750x750_Kandungan Nutrisi Tinggi Dalam Formula Soya

Kandungan Nutrisi Tinggi Dalam Formula Soya

Ibu tentu sudah kenal susu sebagai salah satu sumber nutrisi untuk anak. Selain susu sapi yang kaya protein hewani, ada pula alternatifnya yaitu susu nabati yang terbuat dari kacang-kacangan. Nah, formula soya adalah salah satu jenis susu nabati yang diminum banyak anak, terutama dalam beberapa tahun terakhir di mana popularitas susu formula soya semakin tinggi.

Tak perlu khawatir pertumbuhan si Kecil kurang optimal karena tidak minum susu sapi ya Bu! Penelitian menunjukkan, tidak ada perbedaan nyata antara pertumbuhan anak yang minum formula soya dan anak yang minum susu sapi formula kok Bu![1]Maka, Ibu bisa memberikan formula pada anak untuk memenuhi kebutuhan gizinya, namun harus berdasarkan rekomendasi dokter ya! 

Yuk ketahui lebih jauh tentang susu kedelai hari ini! Formula soya kaya akan protein nabati yang penting untuk pertumbuhan anak, juga kaya akan nutrisi lain yang penting untuk tumbuh kembang anak. Yuk, kita lihat sama-sama kandungan nutrisi yang ada di dalam susu formula soya yang bantu menunjang kebutuhan nutrisi anak!

Protein nabati

Kalau selama ini Ibu pikir protein nabati dalam formula soya tidak sekaya kandungan protein di susu sapi, ternyata justru sebaliknya lho Bu! Susu formula soya memiliki nutrisi yang hampir sama lengkapnya dengan susu sapi formula. Yang membedakan hanya jenis proteinnya, karena formula soya terbuat dari isolat protein soya yang mengandung protein nabati, sementara susu sapi mengandung protein hewani. Nah, formula isolat protein soya mengandung sedikitnya 90% protein nabati, cukup tinggi kan Bu?[2]

Serat

Tahukah Ibu kalau formula soya yang berserat tinggi terbuat dari isolat protein soya? Nah, isolat protein soya adalah bentuk paling sederhana protein dalam biji kedelai[3] yang dicampur dengan sumber nutrisi lain (termasuk serat) kemudian selama proses produksi. Tahu tidak Bu, tingginya kadar serat dalam formula isolat protein soya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan anak[4] lho!

Menurut rekomendasi Departemen Kesehatan Indonesia tahun 2013, anak usia 1-3 tahun butuh asupan serat harian sebanyak 16 gram[5].  Selain membantu mencukupi kebutuhan serat harian anak, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi serat juga baik untuk anak karena membantu menjaga kadar glukosa, jaga kualitas BAB, juga menjaga jumlah bakteri baik dalam usus[6].  Jadi, saluran cerna sehat, anak pun tidak gampang sakit deh!

Asam lemak esensial

Ibu perlu tahu, formula isolat protein soya sudah ditambahkan dengan asam lemak esensial Omega 3 & 6 yang baik untuk anak. Omega 3 bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, juga melindungi organ hati anak[7], sementara Omega 6 membantu membentuk energi[8]. Kedua asam lemak ini hanya bisa didapat dari asupan si Kecil karena tidak diproduksi secara alami oleh tubuh.

Vitamin dan mineral

Seperti dalam susu sapi formula, ada banyak jenis vitamin dan mineral dalam formula soya, dan banyak pula manfaat mereka untuk tumbuh kembang si Kecil. Secara umum Bu, beragam vitamin dan mineral yang sudah ditambahkan ke dalam berperan dalam regenerasi sel-sel tubuh, pembentukan darah, merawat organ tubuh, dan menjaga kekuatan tulang[9][10].

Jadi Bu, kalau Ibu mencari formula soya dengan serat tinggi dan nutrisi lengkap seperti yang disebutkan tadi, Ibu bisa mencoba Bebelac Gold Soya, inovasi terbaru dari Nutricia ya! Cari tahu lebih lanjut di www.bebeclub.co.id atau hubungi tenaga kesehatan ya!

 

[1]     Andres A, et.al, Pediatric. 2012: 129 (6): 1134-1140 dan Andres A, et al. J Pediatr 2013;163:49-54