10 Manfaat Berenang untuk Anak, Sayang Jika Dilewatkan

Manfaat berenang untuk anak ternyata tidak cuma meninggikan badan. Dilakukan telaten, berenang bisa meningkatkan kepercayaan diri dan mood si Kecil.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
17 Feb 2023


Tahukah Ibu kalau manfaat berenang untuk anak tidak cuma menambah tinggi badan? Yuk, cari tahu manfaat lainnya dan cara mengajarkan anak berenang dengan aman!

Usia Berapa Anak Bisa Belajar Berenang?

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), anak bisa belajar berenang mulai di usia 1-4 tahun.

Di rentang usia ini, kebanyakan anak sudah bisa mempertahankan posisi kepalanya tetap tegak ketika berada di dalam air.

Namun, orang tua harus tetap siaga menjaga keselamatan anak dari risiko tenggelam. Bila perlu, pakaikan si Kecil pelampung selama berada di kolam renang.

Anak di bawah usia 1 tahun tidak disarankan mulai berenang karena belum memperlihatkan gerakan refleks menahan napas dan membuka mata saat terendam air. 

Apa Pentingnya Berenang di Masa Pertumbuhan Anak?

Renang merupakan salah satu olahraga yang seru dan menyenangkan. Berikut adalah ragam manfaat berenang untuk anak:

1. Membentuk Postur Tubuh Tegap

Manfaat berenang untuk anak supaya tinggi sebetulnya berasal dari efek kekuatan otot dan kepadatan tulang sehingga membuat postur tubuh terlihat tegap dan tinggi.

Ketika berenang, seluruh anggota tubuh terus anak terus bergerak aktif melawan arus air. Berbagai gerakan ini bantu memperkuat otot-otot tubuh dan meningkatkan kelenturan sendi.

Melakukan gaya berenang juga membutuhkan kesadaran penuh anak untuk selalu menjaga keselarasan tubuh yang tepat di dalam air.

Dilakukan secara telaten, kebiasaan ini akan membantu anak menjaga postur tubuh di luar kolam. Hal inilah yang membantu membentuk postur tubuh anak.

2. Melatih Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh

Jika anak rajin berenang, otot dan tulangnya akan kuat sehingga si Kecil bisa lebih cepat menguasai berbagai keterampilan motorik kasar yang penting, seperti berjalan dan berlari.

Tubuh si Kecil juga akan ditopang oleh air saat melakukan aktivitas di air ini. Tentu saja ini bukan perkara mudah untuk menggerakkan kedua tangan dan kakinya secara bersamaan. 

Nah, rupanya hal ini bisa berpengaruh terhadap anak kelak saat ia tumbuh besar nanti. Dilatih sejak dini, kemampuan koordinasi dan keseimbangan tubuh anak akan jauh lebih baik.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Manfaat berenang untuk anak juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru si Kecil. Kenapa demikian? 

Sebab, ia bisa sekaligus mengatur pernapasannya di dalam air dan mengangkat kepalanya untuk menghirup oksigen. Hal ini akan membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru anak.

Baca Juga:  8 Ide Permainan Olahraga untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

4. Membuat Anak Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat berenang untuk anak selanjutnya adalah tidur yang cukup dan berkualitas. Ketika berenang, anak akan menggunakan banyak energi sehingga ia menjadi lelah dan mengantuk setelahnya.

Itulah sebabnya, anak akan tidur lebih cepat serta cenderung untuk tidur sepanjang malam tanpa gangguan. 

5. Menambah Nafsu Makan

Saat berenang, anak akan mengeluarkan banyak energi sehingga membuatnya jadi lelah dan cepat lapar.

Kondisi inilah yang membuat nafsu makannya meningkat karena tubuhnya akan butuh mengisi ulang tenaga dan cadangan nutrisi yang hilang karena berenang.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat berenang juga dapat membantu membangun kepercayaan diri anak, lho! 

Pasalnya, berada di air sambil mengatur keseimbangan membutuhkan koordinasi tubuh yang baik dari anak. Ketika anak berhasil menguasai gerakan tertentu, kepercayaan dirinya akan meningkat. 

Dengan kepercayaan diri yang tinggi, anak akan mampu menetapkan tujuan hidup atau cita-cita di masa depan yang lebih besar.

Anak yang percaya diri juga mampu menyesuaikan diri dalam situasi sosial yang berbeda-beda. 

7. Melatih Surviving Skills

Berenang adalah salah satu life skill yang perlu dimiliki setiap orang sejak dini.

Memiliki surviving skill atau keterampilan bertahan hidup dapat membantu menyelamatkan nyawa diri sendiri maupun orang lain ketika berada pada situasi yang berbahaya.

Kemampuan ini tentu akan berguna hingga ia dewasa nanti, Bu. Jadi, pastikan si Kecil bisa berenang dan terus latih kemampuannya tersebut sejak dini, ya!

8. Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Manfaat berenang juga dapat meningkatkan fungsi kognitif anak untuk proses belajar, seperti keterampilan membaca, berbahasa, berhitung, hingga memahami dan mengingat informasi.

Sebuah studi dari Griffith Institute of Educational Research di Australia menemukan bahwa anak-anak yang mulai belajar berenang sejak dini memiliki kemampuan membaca lebih baik. 

Selain itu, ia juga akan lebih mampu untuk berekspresi lisan, mengingat cerita, serta memiliki kemampuan memahami arahan.

9. Meningkatkan Bonding dengan Anak

Manfaat berenang untuk anak lainnya adalah meningkatkan bonding orang tua dengan anak.

Sebab ketika si Kecil melakukan kegiatan ini, Ibu dan Ayah pasti akan selalu menemani dan menjaga si Kecil sehingga bisa memperkuat ibatin anak dan orang tua. 

10. Menjaga Mood Lebih Baik

Selain kesehatan fisik, anak yang gemar berenang ternyata bisa menjaga mood lebih baik.

Aktivitas fisik ini bisa membantu melepas hormon endorfin yang membuat si Kecil lebih bahagia serta mampu mengurangi stres maupun suasana hati yang tidak menyenangkan lainnya.

Baca Juga: Selain Berenang, Ini Cara Lain agar Anak Cepat Tumbuh Tinggi

Cara Mengajarkan Anak Berenang dengan Aman

Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Jika si Kecil belum bisa berenang, tak ada salahnya untuk mengajarkan anak berenang sejak dini. 

Namun sebagai orang tua kita tetap perlu memastikan keamanan si Kecil saat di kolam renang.

Jika tidak, ada risiko anak bisa tenggelam dalam kolam yang mungkin dapat membahayakan nyawanya. Supaya aman, yuk coba ikuti tips di bawah ini, Bu!

  • Jangan biarkan anak-anak berenang atau meninggalkannya di dekat kolam renang sendirian.
  • Pastikan anak-anak berenang di kolam yang sudah ditentukan sesuai dengan tinggi dan usianya. 
  • Anak-anak harus selalu diawasi atau didampingi oleh orang dewasa saat berenang dan harus selalu berada di dekatnya.
  • Buat aturan berenang untuk anak, misalnya jangan lari-lari di sekitar kolam renang apalagi mendorong orang lain ke dalam kolam. 
  • Jangan biarkan anak-anak berenang saat terjadi badai petir atau badai petir. 

Nah, itu dia berbagai manfaat berenang untuk anak dan tips aman melakukannya. Jadikan aktivitas anak berenang ke dalam rutinitas mingguan agar kemampuannya terus berkembang. 

Jangan lupa Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil dengan susu Bebelac 3 GroGreat+ yang dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat (happy tummy), akal kreatif (happy brain), dan hati yang besar (happy heart)!

Ingin dapatkan lebih banyak tips dan informasi parenting terbaru menyambut masa prasekolah si Kecil? Yuk, daftarkan diri di Bebeclub. Ibu juga bisa dapatkan beragam promo dan penawaran menarik seputar susu Bebelac, lho!
 


 

Referensi:

  1. Outdoor Water Safety (for Kids) - Nemours KidsHealth. (2021). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/kids/swim.html
  2. Why your child should learn to swim. (2016, January 7). Swim England Learn to Swim Companion. https://www.swimming.org/learntoswim/why-your-child-should-learn-to-swim/
  3. Boyle, C. (2019, February 5). 8 Benefits of Infant Swim Time. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/infant-swimming#safetytips
  4. The benefits of baby swimming. (2015, December 16). Swim England Learn to Swim Companion. https://www.swimming.org/learntoswim/the-benefits-of-baby-swimming/
  5. Why your child should learn to swim. (2016, January 7). Swim England Learn to Swim Companion. https://www.swimming.org/learntoswim/why-your-child-should-learn-to-swim/
  6. 4 Reasons Your Child Should Learn to Swim Young | Asphalt Green. (2018). Asphaltgreen.org. https://www.asphaltgreen.org/blog/4-reasons-your-child-should-learn-to-swim-young
  7. Verywell. (2016). How Parents Can Teach Their Toddlers to Swim Safely. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/swim-safe-with-your-toddler-this-season-3879165
  8. Baby swimming lessons: When babies can swim. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/activities-play/is-it-true-that-babies-are-born-with-the-ability-to-swim_10313062
  9. Swim Lessons: When to Start & What Parents Should Know. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/at-play/Pages/Swim-Lessons.aspx
  10. ‌Nash, T. (2022, July 6). 10 Benefits Of Swimming For Kids. WHYCOS. https://whycos.org/guides/benefits-of-swimming-for-kids/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait