Apakah Suasana Hati Bisa Dipengaruhi Oleh Perut Sehatnya

Makanan dan Pencernaan Sehat Bisa Pengaruhi Suasana Hati Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Ibu, ternyata kesehatan perut berpengaruh pada suasana hati si Kecil loh! Simak penjelasannya dari Bebeclub.

Korelasi Antara Suasana Hati dan Kesehatan Perut

Sebagian orang mungkin masih belum pernah mendengar apalagi paham mengenai hubungan antara suasana hati dan kesehatan perut, ternyata suasana hati dapat dipengaruhi oleh kesehatan perut karena 90% reseptor serotonin terletak di bagian pencernaan tepatnya di usus. Serotonin adalah neurotransmitter utama yang dihasilkan oleh saluran cerna untuk dikirim ke otak dan kemudian otak mendapatkan sinyal yang mengatur suasana hati, selera makan, kesehatan, tidur dan ingatan seseorang. Oleh karena itu, jika si Kecil mengalami gangguan pencernaan tentu akan mempengaruhi suasana hati atau mood-nya.

Terdapat hubungan anatomis dan fisiologis antara saraf yang berada pada otak dan usus.[1] Lebih lanjut, hubungan antara saraf serotonin dan otak si Kecil juga dipengaruhi oleh apa yang si Kecil makan dan kesehatan perutnya. Tahukah Ibu, ketika keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri buruk terganggu, tubuh akan terkena beberapa penyakit pencernaan seperti penyakit radang usus (IBD), asma, obesitas, diabetes, hingga gangguan suasana hati.

Pengaruh Makanan Olahan Terhadap Perut

Apa yang si Kecil makan tentu akan mempengaruhi kesehatan pencernaannya. Terlebih jika si Kecil memakan makanan olahan. Beberapa makanan olahan memang tidak baik untuk kesehatan pencernaan baik untuk Ibu maupun si Kecil. Sebagian besar makanan olahan mengandung zat tambahan yang diekstrasi seperti zat gula dan pati, kemudian makanan olahan juga sudah ditambahkan penambah rasa atau pewarna makanan yang dibuat di laboratorium.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Selain makanan olahan, makanan cepat saji juga diberikan beberapa zat tambahan sintetis untuk membuat makanan tersebut lebih lezat dan lebih hemat. Beberapa contoh makanan olahan adalah makanan kaleng, buah-buahan kering, daging dalam kemasan, soda, camilan ringan, roti kemasan, dan nugget. Ada baiknya Ibu menghindari memberi makan si Kecil dengan produk makanan olahan karena akan menyebabkan peradangan dan penyakit di bagian pencernaan.

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Suasana Hati

Sebuah studi dari departemen kesehatan dan epidemiologi, Universitas College London menyatakan bahwa makanan sehat seimbang dapat melindungi diri dari depresi. Terdapat beberapa makanan yang dapat mengurangi risiko terkena depresi seperti kerang, tiram, salmon, kepiting, kcang-kacangan, dan biji-bijian seperti oatmeal dan beras merah.[2]

Lebih lanjut, sebaiknya Ibu memberikan si Kecil asupan makanan yang diproses dari bahan makanan utuh dan bukan produk olahan yang mengandung banyak zat tambahan yang dapat merusak bakteri baik di dalam perut si Kecil.

Itulah hubungan antara kesehatan perut dengan suasana hati si Kecil. Makadari itu penting untuk menjaga kesehatan perut si Kecil karena kesehatan perut akan mempengaruhi suasana hatinya. Ada baiknya Ibu memberikan makanan yang berasal dari bahan makanan segar yang kaya nutrisi dan serat agar kesehatan perut si Kecil tetap terjaga. Selain itu, ibu juga bisa bantu lengkapi kebutuhan serat si Kecil dengan susu Bebelac Gold 3: 1-5 tahun Advansfibre yang diperkaya dengan FOS:GOS 1:9 yang tinggi serat.

Baca Juga: Ciri-ciri Konstipasi Anak yang Perlu Dipahami

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil, Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan Omega-6, dan 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat. Bebelac Gold dapat diminum 3 kali sehari untuk membantu memenuhi kurang lebih (atau tanda plus minus) 50% kebutuhan serat harian si Kecil.

Dengan pemberian nutrisi yang cukup akan mendukung si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang baik (happy tummy), sehingga ia bisa memiliki suasana hati yang lebih baik pula (happy heart), yang akan mendukung kecerdasannya (happy brain)

 

[1] Uma Naidoo, MD. (2019, March 27). Gut feelings: How food affects your mood. Retrieved from https://www.health.harvard.edu/blog/gut-feelings-how-food-affects-your-mood-2018120715548

[2] Diet and Depression. (2008, June 2). Retrieved from https://www.webmd.com/depression/guide/diet-recovery#1