Tips Memilih Hadiah Ulang Tahun Untuk Dukung IQ Si Kecil

Tips Memilih Hadiah Ulang Tahun untuk Kecerdasan Intelegensi Si Kecil

Memilih kado ulang tahun untuk anak yang genap berusia 1 tahun itu susah-susah gampang ya, Bu. Tentu saja Ibu ingin memberikan hadiah yang menggemaskan dan disenanginya. Tapi, alangkah baiknya jika hadiah tersebut juga merangsang kecerdasan atau IQ anak agar dapat berkembang dengan lebih optimal. Nah, apa saja ya hadiah yang tepat untuknya? Yuk, simak tips berikut ini.

Tips Memilih Hadiah Ulang Tahun untuk Kecerdasan Intelegensi Si Kecil

Sebelum Ibu memilihkan mainan yang akan dijadikan kado untuk Si Kecil, kenali dulu yuk posisi kecerdasan intelegensi Si Kecil yang kini berusia 11-12 bulan. Untuk memahaminya, mari kita intip penjelasan dari Akademi Dokter Anak Amerika (American Academy of Pediatrics/AAP) berikut ini.

Psst, ternyata saat menginjak usia 11-12 bulan, Si Kecil bisa sangat tertarik pada satu mainan dan fokus untuk memainkannya dalam jangka waktu tertentu, lho. Namun, di saat yang sama, ia akan mudah bosan sehingga Ibu sebaiknya tidak memberi kado mainan yang mirip dengan mainan terdahulunya.

Meskipun demikian, jangan juga memberi mainan yang terlalu menantang baginya karena ia bisa dengan cepat mengabaikannya. Lalu, mainan seperti apa yang akan menarik minatnya?

AAP mencatat bayi berusia 11-12 bulan akan sangat tertarik pada mainan yang bersifat mekanis. Mainan ini, misalnya mainan yang memiliki banyak bagian yang dapat dieksplorasi Si Kecil, dan bisa berputar, memiliki pencetan, tombol, dan bentuk interaksi lainnya.

Ibu juga dapat memberikan kado berupa mainan yang merangsang kemampuan problem solving pada anak. Berdasarkan penelitian, mainan-mainan stimulasi seperti ini memang dapat merangsang kemampuan IQ Si Kecil.

Rekomendasi hadiah ulang tahun edukatif untuk anak

Sudah mulai memiliki gambaran kado apa yang akan Ibu berikan pada Si Kecil? Jika belum, berikut beberapa mainan edukatif yang dapat Ibu jadikan pertimbangan untuk merangsang kecerdasan anak.

  1. Alat musik

    Mainan yang berbentuk alat musik untuk bayi biasanya memiliki warna yang cerah sehingga menarik perhatiannya. Si Kecil dapat puas mengeksplor mainan alat musik, misalnya dengan memencet, menepuk, meniup, dan sebagainya. Siapa tahu, mainan ini ternyata bisa mengasah bakat dininya dalam dunia musik.

    Beberapa alat musik yang dapat Ibu pilih xylophone, maracas, drum kecil, terompet, piano dan gitar mini, dan sebagainya.

  2. Meja aktivitas

    Meja ini berisi banyak mainan sekaligus yang dapat membuat Si Kecil tetap sibuk dalam arti yang positif lho, Bu. Selain mengasah kemampuan motoriknya, meja aktivitas juga dapat mengasah skill sosial anak atau bonding dengan orangtua karena dapat dimainkan bersama-sama.

  3. Buku sibuk

    Busy book alias buku sibuk juga bisa diberikan sebagai kado bayi yang akan menginjak usia 1 tahun. Buku sibuk biasanya memiliki banyak tekstur dan aktivitas yang merangsang kecerdasan anak, misalnya mencocokkan warna, menempel huruf, dan lain-lain. Buku ini sangat cocok dimainkan saat Si Kecil sedang di dalam perjalanan, misalnya di stroller maupun car seat.

  4. Mainan bertumpuk

    Ingin memberi mainan edukasi yang sederhana, tapi sarat makna? Mainan bertumpuk jawabannya. Mainan ini biasanya hadir dengan bentuk seperti cincin maupun balok berwarna-warni. Pastikan ibu memilih material mainan dari plastik yang sudah berlabel SNI, ya.

  5. Bongkar pasang

    Mainan yang satu ini tidak lekang dimakan zaman. Untuk bayi 11-12 bulan, sebaiknya Ibu memilih potongan puzzle yang besar-besar dan dekat dengan keseharian anak ya, misalnya puzzle bentuk hewan, alfabet, hingga buah-buahan.

  6. Push walker

    Bayi 11-12 bulan biasanya sedang aktif belajar untuk berjalan sehingga mainan ini sangat cocok untuk dihadiahkan kepadanya. Selain bisa didorong dan membantu mobilitas Si Kecil, puch walker ada yang dilengkapi dengan musik dan tombol yang membuat lampu menyala.

    Bagaimana Bu, sudah mendapatkan inspirasi hadiah untuk Si Kecil? Apapun mainan yang Ibu berikan, pastikan Ibu menyempatkan diri untuk menemani Si Kecil bermain ya. Selamat memilih kado!