cara membuat puree pisang, puree mangga

Puree Mangga-Pisang (6-9 Bulan)

detail-fb detail-wa detail-twitter

Tahukah Ibu? Pengenalan makanan pada si Kecil bukan hanya menggunakan sayur-sayuran dan juga daging cincang, loh. Saat usia si Kecil mencapai 6 hingga 9 bulan, Ibu dapat memberikannya puree mangga-pisang yang bernutrisi ini untuk dijadikan makanan selingan, baik di siang ataupun sore hari.

Sesuai dengan namanya, pada menu ini Ibu akan menggunakan mangga. Pada tiap buahnya, mangga memiliki kandungan serat serta vitamin A dan C yang penting bagi si Kecil. Selain itu, mangga juga mengandung kalori yang cukup banyak[1], sehingga dapat membantu menunjang kebutuhan energi si Kecil.

Kemudian, Ibu juga akan menggunakan buah yang bernutrisi lainnya, yaitu pisang. Sama seperti mangga, pisang memiliki kandungan vitamin dalam jumlah yang melimpah. Kandungan vitamin tersebut antara lain vitamin B6 dan C. Namun, vitamin-vitamin ini tidak sendirian, pasalnya pisang juga diperkaya dengan kandungan mineral dan juga serat yang cukup  banyak[2], menjadikannya buah yang baik untuk untuk si Kecil.

Pada cara membuat puree pisang-mangga kali ini, Ibu tidak membutuhkan banyak peralatan, cukup blender, mangkuk, dan sendok saja. Pasalnya, tekstur alami yang dimiliki mangga dan pisang sangatlah mudah untuk dilembutkan, sehingga sangat mudah bagi Ibu untuk membuat puree mangga-pisang ini.

Simak cara membuat puree pisang-mangga berikut, yuk!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • Mangga manis 50 gram
  • Pisang 50 gram
  • Air susu Ibu (ASI) 100 ml

Cara Membuat Puree Pisang-Mangga (untuk 2 Porsi):

  1. Kupas mangga dan potong dadu hingga berukuran 1 cm3
  2. Kemudian, masukkan mangga dan juga pisang ke dalam blender, campurkan hingga merata
  3. Saring mangga dan pisang, lalu tuang ke dalam mangkuk
  4. Tambahkan ASI dan aduk rata menggunakan sendok
  5. Puree mangga-pisang siap untuk disajikan!

Demikian tadi resep puree mangga-pisang yang bisa Ibu buat untuk buah hati. Meski resepnya terbilang mudah, pastikan Ibu melakukannya dengan benar. Hal ini termasuk juga dalam penggunaan susu untuk melembutkan buah-buahannya, usahakan untuk menggunakan ASI agar segala takarannya cukup untuk menunjang kebutuhan nutrisi si Kecil.[3] Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, Bu!

 

[1] Moore, E. (n.d.). Mangoes: Are they healthy? Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/are-mangoes-good-for-you#1

[2] (Ice), A. B. (n.d.). 11 evidence-based health benefits of bananas. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-bananas#section1

[3] Inspired from the original recipe.