10 Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Usia Dini

Buku adalah jendela dunia, gerbangnya ilmu pengetahuan. Jadi, Ibu pasti sudah paham betul betapa pentingnya menumbuhkan minat membaca...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
10 Jun 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


 

Buku adalah jendela dunia, gerbangnya ilmu pengetahuan. Jadi, Ibu pasti sudah paham betul betapa pentingnya menumbuhkan minat membaca pada anak sejak dini agar si Kecil tumbuh menjadi anak hebat yang mencintai buku. Akan tetapi, sudah tahukah Ibu bagaimana caranya menumbuhkan minat baca anak sejak dini? Yuk, cari tahu tips-tipsnya supaya anak suka baca buku di artikel ini!

Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Sebagian besar anak, mulai dari bayi hingga usia pra-sekolah, sangat suka mendengarkan cerita. Namun sayangnya, belum tentu semua anak suka membaca. Bagi beberapa anak yang tidak terbiasa, membaca dapat terasa seperti “belajar” atau “pekerjaan” yang terasa berat dilakukan. Terlebih lagi anak-anak zaman sekarang cenderung beralih ke gadget untuk mencari hiburan di waktu luangnya. 

Padahal, membaca sangat banyak manfaatnya untuk perkembangan anak karena membaca merupakan aspek penting dalam kehidupan. Salah satu manfaatnya adalah untuk mendukung perkembangan bahasa dan imajinasi anak. Imajinasi tersebut akan merangsang kreativitasnya sehingga si Kecil tumbuh menjadi anak yang kreatif dan ceria. Selain itu, membaca juga sangat bagus untuk fungsi kognitif anak, seperti meningkatkan kinerja otak, menambah pengetahuan, dan mengasah daya ingat.

Kira-kira, bagaimana cara mengembangkan minat baca pada anak? Berikut beberapa cara efektif yang dapat Ibu terapkan di rumah agar si Kecil mau membaca: 

1. Jadi Role Model

Apabila ingin minat membaca si Kecil tinggi, hal pertama yang perlu Ibu dan Ayah perlu menjadi role model bagi si Kecil dalam kehidupan sehari-hari. 

Anak-anak adalah peniru ulung. Ia akan menyerap seperti spons hal-hal yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Jadi, saat bersantai di sore hari atau pada akhir pekan, Ibu dan Ayah perlu mematikan TV juga meletakkan smartphone kemudian mengisi waktu luang dengan membaca. 

Ketika melihat orang tuanya melakukan hal tersebut, anak akan cenderung mengambil bukunya dan ikut membaca buku bersama Ibu dan Ayah. 

Baca juga: 10 Cara Belajar Membaca Sambil Bernyanyi Lagu Anak-anak

2. Rutin Bacakan Buku Cerita sejak Dini

Tidak ada kata terlalu muda untuk membacakan buku cerita untuk si Kecil, Bu. Bahkan sejak di dalam kandungan si Kecil sudah bisa mulai dibacakan buku cerita. 

Membacakan buku pada bayi yang masih berada di dalam kandungan membantu si Kecil mengenali suara Ibu dan membangun kemampuan dasar literasinya. 

Begitu si Kecil terlahir di dunia, pastikan Ibu meneruskan kebiasaan baik tersebut. Bacakan buku cerita dengan nada, suara, dan mimik muka yang berbeda-beda, sesuai dengan jalan cerita yang ada.

Dengan begitu, kegiatan membaca buku bersama jadi terasa sangat menyenangkan dan si Kecil penasaran dengan kelanjutan ceritanya. 

Dari kegiatan ini si Kecil akan secara natural membentuk keterampilan literasi yang lebih tinggi. Perlahan ia akan memahami bahwa setiap huruf dan gambar yang ada di dalam buku memiliki makna. 

Kelak ketika ia melihat buku, ia akan penasaran dengan isinya dan ingin bisa membacanya secara mandiri. 

Ketika si Kecil sudah menunjukkan keinginan untuk membaca buku secara mandiri, tugas Ibu adalah mendampinginya. Ibu dan si Kecil bisa membaca dengan keras secara bergantian atau membaca secara mandiri sambil duduk berdampingan. 

Baca juga: 8 Tips Membacakan Anak Buku Cerita Supaya Lebih Seru

3. Bacakan Buku Secara Interaktif

Melalui buku yang dibaca, si Kecil akan masuk ke dalam berbagai macam petualangan yang bantu imajinasi dan akal kreatifnya berkembang hebat. Dan dari petualangan tersebut, ia juga akan mempelajari banyak ilmu pengetahuan dan memupuk kosakata baru. 

Ketika membacakan buku cerita untuk si Kecil, bukan hanya intonasi dan mimik muka saja yang harus diperhatikan. Ibu juga perlu membacakan buku secara interaktif.

Sambil membacakan buku cerita, Ibu dapat berhenti dan mengajukan beberapa pertanyaan atau meminta anak untuk memprediksi apa yang akan terjadi. 

Di akhir cerita, Ibu juga bisa meminta si Kecil menceritakan kembali dongeng yang baru saja dibacakan atau meminta untuk memberikan pendapat mereka mengenai karakter-karakter yang ada. Misalkan, “Menurut Adik, serigala yang meminta permen wortel kelinci kecil tadi sifatnya nakal atau baik?”

Hal ini dapat membantu membangun engagement si Kecil kepada cerita, kemampuan pemahaman, kemampuan berpikir kritis, dan ketertarikan si Kecil terhadap membaca. 

4. Ajak si Kecil Pahami Isi Buku

Ketika membaca, Ibu dapat berhenti sejenak untuk memperhatikan ekspresi si Kecil, apakah ia dapat mengikuti cerita dengan baik? Apakah ia mengerti kata-kata sulit yang Ibu ucapkan? Jika belum, Ibu dapat berhenti dan menjelaskan bagian yang belum dimengerti oleh si Kecil. 

Selain memperdalam pemahaman si Kecil, hal ini juga dapat membantunya membangun koneksi antara teks yang dibaca dengan kehidupan anak dan dunia di sekitarnya. 

Apabila anak telah memahami konsep tersebut, kelak ia akan terbiasa mencari jawaban dari permasalahan yang ia temui dalam kehidupan sehari-hari dengan cara membaca. 

Baca juga: 6 Keuntungan Mengajari Anak Membaca Sejak Dini

5. Buat Rutinitas Membaca di Rumah

Anak-anak yang terbiasa dengan rutinitas membaca cenderung lebih antusias dan gemar membaca di kemudian hari. 

Jadi, Ibu dapat membuat jadwal secara rutin dan konsisten minimal 1 kali dalam satu hari untuk membaca buku bersama anak. Bisa di sore hari sambil menikmati camilan di teras atau 15 hingga 30 menit sebelum tidur. 

Selain bantu menumbuhkan minat membaca si Kecil, momen membaca bersama Ibu dapat memperkuat ikatan emosional, menciptakan lingkungan yang positif untuk belajar, dan membantunya mengembangkan imajinasi serta kreativitas.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Belajar Membaca yang Mengajarkan Kebaikan pada Anak

6. Kenalkan pada Berbagai Jenis Buku

Ibu, jangan berhenti pada satu jenis buku saja, ya. Ajaklah si Kecil untuk mengeksplorasi beragam jenis buku sehingga mereka dapat merasakan keseruan dan manfaat dari berbagai macam literatur. 

Ibu bisa mulai mengenalkan komik yang menghadirkan cerita menarik dengan kalimat pendek dan visual yang menghibur.

Atau mengenalkan si Kecil pada majalah yang dapat membuka wawasannya tentang dunia sekitar. Bisa juga Ibu mengajak si Kecil untuk membaca ensiklopedia untuk mendapatkan pengetahuan mendalam tentang topik tertentu. 

Ibu dapat memberikan buku jenis apapun asalkan konten buku tersebut berkualitas dan sesuai dengan kelompok usia si Kecil. Dengan begitu anak akan selalu penasaran untuk menemukan berbagai narasi mengagumkan dari dalam buku. 

7. Simpan Buku di Banyak Tempat

Untuk menjadikan anak lebih dekat pada buku, Ibu dapat menyimpannya di tempat yang sering digunakan dan mudah dijangkau oleh si Kecil. Misalkan rak bagian bawah TV, meja ruang keluarga, atau ruang tamu.

Apabila si Kecil memiliki akses yang lebih mudah pada buku, ia cenderung memiliki keinginan membaca yang lebih tinggi. Ia akan mengambil sendiri buku yang ia sukai dan membacanya. 

Baca juga: 6 Manfaat Membaca Dongeng Sebelum Tidur untuk Perkembangan Anak

8. Ajak Baca Buku Bersama Teman 

Supaya kegiatan membaca terasa lebih menyenangkan, Ibu dapat mengajak si Kecil untuk play-date di perpustakaan atau mendaftarakannya di klub membaca. 

Selain lebih seru, membaca buku bersama teman akan memberikan si Kecil kesempatan untuk berbagi pendapat tentang buku yang baru saja mereka baca. 

Bukan itu saja, kegiatan ini juga akan membantu si Kecil memahami kalau sebuah buku bisa memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Hal ini akan membuat mereka semakin semangat untuk membaca buku, Bu.

9. Bawa Buku saat Bepergian

Ketika bepergian si Kecil bisa saja bosan dan ingin bermain. Namun, tidak semua tempat memungkinkan si Kecil bermain secara aktif. Contohnya saat di dalam mobil atau mengantri di dokter gigi. 

Ketika hal ini terjadi, Ibu dapat mengajak si Kecil membuka dan membaca buku favoritnya. Kebiasaan baik ini akan membuat rasa cinta anak terhadap anak semakin besar. 

10. Berikan Buku sebagai Hadiah

Ibu dapat meminta keluarga atau teman dekat untuk memberikan hadiah ulang tahun dalam bentuk buku alih-alih mainan. Apabila berkenan, minta juga pemberi hadiah untuk membubuhkan pesan singkat di balik sampul utama buku. 

Hal ini akan membuat si Kecil lebih menghargai dan menyukai buku pemberian orang-orang yang ia kasihi tersebut sehingga semangat membacanya meningkat. 

Baca juga: 12 Cara Mudah dan Seru Mengajari Anak Membaca

Itulah 10 cara yang dapat Ibu terapkan di rumah untuk bantu meningkatkan minat baca anak. Mungkin mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru bukanlah hal yang mudah dan memerlukan kesabaran, namun jangan patah semangat ya!

Ibu juga bisa Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil dengan susu Bebelac 4 Grogreat+  yang dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat, akal kreatif, dan hati yang besar! 

Dengan pemberian stimulasi yang tepat dan didukung nutrisi untuk pencernaannya, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang ceria (happy heart) sehingga jadi makin bersemangat untuk belajar sambil bermain.

Ingin dapatkan lebih banyak tips dan informasi parenting terbaru menyambut masa prasekolah si Kecil? Yuk, daftarkan diri Ibu di Bebeclub. Ibu juga bisa dapatkan beragam promo dan penawaran menarik seputar susu Bebelac, lho!

 

Referensi tambahan:

  1. How to teach your child to love reading. (2021). Unicef.org. https://www.unicef.org/parenting/child-care/teach-your-child-to-love-reading
  2. How to Raise a Child Who Loves Reading. (2021) Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/how-to-raise-a-child-who-loves-reading-5198371
  3. When to start reading to your baby. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/baby-development/reading-to-your-baby_368
  4. 10 Tips for Reading Aloud with Children | The New York Public Library. (2021). The New York Public Library. https://www.nypl.org/blog/2021/01/22/tips-reading-aloud-children
  5. 10 Tips to Help Your Child Fall in Love with Reading. (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/gradeschool/school/Pages/10-Tips-to-Help-Your-Child-Fall-in-Love-with-Reading.aspx

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait