Resep Sate Buntel

Resep Sate Buntel

Si Kecil dan keluarga Ibu suka sate? Tidak ada salahnya mencoba resep sate buntel berikut ini. Bagi Ibu yang baru pertama kali mengenal sate ini, sate buntel merupakan salah satu sate asli Indonesia yang berasal dari Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah dan termasuk kedalam makanan tradisional khas kota ini.

Pada dasarnya, sate jenis ini terbuat dari daging kambing yang dicincang lembut lalu dibungkus dengan lemak dan kemudian dibakar. Potongan daging yang digunakannya pun tergolong kecil-kecil, sehingga potongan inilah yang membedakannya dengan sate dari daerah lain.

Dari segi daging, daging kambing yang digunakan sebagai bahan utama menu ini terbilang punya kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan daging merah lainnya. Belum lagi vitamin dan nutrisi yang yang terdapat di dalamnya bakal membantu si Kecil melewati proses tumbuh kembangnya secara optimal.[1]

Beberapa bahan pelengkap yang digunakan untuk menambah kelezatan satu buntel antar lain bawang merah, gula merah, dan kecap manis. Seluruh bahan-bahan tersebut juga punya kandungan gizi yang terbilang tinggi.

Lantas, seperti apa resep sate buntel yang tepat agar rasanya membuat si Kecil dan seluruh anggota keluarga ketagihan? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Daging has dalam 400 gram
  • Bawang merah yang dihaluskan 5 butir
  • Gula merah yang telah disisir ½ sdm
  • Garam 1 sdt
  • Merica putih bubuk ½ sdt
  • Kecap manis sebagai olesan
  • Sumpit

 Cara Membuat Sate Buntel:

  1. Hal pertama yang perlu Ibu lakukan adalah dengan mencampur semua bahan yang ada
  2. Setelah itu, aduk seluruh bahan hingga benar-benar merata
  3. Jika sudah, lilitkan daging pada pada sumpit.
  4. Terakhir bakar hingga benar-benar matang atau sesuai selera sambil diolesi kecap manis

Nah, itu tadi resep sate buntel yang bisa Ibu coba sendiri di rumah. Untuk mendapatkan sate buntel dengan daging yang empuk, Ibu perlu membersihkan alat pembakaran terlebih dahulu dan nyalakan api dengan baik.

Pastikan pula nyala api konsisten serta tidak terlalu kecil. Pasalnya, ketepatan api saat membakar sate menjadi faktor penentu sate buntel yang enak. Sudah siap mencoba, Bu?

 

[1] Slideshow: The meat you eat – What's good for you? (n.d.). WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-about-meat

Tag