7 Cara agar Anak Tetap Mau Minum Susu Setelah Usia 2 Tahun

Tentunya Ibu sudah mengetahui bahwa minum susu memberikan banyak manfaat bagi anak. Susu tidak hanya meningkatkan kekuatan tulang anak, ...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
16 Aug 2023
Anak menolak minum susu.


Tentunya Ibu sudah mengetahui bahwa minum susu memberikan banyak manfaat bagi anak. Susu tidak hanya meningkatkan kekuatan tulang anak, tapi juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil secara menyeluruh. Tapi, bagaimana jika anak tidak mau minum susu, ya? Padahal, usia 2 tahun adalah masa yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak yang sebentar lagi akan transisi ke usia prasekolah. 

Nah, apa pentingnya anak terus minum susu setelah usia 2 tahun? Lalu, bagaimana cara agar si Kecil tetap mau minum susu pertumbuhan? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, baca artikel ini sampai habis, ya, Bu.

Pentingnya Minum Susu untuk Anak 2 Tahun

Usia 2 tahun merupakan periode yang amat penting bagi si Kecil, karena segala proses pertumbuhan dan perkembangan yang dialaminya sedang berlangsung sangat pesat. Periode 3 tahun pertama kehidupan anak disebut dengan golden age atau masa keemasan yang tidak boleh diabaikan. Periode ini dianggap sebagai masa keemasan karena merupakan fase yang kritis dalam pembentukan otak dan perkembangan kognitif

Ia bisa menyerap informasi dan belajar banyak keterampilan baru, seperti kemampuan bahasa, kognitif, motorik, dan sosial emosional, dengan cepat karena otaknya sedang berkembang optimal. 

Itu kenapa asupan nutrisi dari asupan yang tepat pada rentang usia ini akan sangat menentukan perkembangan anak selanjutnya. Terlebih karena menurut WHO, setelah berusia 2 tahun anak sudah mulai harus disapih dari ASI untuk beralih ke makanan padat. Nutrisi yang diberikan pada masa ini, terutama lemak, omega-3, omega-6, DHA, ALA, dan AA, memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan sel-sel otak dan koneksi saraf yang berperan dalam pembelajaran dan perkembangan kognitif anak.

Oleh karena itu, semakin penting peran Ibu melanjutkan pemenuhan gizi si Kecil dari makanan sehat serta asupan tambahan seperti susu.

Baca Juga: Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi pada Anak dan Cara Mengatasinya

Cara agar Anak 2 Tahun Mau Minum Susu Pertumbuhan

Tidak main-main, kan, peran susu untuk mendukung awal semua kehebatan si Kecil? Apalagi menjelang masa prasekolahnya, karena otak anak masih akan terus bertumbuh bahkan setelah usianya lewat dari 3 tahun nanti.

Namun, tidak semua anak langsung mau dan suka minum susu sehingga ini dapat menjadi tantangan baru bagi Ibu. Supaya si Kecil terus terbiasa minum susu, berikut cara yang bisa Ibu lakukan:

1. Berikan Susu yang Rasanya Mirip ASI

Membuat anak mau rajin minum susu memang tidak mudah, ya, Bu? Terutama di fase awal penyapihan ini karena si Kecil sudah terbiasa dengan rasa dan tekstur khas ASI. Jadi jika susu yang ia minum rasanya tidak mirip dengan ASI, si Kecil mungkin tidak mau lagi menghabiskannya sehingga asupan nutrisinya tidak maksimal.

Jika si Kecil menolak minum susu, Ibu bisa coba berikan susu pertumbuhan Bebelac 3 Gogreat+ yang rasanya mendekati ASI. Varian rasa vanila dan madunya pasti disukai anak-anak! Karena, cita rasanya gurih, tidak terlalu manis, dan teksturnya lebih encer dari pada susu sapi biasa.

2. Ajak Anak Membuat Susu

Melibatkan si Kecil membuat susu merupakan cara yang bagus untuk menggugah seleranya tanpa harus memaksa. Jadi di akhir pekan nanti, yuk, ajak si Kecil jalan-jalan ke supermarket membeli persediaan susu, serta gelas baru khusus untuknya.

Biarkan ia memilih sendiri gelas atau wadah yang ia inginkan, ya, Bu. Anak tentu merasa senang dengan pilihannya sehingga akan lebih semangat untuk minum susu dengan wadah tersebut.

Selain itu, minta juga si Kecil untuk membantu Ibu membuat susunya. Misalnya, minta tolong si Kecil bantu tuangkan susu ke dalam gelasnya atau bersama-sama mengaduknya sampai larut tercampur rata dengan air. 

3. Jelaskan Manfaat Susu

Sembari membuat susunya, ceritakan pada si Kecil tentang manfaat hebat dari susu untuk tumbuh kembangnya serta kandungan-kandungan penting di dalamnya.

Sebagai contoh, susu Bebelac 3 GroGreat+ yang mendukung Awal Semua Kehebatan si Kecil karena sudah terfortifikasi FOS:GOS rasio 1:9 yang telah teruji klinis mendukung kesehatan saluran cerna dan Triple A (DHA, LA, ALA) serta vitamin & mineral penting seperti zat besi, iodium, dan vitamin C untuk mendukung Awal Semua Kehebatan si Kecil. 

Jelaskanlah pada si Kecil susu Bebelac membantu menjaga perutnya selalu dalam keadaan sehat. Ketika pencernaannya baik (happy tummy), ia juga akan bisa lebih aktif serta bersemangat (happy heart) untuk bermain dan melakukan berbagai kegiatan seru yang menunjang perkembangannya (happy brain).

Ketika si Kecil mengerti manfaat susu untuk kehebatan tumbuh kembangnya, ia juga makin semangat untuk rajin minum susu!

4. Sajikan Susu dengan Wadah yang Unik

Setiap anak memiliki rasa penasaran terhadap hal-hal baru, dan Ibu dapat memanfaatkan hal ini sebagai cara untuk menarik minatnya dalam minum susu.

Coba berikan wadah minum yang unik dan menarik, seperti mug bergambar superhero favoritnya atau gelas dengan sedotan warna-warni yang bentuknya lucu. Ini bisa menjadi cara lebih menyenangkan bagi anak dan membangkitkan semangatnya untuk minum susu.

5. Ajak Minum Susu Bersama

Mengajak si Kecil minum susu bersama-sama bisa menjadi cara yang efektif untuk memotivasinya dan memulai kebiasaan positif tersebut. Dengan minum susu bersama, anak akan merasa didukung dan terinspirasi untuk mencoba minum susu.

Ibu dapat menunjukkan contoh yang baik dengan minum susu di depannya, sehingga si Kecil merasa tertarik untuk menirunya.

6. Buat Susu Hanya Setengah Cangkir

Jika si Kecil awalnya menunjukkan ketidaksukaannya terhadap minum susu, penting untuk tidak memaksakannya atau memberikan secangkir penuh susu sekaligus. 

Ibu bisa mencoba memberikan susu sedikit demi sedikit atau dalam jumlah kecil, tetapi secara rutin dan teratur.

Dengan memberikan susu dalam jumlah kecil dan secara bertahap, Ibu memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk terbiasa dengan rasanya secara perlahan. Proses ini dapat membantu anak mengenali rasa dan tekstur susu pertumbuhan.

7. Sajikan Susu dengan Cara Berbeda

Jika si Kecil kurang suka minum susu hangat, Ibu bisa kreasikan susu menjadi sajian yang menarik, misalnya Smoothie Pisang Cokelat atau Milkshake Strawberry. Mengolah susu dengan buah-buahan kesukaan si Kecil bisa jadi daya tarik tersendiri, lho, supaya si Kecil tidak cepat bosan dengan rasa susu yang itu-itu saja. 

Supaya lebih seru, ajak si Kecil untuk membuat minumannya bersama-sama ya, Bu!

Baca Juga: 8 Cara Jitu agar Si Kecil Menjadi Anak Penurut

Nah itulah cara supaya anak mau minum susu ketika berusia 2 tahun atau setelah memasuki fase menyapih. Perlu Ibu ingat, jika setiap anak mempunyai preferensi dan kebiasaan minum susu yang berbeda-beda. Maka dari itu, perlu kesabaran dan konsisten untuk tetap memberikan asupan bergizi untuk si Kecil.

Untuk dapatkan lebih banyak informasi tentang pemenuhan gizi anak dan tips tumbuh kembang lainnya, yuk daftar di Bebeclub. Ibu juga bisa dapatkan promo serta penawaran eksklusif seputar susu Bebelac!


Referensi:

  1. Roberts, M., Terezie Tolar-Peterson, Reynolds, A., Wall, C., Reeder, N., & Gina Rico Mendez. (2022). The Effects of Nutritional Interventions on the Cognitive Development of Preschool-Age Children: A Systematic Review. 14(3), 532–532. https://doi.org/10.3390/nu14030532
  2. ‌Verduci, E., Elisabetta Di Profio, Corsello, A., Scatigno, L., Fiore, G., Bosetti, A., & Gian Vincenzo Zuccotti. (2021). Which Milk during the Second Year of Life: A Personalized Choice for a Healthy Future? 13(10), 3412–3412. https://doi.org/10.3390/nu13103412
  3. ‌Nutrition Guide for Toddlers (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/toddler-food.html
  4. ‌World. (2021, June 9). Infant and young child feeding. Who.int; World Health Organization: WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/infant-and-young-child-feeding
  5. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1890/pengaruh-penyapihan-pada-kesehatan-anak
  6. ‌Children's Health Team. (2020, February 7). What To Do When Your Child Won’t Drink Milk. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/child-wont-drink-milk/
  7. ‌IDAI | Susu Formula Alternatif untuk Alergi Susu Sapi. (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/susu-formula-alternatif-untuk-alergi-susu-sapi
  8. ‌IDAI | Nilai Nutrisi Air Susu Ibu. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/nilai-nutrisi-air-susu-ibu
  9. Khan, A. (2018, July 20). Easy and Effective Ways to Make Kids Drink Milk. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/easy-and-effective-ways-to-make-kids-to-drink-milk/
  10. Parents. (2015). Why Won’t My Child Drink Milk From a Sippy Cup. Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/feeding/why-does-my-daughter-only-drink-milk-from-a-bottle/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait