Cara Mengatasi Stretch Mark Saat Hamil

Apa itu stretch mark? Guratan kulit atau populer disebut stretch mark seringkali memang membuat Ibu hamil kurang percaya diri. Ini terj...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
19 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Apa itu stretch mark?

Guratan kulit atau populer disebut stretch mark seringkali memang membuat Ibu hamil kurang percaya diri. Ini terjadi karena kulit Ibu hamil meregang dan menyebabkan robekan di lapisan dalam kulit.

Warna stretch mark pada ibu hamil bisa berbeda-beda, tergantung warna dan elastisitas kulit Ibu, yaitu bisa merah atau cokelat. Tak heran, sebagian orang juga menyebutnya dengan istilah tiger skin. Stretch mark paling banyak terjadi di bagian tubuh yang membesar saat kehamilan, seperti perut, payudara, paha, dan lengan atas.

Biasanya gejala stretch mark akan memudar saat usai proses melahirkan. Pelan-pelan garis-garis kulit ini akan memutih dan kembali ke warna kulit Ibu. Walau pun mungkin tidak hilang sama sekali, tetapi tidak akan terlihat jelas dan parah seperti saat hamil.

Cara mengurangi stretch mark saat hamil

Mencegah stretch mark saat hamil memang sulit dilakukan. Tetapi, Ibu bisa mencoba tips berikut ini untuk membantu mengurangi stretch mark:

  • Lakukan diet sehat berimbang selama kehamilan, dengan mengkonsumsi buah, sayuran segar, sereal, biji-bijian dan kacang-kacangan.
  • Minum cukup air
  • Naikkan berat badan secara perlahan dan tetap, agar kulit Ibu tidak meregang terlalu cepat
  • Lakukan latihan fisik ringan secara teratur untuk mengontrol kenaikan berat badan Ibu
  • Konsumsi vitamin E membantu kulit tetap kencang dan elastis. Ibu juga bisa gunakan krim atau minyak yang kaya vitamin E untuk memijat tubuh.

Cara menghilangkan stretch mark saat hamil dan setelah melahirkan

Apakah stretch mark bisa hilang setelah melahirkan? Pasti Ibu khawatir bila usai melahirkan nanti kulit Ibu tak lagi semulus dan secantik dulu. Jangan terlalu cemas, Ibu dapat melakukan perawatan kulit sederhana selama dan setelah kehamilan.

Untuk menghilangkan stretch mark di perut saat hamil, coba gunakan pelembab sepert wheat germ oilalmond oil, krim vitamin e, dan cocoa butter. Caranya, lakukan pijatan lembut memutar di area kulit yang bermasalah. Tapi hati-hati saat memijat daerah sekitar perut ya, Bu. Jangan sampai terlalu kuat dan menimbulkan kontraksi.

Baca Juga: Keputihan saat Hamil: Penyebab dan Tips Mengatasi | Bebeclub

Tak perlu cemas berlebihan ya, Bu. Kecantikan Ibu akan semakin memancar karena bahagia memiliki si Kecil nanti. Percaya deh!

|||



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait