Dukung Perkembangan Otaknya, Yuk Coba Sensory Play Mudah untuk Bayi Berikut Ini

Ibu sedang mencari ide sensory play mudah untuk bayi? Tidak hanya menyenangkan, sensory play juga memiliki banyak manfaat yang luar bias...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
27 Sep 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK
sensory play mudah untuk bayi


Ibu sedang mencari ide sensory play mudah untuk bayi? Tidak hanya menyenangkan, sensory play juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk tumbuh kembang si Kecil, lho.

Tahukah Ibu bahwa untuk mendukung perkembangan otak bayi yang lebih baik, si Kecil dapat diperkenalkan dengan berbagai stimulus kepada kelima inderanya?

Berbagai pengalaman sensorik seperti tekstur, suara, aroma, dan rangsangan visual yang berbeda akan mendukung pertumbuhan kognitif sang buah hati, Bu. Tak hanya itu saja, kemampuan motorik kasar dan halus juga akan terasah dengan baik lewat sensory play.

Baca Juga: Melatih Keseimbangan Si Kecil Melalui Permainan Menyenangkan

Inspirasi Kegiatan Sensory Play yang Mudah untuk Bayi

Tak perlu mahal, Ibu bisa menggunakan barang-barang yang ada di rumah untuk sensory play, lho. Misalnya, Ibu bisa memanfaatkan botol bekas, panci, wajan, kain, batu, daun, dan sebagainya. Nah, berikut beberapa contoh ide sensory play mudah untuk bayi yang bisa dicoba: 

1. Botol Sensori

Membuat botol sensori adalah salah satu ide menarik untuk mengisi waktu bermain si Kecil. Gunakan botol bekas yang diisi dengan barang-barang seperti batu kerikil, pasir lembut, dan daun-daunan untuk eksplorasi sensorik bayi.

Saat bayi melihat isinya, mengocok botolnya, dan berinteraksi dengan teksturnya, si Kecil tidak hanya bersenang-senang, tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik halusnya, Bu.

2. Bermain Air

Bermain air juga termasuk sensory play yang mudah untuk bayi lho, Bu. Cipratan air bisa menjadi permainan yang sangat menyenangkan sekaligus membantu mengeksplorasi pancaindra si Kecil.

Ibu hanya membutuhkan baskom kecil dan air untuk melakukannya. Bayi dapat merasakan air dengan tangan, mendengar deburan dari benda yang ia masukkan, dan bahkan melihat bagaimana air itu bergerak.

Supaya lebih seru, Ibu bisa memberi si Kecil wadah untuk menuangkan dan menyendok air, serta tambahkan pewarna makanan agar air dapat berubah warna sehingga tampilannya lebih menarik.

3. Membuat Edible Playdough dari Tepung

Hanya dengan beberapa bahan sederhana dari dapur, Ibu dapat menciptakan permainan yang merangsang indra peraba dan mendorong kreativitas si Kecil, lho. Caranya, Ibu bisa membuat edible playdough dari tepung.

Bermain dengan playdough ini tidak hanya menyenangkan bagi si Kecil, tetapi juga dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan imajinasinya.

Adonan yang lembut dan lentur memberi si Kecil kesempatan untuk mengeksplorasi tekstur dan bentuk yang berbeda dengan tangan mereka. Ibu juga tidak perlu takut karena adonan ini aman meski tertelan si Kecil saat memainkannya. 

Baca Juga: Peran Orang Tua Bermain Bersama Si Kecil

4. Menari dan Menyanyi

Terlibat dalam sesi bernyanyi dan menari yang menyenangkan dengan musik dapat menjadi sensory play yang menyenangkan untuk bayi.

Ritme, melodi, dan ketukan musik dapat merangsang indra pendengaran dan membantu bayi mengenal berbagai suara. Gerakan saat menari juga akan mendukung motorik kasarnya, Bu.

Aktivitas multisensori ini mendorong perkembangan kognitif bayi dan meningkatkan ikatan Ibu dan si Kecil jika dilakukan bersama-sama, lho.

5. Finger Painting

Melukis dengan jari atau finger painting dapat menjadi cara menarik untuk memicu kreativitas bayi yang melibatkan indranya.

Tekstur cat di ujung jari, warna-warna cerah di tangan, serta pengalaman menyentuh dan merasakan saat membuat pola di atas kertas semuanya berpadu untuk memberikan si Kecil pengalaman yang menyenangkan.

Si Kecil juga akan menyempurnakan keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata ketika bereksperimen dengan berbagai bentuk dan warna.

6. Bermain dengan Beras

Tekstur beras yang unik saat disentuh akan menawarkan pengalaman sensorik unik yang menyenangkan. Menuang, menyendok, dan memindahkan beras antar wadah membantu memperkenalkan bayi pada konsep dasar volume dan hubungan spasial, sehingga aktivitas ini juga dapat meningkatkan keterampilan kognitif si Kecil, Bu.

Selain itu, menggunakan beras sebagai media sensorik bisa membantu merangsang imajinasi bayi. Ibu bisa mengajak si Kecil membuat pola, bentuk, dan bahkan menyembunyikan butiran beras ala permainan berburu harta karun. Ini adalah cara sederhana tapi efektif agar waktu bermain si Kecil lebih seru sekaligus bermanfaat bagi perkembangannya, lho.

Baca Juga: Latihan Kombinasi Motorik Halus dan Motorik Kasar

Ibu, bayi akan belajar banyak hal dari bermain. Oleh karena itu, ajak si Kecil melakukan beragam permainan yang menstimulasi kecerdasan dan perkembanganya seperti sensory play, ya.

Tak harus mahal kok, Ibu bisa mengikuti ide sensory play yang mudah untuk bayi seperti di atas bersama si Kecil. Jangan lupa juga kunjungi BebeJourney sebagai panduan Ibu Hebat untuk mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek tumbuh kembang bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum. Gratis! 

Semoga bermanfaat, Bu!


Referensi:

  1. Cullen, G. (2022, October 19). DIY All Day: 20 Sensory Play Ideas for Babies & Toddlers. Tinybeans. https://tinybeans.com/ideas-for-sensory-play-with-baby/
  2. Cleveland Clinic. (2022, March 18). What Is Sensory Play? The Benefits For Your Child and Sensory Play Ideas. Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-sensory-play-ideas/
  3. Zainal Abidin, A. S., Ishak, S. N., Abu Bakar, R. N., & Abdul Rahman, A. (2022). Significance of Sensory Activities among Toddlers for Sensory Skills Development. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 7(SI7), 15–27. https://doi.org/10.21834/ebpj.v7isi7.3760
  4. Childcare Committee County Kildare. (Retrieved August 10, 2023). Sensory Play and Emotional Regulation. (n.d.). https://www.kccc.ie/Blog/ID/1144/Sensory-Play-and-Emotional-Regulation


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait