Berat Badan Bayi 2 Bulan Ideal dan Cara Menambahnya

Berat bayi 2 bulan laki-laki yang ideal adalah 3,4 - 5,7 kg dan bayi perempuan sekitar 3,2 - 5,4 kg. Agar berat si Kecil ideal, Ibu perlu tahu bagaimana cara menyusui yang benar.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
12 Jun 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Berat badan bayi 2 bulan-bebeclub


Tahukah Ibu berapa rata-rata berat bayi 2 bulan yang ideal? Penting untuk memahaminya agar Ibu bisa menambah berat badan si Kecil jika memang belum sesuai standar di bulan ini.

Berat Badan Ideal Bayi 2 Bulan

Umumnya, berat badan bayi 2 bulan naik 900 gram dari bulan sebelumnya. Menurut Standar Antropometri Anak Kemenkes RI, rata-rata berat bayi 2 bulan yang ideal adalah:

  • Bayi perempuan: 3,2-5,4 kilogram (kg) dengan panjang badan 50-55 centimeter (cm).

  • Bayi laki-laki: 3,4-5,7 kilogram (kg) dengan panjang badan 51-57 centimeter (cm).

Bawalah si Kecil rutin ke dokter untuk ditimbang setiap bulan supaya Ibu bisa memastikan apakah progres pertumbuhannya mengalami kemajuan, stagnan, atau justru menurun.

Ibu juga bisa pantau berat dan panjang badan si Kecil apakah sudah bertumbuh sesuai tahapan usianya lewat Grafik Pertumbuhan di BebeJourney, lho. Gratis!

Cara Menambah Berat Badan Bayi 2 Bulan

Berat badan adalah salah satu faktor utama penentu arah tumbuh kembang bayi. Jadi, berikut adalah beberapa cara menambah berat badan bayi 2 bulan yang bisa ibu lakukan:

1. Meningkatkan Produksi ASI

Cara menambah berat badan bayi 2 bulan yang utama hanya dengan menyusui.

Jadi jika ASI Ibu sedikit, coba perbanyak suplainya dengan mengonsumsi makanan ASI booster seperti oatmeal, bayam, brokoli, bawang putih, jahe, fenugreek, dan pepaya.

Cara lainnya adalah dengan rutin memompa ASI atau pijat laktasi. Pijatan di sekitar payudara membuat peredaran darah jadi lebih lancar dan mengurai kelenjar susu di saluran ASI.

2. Perbaiki Posisi Menyusui

Salah satu penyebab berat bayi 2 bulan belum ideal mungkin karena cara menyusui yang masih kurang tepat sehingga ia kurang minum ASI.

Berikut adalah cara menyusui yang benar agar bayi kenyang:

  • Dekap bayi agar seluruh tubuhnya menempel dan menghadap ke arah Ibu, lalu dekatkan dagu agar menempel ke area payudara.

  • Buka mulut bayi lebar-lebar, lalu masukkan puting dan sebagian besar bagian bawah areola ke mulut bayi.

  • Pastikan bibir bayi terlihat terlipat ke arah luar (bibir seperti “dower”).

Salah satu tanda posisi menyusui Ibu sudah benar adalah bayi mengisap secara pelan dan dalam, serta terdengar bunyi tegukan.

Baca Juga: 4 Tanda Bayi Cukup ASI yang Mudah Ibu Kenali

3. Menyusui Lebih Sering

Agar berat bayi 2 bulan ideal, Ibu perlu lebih sering menyusui. Ibu bisa susui si Kecil selama 20 menit setiap 2–3 jam sekali. 

Jika Ibu bekerja dan tidak bisa menyusui langsung, persiapkan stok ASIP yang cukup untuk bisa mengejar kebutuhan si Kecil.

Menyusui lebih sering juga bagus untuk meningkatkan asupan prebiotik yang menjaga kesehatan pencernaan dan imun bayi.

4. Hindari Bayi Menyusu Sambil Tertidur

Ibu perlu memastikan bayi menyusu selama sekitar 20 menit setiap sesi dalam keadaan segar atau masih aktif.

Pasalnya, periode tersebut penting bagi bayi untuk mendapatkan asupan ASI yang cukup guna mencapai berat badan ideal.

Proses menyusui memang dapat membuat bayi mengantuk ketika sudah dalam posisi nyaman. Maka dari itu, ubahlah posisi menyusui agar bayi tetap terjaga saat menyusu.

5. Memastikan Bayi Memperoleh Lemak dari ASI

Cara lain untuk menaikkan berat badan bayi adalah menyusui cukup lama di setiap sesinya agar si Kecil bisa mendapatkan banyak asupan lemak dari ASI.

Hindari sering berpindah payudara. Biarkan bayi menghabiskan satu payudara dulu demi mendapatkan hindmilk. Jika ia masih belum kenyang, barulah berpindah ke payudara satunya.

Baca Juga: Tabel Berat Badan Ideal Bayi 0-12 Bulan Menurut WHO

Kapan Harus Khawatir tentang Berat Badan si Kecil?

Berat badan penting adalah kriteria penting untuk menilai apakah bayi bertumbuh dengan sehat dan kebutuhan gizinya sudah terpenuhi atau masih kurang. 

Sebagai contoh, berat badan bayi 2 bulan di angka 6 kg masih bisa dikatakan normal. Lalu, apakah normal bayi 2 bulan memiliki berat 7 kg? 

Berdasarkan kurva pertumbuhan WHO, berat badan bayi 2 bulan di 7 kg sebenarnya berlebihan. Namun, kelebihan ini belum tentu pasti tanda penyakit atau masalah.

Berat badannya lebih besar dari bayi lain karena tubuhnya mungkin lebih mudah menyerap nutrisi dari ASI, sehingga dapat bertumbuh lebih cepat dibandingkan bayi lainnya. 

Setiap bayi memiliki pola pertumbuhan yang berbeda. Namun, waspada jika berat bayi 2 bulan sangat kurang dari 3 kilogram dan tidak menunjukkan tanda-tanda bertambah, atau justru terus berkurang.

Segera konsultasikan ke dokter untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Ibu juga bisa bertanya langsung ke Bebecare terkait perubahan berat badan bayi setiap bulannya, lho!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1
  2. ‌Cara Melakukan Pijat Payudara Untuk Memperlancar ASI. (2019). Kemkes.go.id. https://ayosehat.kemkes.go.id/cara-melakukan-pijat-payudara-untuk-memperlancar-asi
  3. ‌Lewis, R. (2020, October 23). Why Is My Baby Not Gaining Weight? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/baby-not-gaining-weight#promoting-healthy-gains
  4. ‌IDAI | Manajemen Laktasi. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/manajemen-laktasi
  5. IDAI | Kurva Pertumbuhan WHO. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who
  6. ‌IDAI | Posisi dan Perlekatan Menyusui dan Menyusu yang Benar. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/posisi-dan-perlekatan-menyusui-dan-menyusu-yang-benar
  7. Parents. (2018). 13 Best Foods for Breastfeeding Moms. Parents. https://www.parents.com/baby/breastfeeding/breast-milk/12-superfoods-for-breastfeeding-moms/
  8. Verywell. (2017). Reasons Your Breastfed Baby Is Not Growing as Expected. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/breastfed-baby-is-gaining-weight-slowly-4114196
  9. ‌Lewis, R. (2020, October 23). Why Is My Baby Not Gaining Weight? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/baby-not-gaining-weight#promoting-healthy-gains


Artikel Terkait