Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi pada Anak dan Cara Mengatasinya

Jika anak pernah mengalami mual dan ruam setelah minum susu, bisa jadi ini ciri-ciri alergi susu sapi, Bu. Alergi susu sapi adalah salah...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
21 Apr 2022
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
ciri alergi susu sapi


Jika anak pernah mengalami mual dan ruam setelah minum susu, bisa jadi ini ciri-ciri alergi susu sapi, Bu. Alergi susu sapi adalah salah satu jenis alergi makanan yang paling sering dialami oleh anak-anak di usia dini.

Nah agar tidak salah mengambil langkah untuk mengatasinya, Ibu perlu mencermati apa saja kemungkinan gejala alergi susu yang paling umum muncul pada anak. 

Yuk, kita simak ulasannya berikut ini!

Apa Penyebab Alergi Susu Sapi?

Alergi susu sapi merupakan salah satu jenis alergi makanan yang paling sering dialami oleh anak-anak di usia dini.

Alergi susu sapi adalah reaksi sistem imun yang berlebihan terhadap kandungan protein dalam susu sapi dan berbagai produk olahannya. Itu kenapa kondisi ini juga sering disebut dengan alergi protein susu sapi.

Sistem imun anak mengira protein yang terdapat dalam susu adalah zat berbahaya sehingga tubuh melepaskan bahan kimia histamin untuk menyingkirkannya. Dalam prosesnya, histamin akan membuat tubuh memunculkan reaksi alergi.

Meski begitu, Ibu tak perlu khawatir. Alergi susu sapi pada anak bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Ada 75% anak yang sembuh alergi susu pada usia 3 tahun, sedangkan anak yang sembuh dari alergi di usia 6 tahun ada sebanyak 90%. 

Baca Juga: Tips Menjaga Pola Makan Seimbang untuk Anak Alergi

Apa Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi pada Anak?

Ciri-ciri alergi susu sapi bisa berbeda-beda pada tiap anak, Bu. Bahkan, waktu munculnya gejala juga berbeda-beda. 

Reaksi paling cepat bisa Ibu lihat dalam hitungan menit hingga dua jam setelah paparan, sedangkan reaksi lambat bisa muncul minimal dalam 48 jam dan berlangsung hingga berhari-hari (1-2 minggu).

Lalu, apa saja tanda alergi ini pada anak? Kebanyakan ciri alergi susu sapi ditandai dengan adanya gangguan di saluran pencernaan, pernapasan, dan kulit.

Lebih jelasnya, berikut adalah ciri-ciri alergi susu sapi yang paling sering muncul dalam waktu cepat:

  • Gatal-gatal pada kulit.

  • Ruam kulit menyerupai eksim atau dermatitis atopik.

  • Muntah.

  • Batuk terus-menerus. 

  • Perut kembung.

  • Sakit perut.

  • Diare.

  • Sembelit.

  • Napas bayi bunyi.

  • Bengkak pada bagian tubuh tertentu, seperti wajah, area mata, bibir, lidah, dan tenggorokan. 

  • Hidung meler.

  • Mata berair.

Tanda anak alergi susu sapi yang muncul kurang dari 1 jam, yakni:

  • Mual.

  • Diare. 

  • Ruam atau eksim.

Selanjutnya, gejala alergi susu sapi yang terjadi selama beberapa hari:

  • Eksim.

  • Diare.

  • Asma. 

  • Anak tidak mau makan.

  • Sembelit.

  • Darah pada tinja feses.

Ibu bisa cek langsung di Allergy Checker untuk mengetahui apakah gejala yang dialami si Kecil termasuk alergi atau bukan.

Jika alergi susu sapi pada anak kita abaikan tanpa penanganan yang tepat, tumbuh kembangnya bisa terganggu. Terlebih, alergi susu sapi bisa juga memunculkan reaksi yang lebih serius bernama syok anafilaksis. Syok anafilaksis bisa membuat anak tiba-tiba mengalami pembengkakan pada bagian tubuh, lemas dan lesu yang ekstrem, kesulitan bernapas, dan penurunan kesadaran.

Anafilaksis adalah reaksi alergi berat dan mengancam nyawa. Jika hal ini terjadi pada si Kecil, Ibu sebaiknya segera membawanya ke dokter atau unit gawat darurat. Oleh karena itu, Ibu perlu lebih hati-hati memberikan makanan pada anak di rumah jika mereka memiliki alergi makanan.

Jadi, jangan pernah ragu untuk segera periksakan gejala si Kecil ke dokter.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Alergi Susu pada Anak Terlambat Ditangani

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Anak

Jika Ibu curiga si Kecil mengalami gejala alergi susu sapi, sebaiknya Ibu segera konsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan melakukan tes darah dan uji tusuk kulit (skin prick test) untuk memastikannya.

Bila anak Ibu didiagnosis mengalami alergi susu sapi, Ibu perlu berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi untuk mengatasi alerginya.

Anak yang memiliki alergi susu sapi biasanya juga disarankan untuk menghindari produk olahan susu sapi lain, seperti: 

  • Yogurt, krim, mentega, margarin, ghee, keju.

  • Es krim, minuman susu, susu bubuk, susu krimer kental.

  • Susu sapi juga terdapat dalam berbagai produk makanan. Jadi, Ibu perlu memeriksa label untuk bahan-bahan, seperti:

  • Gula susu, laktosa, susu padat, protein susu, susu modifikasi.

  • Kasein, kaseinat, protein whey, whey terhidrolisis, whey padat.

  • Laktosa, laktalbumin.

  • Kaseinat terhidrolisis.

  • Susu bubuk skim, susu padat tanpa lemak, lemak mentega.

Nah, Bu, itu dia penjelasan mengenai ciri-ciri anak alergi protein susu sapi dan cara mengatasinya. Lantas, apakah si Kecil masih bisa mengonsumsi susu? 

Jawabannya adalah, iya. Ibu bisa meminta rekomendasi dari dokter terlebih dahulu mengenai jenis susu apa yang harus dikonsumsi si Kecil selama mengalami alergi. Salah satu jenis susu nabati alternatif yang dapat direkomendasikan dokter adalah formula isolat protein soya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Daya Tubuh Anak Alergi Biar Nggak Gampang Sakit

Kalau si Kecil sudah berusia di atas 1 tahun dan dianjurkan untuk minum formula isolat protein soya, pilih yang sudah terfortifikasi dengan nutrisi lengkap untuk mendukung tumbuh kembang anak, ya, Bu. Seperti Bebelac Gold Soya.

Susu Bebelac Gold Soya adalah formula isolat protein pertama dan satu-satunya tinggi serat mengandung nutrisi tepat dengan FOS Inulin untuk mendukung kesehatan saluran cerna si Kecil (happy tummy) dan formula Triple A (kombinasi AHA, ALA, dan DHA yang lebih tinggi) untuk bantu dukung daya pikir si Kecil (happy brain).

Selain tinggi serat dan isolat protein soya, Bebelac Gold Soya juga memiliki kandungan nutrisi komplit, seperti omega 3, zat besi, zinc, taurin, DHA, dan fish oil untuk mendukung pertumbuhan optimal agar si Kecil yang punya alergi susu sapi juga bisa tumbuh jadi Anak Hebat! Dengan dukungan nutrisi yang tepat untuk alerginya, anak tentu akan terus aktif dan bersemangat untuk bermain sambil belajar (happy heart). 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, berikan anak Bebelac Soya 3 tiga gelas sehari, ya, Bu, agar kebutuhan nutrisinya makin terlengkapi. Tak perlu khawatir anak tidak akan suka rasanya ya Bu, sebab Bebelac Gold Soya tersedia dalam rasa vanila yang lezat dan pasti disukai si Kecil.

Tertarik mencoba? Yuk, daftarkan diri jadi member Bebeclub untuk menikmati promo dan penawaran menarik lainnya seputar Bebelac Gold Soya, Bu!

Semoga artikel ini membantu!

*direview oleh dr. Tania Savitri

 


Referensi:

  1. Badriul Hegar. (2013). Mengenal Alergi Susu Sapi pada Anak. Diambil dari: https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenali-alergi-susu-sapi-pada-anak [Diakses 8 September 2021] 
  2. Aldo Reynaldo, Badriul Hegar. (2014). Soy Infant and Extensively Hydrolyzed Formula as Therapeutic Formula for Cow’s Milk Protein Allergy. Diambil dari: https://media.neliti.com/media/publications/68126-EN-soy-infant-and-extensively-hydrolyzed-fo.pdf [Diakses 8 September 2021]
  3. Alain Bocquet, Christophe Dupont. (2019). Efficacy and safety of hydrolyzed rice-protein formulas for the treatment of cow's milk protein allergy. Diambil dari: https://www.mdpi.com/2072-6643/12/9/2654/htm [Diakses 8 September 2021]
  4. Made Astawan dan Ayu Prayudani. (2020). The Overview of Food Technology to Process Soy Protein Isolate and Its Application toward Food Industry. Diambil dari: https://worldnutrijournal.org/OJS/index.php/WNJ/article/view/V04.S1.0002/80 [Diakses 8 September 2021]
  5. Lactose intolerance - Symptoms and causes. (2022). Mayo Clinic; https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lactose-intolerance/symptoms-causes/syc-20374232
  6. ‌Health. (2017). Cow’s milk allergy. Vic.gov.au. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/cows-milk-allergy#symptoms-of-cow%E2%80%99s-milk-allergy
  7. ‌NHS Choices. (2023). What should I do if I think my baby is allergic or intolerant to cows’ milk? https://www.nhs.uk/common-health-questions/childrens-health/what-should-i-do-if-i-think-my-baby-is-allergic-or-intolerant-to-cows-milk/
  8. ‌WebMD. (2018). Caring for an Infant With Cows’ Milk Allergy. WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/milk-allergy-19/slideshow-cow-milk-allergy
  9. Edwards CW, Younus MA. Cow Milk Allergy. [Updated 2022 Jun 27]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK542243/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait

Anak Resep

Resep Rendang Daging

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
4 min
20 Apr 2022