Kenali Fungsi FOS GOS untuk Kesehatan Pencernaan si Kecil

Ibu pasti sudah paham sistem pencernaan yang baik sangat menentukan kesehatan dan tumbuh kembang anak. Hal ini tidak terlepas dari peran...

Ditulis oleh : Tim Penulis

5 min
29 Mar 2022
fungsi fos gos untuk kesehatan pencernaan


Ibu pasti sudah paham sistem pencernaan yang baik sangat menentukan kesehatan dan tumbuh kembang anak. Hal ini tidak terlepas dari peran bakteri baik di usus. Nah, untuk menjaga jumlah bakteri baik dalam usus si Kecil tetap seimbang, ia perlu asupan prebiotik FOS dan GOS yang akan menjadi makanan bagi bakteri baik tersebut. Keduanya bisa difortifikasi atau ditambahkan pada susu pertumbuhan anak.

Yuk, kenali fungsi FOS GOS bagi kesehatan pencernaan anak yang sudah teruji oleh berbagai penelitian secara ilmiah.

Apa Perbedaan FOS dan GOS?

Sebelumnya, tentu Ibu perlu memahami dulu pengertian FOS dan GOS. 

FOS adalah singkatan dari fructooligosaccharides, yaitu jenis serat larut air yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. GOS adalah singkatan dari galactooligosaccharides, jenis karbohidrat yang termasuk dalam kelompok serat prebiotik tidak dapat dicerna.

FOS (fructo-oligosaccharides) secara alami ditemukan pada tanaman, sedangkan GOS (galacto-oligosaccharides) ditemukan pada produk susu, kacang-kacangan, dan tumbuhan akar-akaran.

Manfaat Prebiotik FOS dan GOS

FOS:GOS adalah jenis prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Kedua prebiotik ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan si Kecil, mulai dari melancarkan pencernaan sampai memperkuat daya tahan tubuhnya.

Berikut ini beberapa manfaat FOS dan GOS untuk kesehatan anak:

1. Menumbuhkan Bakteri Baik di Usus

Sesuai pengertiannya, FOS dan GOS tidak bisa dicerna di lambung dan diserap di usus. Namun, FOS dan GOS akan difermentasi oleh bakteri baik (probiotik) di usus untuk menjadi makanan mereka. Sederhananya, kita bisa menyebut prebiotik adalah makanan bagi bakteri baik di dalam usus, Bu.

Nah, menariknya hanya bakteri baik yang bisa melakukan fermentasi pada FOS dan GOS, sehingga fungsi spesifik keduanya adalah untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik saja. Jika diibaratkan, probiotik adalah tentara yang melindungi usus si Kecil. Kita harus memastikan pasukan mereka banyak dan bisa ‘bekerja sama’ dengan baik.

Jadi, Ibu tidak perlu khawatir karena memberi si Kecil asupan makanan dan minuman yang mengandung FOS dan GOS karena tidak akan menambah populasi bakteri jahat di ususnya.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Probiotik dan Fungsinya

2. Menghasilkan Asam Lemak Rantai Pendek

Hasil fermentasi FOS dan GOS akan menghasilkan asam yang akan menurunkan pH usus sehingga menjadi lebih asam. Hal ini akan menyingkirkan bakteri jahat yang tidak tahan asam, sehingga jumlah bakteri jahat di usus pun semakin berkurang.

Hasil fermentasi FOS dan GOS oleh bakteri baik juga akan menghasilkan asam lemak rantai pendek atau short chain fatty acid (SCFA)1, seperti asetat, propionat, dan butirat. Selain menjadi sumber energi bagi sel-sel usus besar, butirat juga memiliki efek anti peradangan.

SCFA juga membantu melindungi usus sehingga bakteri jahat tidak bisa melewati dinding usus. 

Uniknya, karena ukuran molekul SCFA sangat kecil, ia bisa melewati dinding usus dan masuk ke aliran darah sehingga manfaat baiknya juga akan dirasakan di seluruh tubuh, tidak hanya di saluran cerna.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitian yang ada menunjukkan manfaat FOS dan GOS pada susu pertumbuhan berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain bekerja secara langsung meningkatkan sistem imun tubuh, FOS dan GOS juga bekerja secara tidak langsung dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dan mengurangi jumlah bakteri jahat di usus7.

4. Mencegah dan Mengatasi Konstipasi

Dalam sebuah penelitian, ditemukan jika pemberian FOS dan GOS pada anak mampu meningkatkan frekuensi BAB dan membuat feses lebih lembut. Diduga ini berasal dari efek langsung FOS dan GOS sebagai serat pangan yang meningkatkan populasi bakteri baik sehingga menghasilkan produksi SCFA, serta merangsang gerak motilitas usus.

Apa Saja Sumber FOS dan GOS?

Nah sekarang, pasti Ibu penasaran, apa saja sih makanan atau minuman yang mengandung FOS dan GOS? Seperti yang sudah disebutkan, fructo oligosaccharide (FOS) adalah karbohidrat yang banyak terdapat dalam makanan. Ada sekitar 3.600 tanaman yang mengandung FOS, seperti gandum, madu, bawang putih, sereal, pisang, serta sayuran dan aneka buah lainnya. Sedangkan untuk GOS, sumber utamanya adalah susu pertumbuhan yang terfortifikasi.

Nah, supaya si Kecil bisa meraup segala manfaatnya, Ibu bisa memberikan susu pertumbuhan Bebelac 3 yang sudah terfortifikasi FOS:GOS dengan rasio 1:9 yang telah teruji klinis mendukung kesehatan saluran cerna anak (happy tummy).

Susu Bebelac 3 adalah awal semua kehebatan anak karena dilengkapi dengan formula baru GroGreat+ yang mengandung Triple A dengan DHA lebih tinggi untuk mendukung perkembangan daya pikir dan akal kreatif anak di masa prasekolah (happy brain) serta 14 vitamin & 9 mineral penting seperti zat besi, vitamin C, iodium, dan kalsium untuk dukung si Kecil tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, dan selalu ceria (happy heart).

Dengan asupan nutrisi yang optimal dan stimulasi yang tepat, si Kecil jadi makin terpacu untuk bersosialisasi dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekolah nanti (happy brain).

Ibu juga bisa dapatkan lebih banyak lagi tips dan informasi terbaru untuk menemani masa prasekolah si Kecil dengan mendaftarkan diri di Bebeclub, gratis!

 


Referensi

  1. WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1462/galacto-oligosaccharides-gos. Diakses pada 19 Januari 2023.

  2. Liu, F., Li, P., Chen, M., Luo, Y., Prabhakar, M., Zheng, H., He, Y., Qi, Q., Long, H., Zhang, Y., Sheng, H., & Zhou, H. (2017). Fructooligosaccharide (FOS) and galactooligosaccharide (GOS) increase bifidobacterium but reduce butyrate producing bacteria with adverse glycemic metabolism in healthy young population. Scientific Reports, 7(1). https://doi.org/10.1038/s41598-017-10722-2



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait