Mengintip Perkembangan Janin usia 34 Minggu

Selamat, hari bahagia Ibu semakin dekat. Tinggal sekitar 6 mingguan lagi dari perkiraan tanggal melahirkan si Kecil. Tubuhnya juga semak...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
29 Feb 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Selamat, hari bahagia Ibu semakin dekat. Tinggal sekitar 6 mingguan lagi dari perkiraan tanggal melahirkan si Kecil. Tubuhnya juga semakin siap lahir, dengan bobot sekitar 2 kg dan panjang 45 cm. Menjelang kelahirannya, perkembangan berat bayi bisa mencapai 200-300 gram setiap minggu. Kulit bayi semakin tebal dengan jaringan lemak yang melindunginya dari perubahan suhu. Bayi juga terus menerima antibodi dari tubuh ibunya sebagai bekal persiapan diri untuk keluar dari ketuban yang aman.

Baca Juga: 6 Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasi Posisi Bayi

Perubahan Pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 34 Minggu

Banyak keluhan yang akan Ibu rasakan saat kehamilan semakin besar. Mulai dari sulit tidur, kaki kram, hingga terlalu sering buang air kecil. Agar dapat tidur lebih nyaman, biasakanlah tidur miring ke kiri. Posisi ini membantu memperlancar peredaran darah, fungsi ginjal, hati, maupun pencernaan. Saat perut semakin besar, hindarilah tidur dalam posisi terlentang, karena dapat menimbulkan rasa pusing, jantung berdebar, dan perubahan tekanan darah. Tidur dengan posisi kaki terganjal bantal juga dapat membantu mengurangi terjadinya kaki kram.

Untuk mengurangi intensitas buang air kecil di malam hari, cobalah untuk tidak terlalu banyak minum menjelang tidur. Upayakan asupan cairan banyak dilakukan di pagi, siang dan sore hari. Meskipun bolak-balik ke toilet lumayan melelahkan, jangan pernah menahan buang air kecil ya, Bu. Hal ini bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan infeksi kandung kemih.

Baca Juga: Mengenal Perkembangan Janin Usia 32 Minggu & Usia 33 Minggu

Tahukah Ibu?

Ternyata saat dalam kandungan, bola mata semua bayi berwarna biru. Butuh waktu beberapa minggu untuk proses pigmentasi, yang kemudian akan merubah warna bola matanya sesuai gen dan ras orang tua.

|||



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait