Manfaat Memelihara Binatang, Baik untuk Stimulasi Perkembangan Si Kecil

Tahukah Ibu? Memelihara binatang seperti kucing, anjing, atau hamster mempunyai efek positif untuk keluarga, termasuk untuk si Kecil. Ba...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
04 Sep 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK
memelihara binatang


Tahukah Ibu? Memelihara binatang seperti kucing, anjing, atau hamster mempunyai efek positif untuk keluarga, termasuk untuk si Kecil. Bagi banyak orang, binatang peliharaan termasuk ke dalam bagian dari anggota keluarga yang tak kalah berharga. 

Selain bisa menjadi teman bermain si Kecil, binatang peliharaan juga dapat membantu menstimulasi tumbuh kembangnya, lho. Lantas, apa saja manfaat memelihara binatang untuk perkembangan si Kecil?

Manfaat Memelihara Binatang bagi Anak

Sebuah studi yang meneliti hubungan antara binatang peliharaan dan anak-anak menemukan bahwa, binatang peliharaan dapat berdampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan si Kecil terutama dalam peningkatan kepercayaan diri, keterampilan sosial, hingga perkembangan kognitifnya. 

Berikut ini manfaat memelihara binatang selengkapnya bagi anak. Yuk, disimak, Bu!

1. Mengajarkan Si Kecil Tanggung Jawab

Selayaknya manusia, binatang setiap harinya membutuhkan makanan, buang air besar, serta perawatan lainnya, Bu. Ini berarti, Ibu dan si Kecil setiap harinya perlu rutin memberinya makan, membersihkan kotoran, dan mengajaknya jalan-jalan keluar rumah.

Nah, dengan melakukan rutinitas ini, Ibu secara langsung dapat mengajarkan si Kecil tentang bertanggung jawab dan merawat sesama makhluk hidup. 

2. Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Verbal

Tahukah Ibu, ketika si Kecil terbiasa berinteraksi dengan binatang peliharaan, ternyata aktivitas ini akan mendukung perkembangan keterampilan sosial dan verbalnya lho, Bu.

Kehadiran binatang peliharaan di tengah keluarga dapat membantu anak-anak untuk mulai belajar berbicara saat berkomunikasi dengan makhluk hidup lainnya.

Sebuah penelitian yang berjudul Children Reading to Dogs menemukan bahwa membaca di depan binatang peliharaan seperti seekor anjing memiliki efek positif pada si Kecil. Salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan diri anak saat belajar membaca

3. Membangun Empati Anak

Selain perlu perawatan rutin, binatang juga memerlukan kasih sayang dan empati seperti manusia, Bu. Binatang seperti anjing dan kucing misalnya, mereka menikmati pelukan dan belaian sebagai bentuk kasih sayang pemiliknya. Memperlakukan binatang peliharaan dengan penuh kasih sayang termasuk keterampilan sosial dalam berempati terhadap sesama yang dapat dipelajari si Kecil sejak dini, lho. 

4. Menjadi Teman dan Memberikan Rasa Nyaman bagi si Kecil

Binatang peliharaan bisa menjadi teman yang baik untuk si Kecil. Memelihara binatang juga bermanfaat untuk memberikan rasa nyaman bagi si Kecil. Aktivitas bermain bersama binatang peliharaan akan menimbulkan perasaan bahagia yang sama ketika si Kecil bermain dengan anggota keluarga atau temannya, lho.

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik Si Kecil

Binatang peliharaan seperti anjing dan kucing perlu ruang yang luas untuk bergerak. Ibu bisa mengajak si Kecil jalan-jalan bersama peliharaannya di taman perumahan atau sekadar bermain berkejaran di halaman rumah. Aktivitas ini merupakan kegiatan fisik yang bagus untuk mendukung kesehatan si Kecil.

Baca Juga: Waktu yang Tepat Ajak Bayi Berenang dan Manfaatnya untuk Perkembangan si Kecil

Memiliki binatang peliharaan memang perlu melibatkan energi dan kesabaran ekstra dalam mengurusnya. Namun, dengan memiliki peliharaan ini, si Kecil juga dapat mempelajari banyak hal yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembangnya, Bu.

Selain memelihara binatang, terdapat juga berbagai aktivitas positif lain yang asyik dilakukan untuk menstimulasi anak hebat, lho. Ibu bisa cari tahu dengan mengunjungi halaman Ibu Perlu Tahu sebagai panduan untuk Ibu hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa menemukan ide permainan menarik hingga tips parenting lengkap. Gratis!

 


Referensi:

  1. NCBI. (2017). Companion Animals and Child/Adolescent Development: A Systematic Review of the Evidence. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5369070/
  2. Parenta. (2020). The benefits of animals for children’s development. https://www.parenta.com/2020/04/01/the-benefits-of-animals-for-childrens-development/
  3. Plos One Journal. (2016). Children Reading to Dogs: A Systematic Review of the Literature. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0149759

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait