-kacangan ini bisa dijadikan makanan untuk meningkatkan kualitas produksi ASI.

5. Biji-bijian

Makanan untuk melancarkan ASI selanjutnya adalah biji-bijian. Contoh makanan pelancar ASI dari biji-bijian adalah oatmeal. Makanan ini mengandung nutrisi protein yang tinggi.

6. Menyusui Bayi Lebih Lama

Biasanya, bayi menyusu setidaknya sebanyak 8 hingga 12 kali dalam 24 jam. Jika Ibu ingin meningkatkan produksi ASI, sebaiknya durasi waktu menyusui bayi ditingkatkan lagi.

7. Konsumsi Protein

Makanan untuk melancarkan ASI selanjutnya adalah jenis makanan dengan kandungan protein tinggi. Protein yang dibutuhkan Ibu menyusui adalah sebanyak 76-77 gram per hari.

8. Menyusui dengan Dua Payudara

Agar keluarnya susu seimbang dan semakin berkualitas, Ibu bisa menyusui dengan dua payudara. Lebih baiknya lagi, Ibu bisa memberikan durasi waktu bagi masing-masing payudara.

9. Mengurangi Stres

Selain konsumsi makanan, Ibu menyusui juga harus meminimalisir stres. Jika Ibu mulai merasakan kejenuhan, pastikan Ibu mendapatkan bantuan dari keluarga atau suami.

10. Memijat Payudara

Cara meningkatkan kualitas dan melancarkan ASI selanjutnya adalah dengan memijat payudara. Salah satu pijat payudara yang dapat melancarkan ASI adalah pijat laktasi.

11. Konsumsi Biji Fenugreek

Fenugreek telah diyakini sebagai booster ASI alami. Tanaman yang dikenal pula dengan nama kelabat ini umumnya tumbuh di Mediterania. Meskipun demikian, biji fenugreek telah banyak ditemukan di Indonesia.

12. Konsumsi Ikan Salmon

Makanan untuk meningkatkan kualitas ASI selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi Ibu menyusui. Dengan mengonsumsi salmon, produksi ASI Ibu menjadi lebih meningkat.

13. Konsumsi Susu Kedelai

Satu hingga dua gelas susu kedelai baik untuk dikonsumsi Ibu hamil. Susu kedelai dapat meningkatkan kualitas ASI karena mengandung protein alami yang baik.

14. Makan Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak dapat menambah energi Ibu menyusui. Pasalnya, daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi atau zinc.

15. Konsumsi Daun Katuk

Kandungan laktagogum dan prolaktin menjadikan daun katuk sebagai makanan untuk Ibu menyusui. Kandungan tersebut adalah pemicu peningkatan kualitas ASI.

16. Konsumsi Buah

Makanan yang dapat meningkatkan kualitas ASI selanjutnya adalah buah. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dapat meningkatkan daya tahan tubuh Ibu menyusui dan meningkatkan kualitas ASI.

17. Konsumsi Telur

Telur adalah makanan kaya protein. Karena itu, telur menjadi makanan untuk melancarkan ASI.

Itulah beberapa makanan untuk mengingkatkan kualitas ASI. Sebaiknya, Ibu lebih memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Pasalnya, makanan yang Ibu konsumsi akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Tag
ASI