Tips Memilih Hadiah Ulang Tahun Untuk Dukung EQ Si Kecil

Tips Memilih Hadiah Ulang Tahun untuk Kecerdasan Emosional Si Kecil

Hore, sebentar lagi Si Kecil menginjak usia satu tahun. Ibu dan Ayah pasti sudah tidak sabar ingin segera merayakan ulang tahun pertamanya. Setelah melewati berbagai tahapan tumbuh kembang, tentu saja hal ini patut dirayakan. Salah satunya, misalnya dengan melakukan perayaan besar maupun sederhana, serta memberinya hadiah istimewa.

Kado yang baik tentu saja adalah kado yang bermanfaat untuknya. Ada banyak jenis kado yang bisa menstimulasi Si Kecil, baik di bidang motorik, verbal, kecerdasan dan kemampuan memecahkan masalah (IQ), hingga kecerdasan emosional atau EQ-nya. Nah, apa saja kado yang dapat mendukung kecerdasan Si Kecil? Yuk simak tips dari kami, Bu.

Pentingnya Anak Memiliki Kecerdasan Emosional

Anda tentu sering mendengar bahwa selain IQ, anak akan berhasil di masa depan bila memiliki EQ yang sama baiknya. Dengan memiliki kecerdasan emosional, Si Kecil akan belajar mengenali emosi-emosi yang dirasakannya, tahu bagaimana bereaksi, dan memiliki kemampuan menempatkan diri berdasarkan bagaimana reaksi orang lain.

Lebih jauh, mengenali emosi-emosi dalam diri akan membantu Si Kecil ketika nantinya menghadapi masalah. Ia akan belajar mengendalikan diri dan berfokus pada pemecahan masalah. Beberapa manfaat kecerdasan emosional untuknya adalah:

  • Memahami dirinya sendiri dan orang lain

  • Bertanggung jawab

  • Memiliki rasa percaya diri

  • Berkomitmen dan dapat mengatur dirinya sendiri

  • Memiliki inisiatif

  • Memiliki empati dan kepekaan terhadap orang lain

  • Dapat mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi

  • Dapat menjadi pemimpin yang baik

Dengan kata lain, kecerdasan emosional sangat berperan penting untuk masa depan Si Kecil. Sehingga, tak ada salahnya Ibu menstimulasinya sedari dini.

Tips Memilih Hadiah Ulang Tahun Anak

Nah, apa saja hadiah ulang tahun yang edukatif dan dapat mendukung kecerdasan emosionalnya? Ada beberapa jenis mainan yang bisa Ibu pilih, misalnya:

  • Buku cerita yang mengajarkan ekspresi dan kasih sayang. Ada banyak pilihan, baik dari penulis lokal maupun internasional yang cocok untuk Si Kecil. Misalnya, buku tentang ‘cilukba’ yang berisikan berbagai macam ekspresi, atau buku bergambar yang mengajarkan pentingnya mengucapkan terima kasih. Pilih buku dengan jenis boardbook dan warna cerah yang pasti disukai oleh Si Kecil.

  • Boneka, baik berbentuk manusia maupun berbentuk hewan. Anda bisa memilih boneka yang bisa mengeluarkan emosi, misalnya yang dapat menyanyi, maupun boneka hewan yang dapat berbicara maupun menari. Si Kecil pasti gemas dan senang dengan mainan jenis ini. Selain itu, dia pun dapat belajar mengenai bahwa suatu tindakan tertentu dapat menghasilkan jenis ekspresi yang berbeda.

  • Pretend play atau “permainan pura-pura”. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), melatih kecerdasan emosi intrapersonal dapat dilakukan dengan berkhayal. Jadi yuk, berikan dia misalnya mainan tas dokter lengkap dengan isinya, laptop mainan, gerobak es krim, dapur kecil, dan masih banyak lagi. Dampingi dia saat bermain dan ajak dia berkhayal secara imajinatif, misalnya menjadi dokter atau koki.

Tahukah Ibu, IDAI juga menyarankan agar anak sebaiknya bermain bersama teman, baik yang lebih muda dan tua untuk mengasah kecerdasan emosi interpersonalnya. Jadi, dorong Si Kecil untuk selalu bermain bersama dengan saudara maupun temannya, ya. Dengan begitu dia akan belajar untuk berbagi, mengalah, menunggu giliran, dan sebagainya.

Jangan lupa, dalam memilih mainan Ibu juga sebaiknya mengecek label mainan dan menyesuaikan dengan usia Si Kecil, serta memastikan bahwa mainan tersebut sudah memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia). Selamat memilih hadiah untuk Si Kecil, Ibu!