resep tim ikan kakap

Resep Tim Ikan Kakap

detail-fb detail-wa detail-twitter

Sedang mencari menu makan malam untuk disajikan kepada si Kecil dan keluarga? Resep tim ikan kakap ini bisa dijadikan pilihan. Ikan tim atau kukus merupakan sajian yang mudah disiapkan dan menyehatkan. Namun, untuk dapat menyajikan hidangan ikan agar tidak berbau, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pemilihan ikan, misalnya. Dalam memilih ikan, sebaiknya pilihlah jenis ikan air laut karena ikan jenis air laut biasanya memiliki rasa daging yang lebih manis sehingga cocok untuk ditim, seperti ikan kakap yang digunakan dalam resep ini.

Kandungan protein yang ada di dalam ikan kakap tentu tidak perlu diragukan lagi. Dalam 100 gram ikan kakap, terdapat sebanyak 20,51 gram protein. Selain itu, terdapat juga asam lemak omega-3 yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. 100 gram ikan kakap, mengandung 0,31 gram asam lemak omega-3.

American Heart Association menyatakan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam omega-3 tinggi, maka akan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Selain memiliki kandungan protein dan omega 3, ikan kakap juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan tubuh, seperti vitamin B (folat, tiamin, niacin, hingga riboflavin). Vitamin B telah terbukti baik bagi kesehatan otak. Sementara, vitamin A diperlukan bagi kesehatan mata dan vitamin D adalah bagus untuk kesehatan tulang.[1]

Yuk Bu, langsung saja buat resep tim ikan kakap berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Air matang 650 ml
  • Beras 20 gram
  • Daging ikan kakap 30 gram
  • Kangkung 30 gram
  • Tahu 30 gram
  • Tomat 20 gram

Cara Membuat Tim Ikan Kakap:

  1. Pertama, cuci beras hingga bersih
  2. Cincang halus daging ikan kakap, kangkung, tahu dan tomat
  3. Selanjutnya, campur beras dengan air, ikan dan tahu
  4. Kemudian rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur
  5. Tambahkan tomat dan kangkung. Lalu masak hingga sayuran matang, kemudian angkat
  6. Haluskan dengan blender atau disaring dengan saringan kawat
  7. Taruh dalam mangkuk dan siap disajikan

Bagaimana, makin tertarik untuk mencoba membuat resep tim ikan kakap? Momen makan malam bersama keluarga tercinta pun akan terasa lebih lengkap dengan hidangan lezat dan menyehatkan ini. Selamat mencoba ya, Bu!

 

[1] Leech, J. (n.d.). 11 evidence-based health benefits of eating fish. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/11-health-benefits-of-fish