Mainan Edukasi untuk Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Bahkan sejak awal kelahirannya, bermain membantu si Kecil untuk belajar mengenal dunia baru di sekitarnya. Tidak hanya itu, bermain juga...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
20 Jul 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi sedang bermain teether.


Bahkan sejak awal kelahirannya, bermain membantu si Kecil untuk belajar mengenal dunia baru di sekitarnya. Tidak hanya itu, bermain juga membantu si Kecil mengenal dirinya sendiri. Sebab, aktivitas stimulasi yang tepat akan membantu si Kecil memanfaatkan setiap indra dan anggota tubuhnya untuk mengenali lingkungan.

Maka itu, penting untuk Ibu memberikan mainan yang tepat untuk meningkatkan segala perkembangan si Kecil. Lalu apa saja ya mainan yang cocok untuk bayi usia 3 bulan? Yuk, simak penjelasan selengkapnya, Bu.

Manfaat Bermain untuk Bayi Usia 3 Bulan

Ketika mencapai usia 3 bulan, Ibu pasti antusias melihat kemampuan baru yang ditunjukkan si Kecil. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk terus mengamati kemampuan bayi di usia ini agar tidak melewatkan perkembangan yang terjadi.

Melalui bermain, si Kecil akan mengembangkan dan melatih keterampilan baru seperti kemampuan menggenggam, meraih, bahkan menggulingkan diri. Selain itu, bermain akan menciptakan momen yang berharga bagi Ibu dan si Kecil untuk saling terhubung. 

Bayi usia 3 bulan mulai menunjukkan peningkatan kemampuan motorik yang lebih baik. Saat berada dalam posisi tengkurap, Ibu dapat melihat bagaimana si Kecil mengangkat kepala dan memutari kepalanya dari satu sisi ke sisi lain dengan lebih baik. Bahkan, ia mungkin sudah bisa mengangkat dadanya dari permukaan seolah ingin merangkak.

Hal ini menunjukkan perkembangan yang positif dalam keterampilan motorik bayi, termasuk kekuatan otot leher dan dada yang semakin meningkat.

Peningkatan kemampuan motorik si Kecil juga akan menunjukkan beberapa kemampuan lain seperti memasukkan tangan atau benda ke dalam mulut, mengikuti arah benda atau wajah dengan matanya, mempunyai gerakan kaki yang lebih aktif, hingga memberi respons senyuman ke orang lain.

Baca Juga: Memahami Fase Babbling, Awal Keterampilan Bicara Bayi 

Rekomendasi Mainan untuk Bayi Usia 3 Bulan

Bayi usia 3 bulan umumnya sudah memiliki kontrol otot mata yang lebih baik, sehingga mereka dapat melacak objek dengan lebih baik. Mungkin si Kecil sudah mulai bisa melihat instruksi Ibu dengan mengikuti gerakan tangan.

Untuk melatih kemampuan yang mulai ditunjukkannya ini, Ibu dapat memberikan beberapa mainan edukasi yang tepat untuk bayi 3 bulan berikut ini.

1. Baby Gym

Salah satu rekomendasi mainan untuk bayi usia 3 bulan ialah baby gym. Mainan ini termasuk paket lengkap yang bisa Ibu berikan pada si Kecil. Mainan ini mempunyai banyak sekali fitur yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan si Kecil.

Baby gym umumnya terdiri dari matras yang empuk dan nyaman, ditambah lengkungan pada sisi kiri dan kanannya untuk menggantungkan mainan di atas kepala bayi. Mainan ini juga seringnya dilengkapi dengan cermin kecil, piano, serta mainan krincing. Dengan begitu, mainan ini dapat merangsang kemampuan sensorik yang beragam pada bayi.

Saat tertarik dengan suara yang dihasilkan piano atau mainan lain dalam baby gym, si Kecil mungkin akan coba merespon dengan kakinya. Ini bermanfaat untuk perkembangan otot kaki, lengan, leher, dan perut si Kecil sehingga semakin kuat.

Selain itu, bayi akan menyadari bahwa dengan menendang kakinya, ia dapat mendengar suara piano. Hal ini membantu bayi dalam memahami hubungan sebab-akibat.

2. Mainan Kerincing

Mainan kerincing atau berbunyi merupakan salah satu jenis mainan yang memiliki manfaat untuk merangsang perkembangan keterampilan motorik halus pada bayi usia 3 bulan. Mainan ini dibuat ringan dan mudah dipegang oleh bayi. Si Kecil  akan suka mainan ini mengingat jari-jarinya mulai kuat untuk menggenggam sesuatu.

Ketika memegang mainan kerincing ini, bayi akan menggunakan seluruh kekuatan otot-otot kecilnya di bagian tangan dan pergelangan tangannya. Sehingga ini dapat membantu kekuatan serta keterampilan koordinasi dan motorik halus si Kecil.

Ketika digoyang-goyangkan, mainan ini akan menghasilkan bunyi yang menarik si Kecil. Hal tersebut membuat bayi akan belajar memahami bahwa jika suatu benda digoyangkan, maka akan menghasilkan suara.

Baca Juga: 13 Aktivitas Stimulasi untuk Dukung Perkembangan Bayi 3 Bulan 

3. Soft Book

Selanjutnya, Ibu dapat memperkenalkan si Kecil pada buku. Namun, buku yang tepat untuk bayi usia 3 bulan adalah soft book atau buku lembut berbahan dasar kain. Buku ini terbilang aman untuk si Kecil karena berbahan empuk dan ringan.

Buku ini disukai oleh bayi, karena saat memegangnya, ia akan merasakan sensasi yang berbeda dan merangsang kemampuan sensoriknya. Ibu perlu ingat bahwa bayi sangat suka menjelajahi segala sesuatu dengan sentuhan dan rasa.

Pada rentang usia bulan ini, bayi akan suka menggoyang-goyangkan sesuatu yang dipegangnya. Apalagi buku ini terbuat dari bahan yang cukup aman, sehingga bermain buku ini tidak akan membuat si Kecil cedera. Bahkan saat kotor, Ibu bisa dengan mudah mencuci mainan ini agar bisa digunakan kembali oleh si Kecil.

4. Teether

Pada usia 3 bulan, bayi mulai mencoba untuk memasukkan tangan kecilnya ke dalam mulut, bahkan apa pun yang sedang digenggamnya. Maka dari itu, Ibu perlu memberikan mainan teether.

Memasukkan sesuatu ke dalam mulut merupakan hal yang wajar dilakukan oleh bayi. Sebab, ia mulai mencoba mengeksplorasi segala sesuatu di sekitarnya melalui sentuhan. 

Ketika bayi memasukkan benda ke dalam mulut, gerakan mengunyah akan membantu perkembangan otot-otot wajah dan lidah. Aktivitas ini melibatkan gerakan lidah yang akhirnya akan memperkuat otot-otot yang penting untuk keterampilan bicara bayi.

Banyak sekali pilihan mainan teether dengan beragam bentuk dan warna yang menarik. Ibu dapat memberikan mainan teether dengan warna yang mencolok untuk menarik minat si Kecil. 

5. Boneka

Pada usia ini, bayi sudah memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengendalikan gerakan matanya. Sehingga, bayi dapat mengikuti objek dengan lebih cermat. Dengan memberikan mainan boneka kepada bayi 3 bulan, Ibu dapat melatih fokusnya dan koordinasi antara mata dan tangannya.

Bermain boneka bukan hanya menyenangkan, tetapi juga dapat melatih kemampuan motorik dan sensorik si Kecil. Selain itu, bermain dengan boneka dapat memberikan banyak manfaat yang berharga dan edukatif bagi si Kecil dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya secara menyeluruh.

Ketika Ibu menggunakan boneka untuk berinteraksi dengan bayi, misalnya dengan berbicara, bernyanyi, atau melakukan gerakan lucu dengan boneka, maka bayi akan mulai belajar memahami emosi seperti senang, marah, dan sedih. 

Baca Juga: Mengenal Growth Spurt, Satu dari Sekian Penyebab Bayi Rewel

Itulah beragam mainan edukasi yang bisa Ibu berikan untuk bayi berusia 3 bulan. Perlu diingat bahwa mainan dapat menjadi alat bantu yang baik dalam mengembangkan keterampilan dan membantu bayi mengeksplorasi dunia di sekitarnya, Bu.

Nah, dari rekomendasi mainan di atas, kira-kira mainan mana yang akan menjadi favorit si Kecil?

Jangan lupa kunjungi BebeJourney sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, koleksi resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!


Referensi:

  1. Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
  2. ‌Why play is important for baby development - Today’s Parent. (2021, August 18). Today’s Parent. https://www.todaysparent.com/baby/baby-development/why-play-is-important/
  3. ‌1-3 Months Old Baby Development - Children’s Hospital of Orange County. (2023, February 21). Children’s Hospital of Orange County. https://www.choc.org/primary-care/ages-stages/1-to-3-months/
  4. Verywell. (2018). Your 3-Month-Old Baby’s Milestones & Development. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-3-month-old-baby-development-and-milestones-4172049
  5. ‌Nair, A. (2018, September 26). Does Your Baby Need a Play Gym? These 4 Reasons Are Too Good To Ignore! FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/does-your-baby-need-a-play-gym-these-4-reasons-are-too-good-to-ignore/
  6. ‌Mishra, S. (2022, June 22). Reasons Why Rattles Are The Best Toys For Babies! - Firstcry Intelli Education. Firstcry Intelli Education. https://www.firstcry.com/intelli/articles/reasons-why-rattles-are-the-best-toys-for-babies/
  7. Verywell. (2020). Why Do Babies Like Teethers? Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-do-babies-like-teethers-3255327
  8. ‌Hari, A. (2022, December 28). Puppet Play For Babies - How it Helps in Baby’s Development. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/puppet-play-for-babies-how-it-helps-in-babys-development/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait