sumber kalsium tinggi

Sumber Kalsium Tinggi untuk Tumbuh Kembang Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Tahukah Ibu, kalsium adalah jenis mineral yang paling banyak terkandung di dalam tubuh karena 1-2% bobot tubuh kita terdiri dari kalsium. Tentu saja, 99% kalsium tersebut ada di tulang dan gigi.

Untuk itu, kalsium sangat penting untuk memelihara kesehatan tulang1. Jangan sampai
lengah ya, Bu. Ibu perlu memberikan si Kecil makanan sumber kalsium tinggi, karena asupan kalsium yang cukup di masa kanak-kanak akan bermanfaat untuk kesehatan tulang sepanjang usia2.

Beragam Pangan Sumber Kalsium Tinggi

Salah satu cara untuk menilai status kalsium dalam tubuh adalah melalui asupan kalsium1.
Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan, anak usia 1-3 tahun membutuhkan 650 mg kalsium per hari. Di usia 4-6tahun, kebutuhan akan kalsium meningkat jadi 1.000 mg/hari3.

Ibu bisa memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil dari makanan sehari-hari kok, Bu. Tidak perlu

bingung, karena ada begitu banyak makanan dan minuman sumber kalsium tinggi yang bisa Ibu temukan dengan mudah.

Susu dan Produk Susu

Ibu mungkin sudah sering mendengar bahwa susu dan produk susu disebut-sebut sebagai sumber kalsium terbaik. Ini sangat beralasan, karena susu dan produk turunannya adalah sumber kalsium tinggi yang mudah diserap tubuh1.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil, Ibu bisa memberinya 1-2 gelas susu setiap hari. Susu pun bisa lho, Bu, dijadikan variasi makanan lain, seperti puding susu atau chocolate banana smoothie. Produk turunan susu, seperti yogurt dan keju tentunya juga merupakan makanan sumber kalsium tinggi. Campur yogurt dengan buah, atau masak pasta dengan paduan susu dan keju sebagai menu snack. Si Kecil pasti tak mampu menolak kelezatannya. 

Ikan

Tidak hanya susu, ikan dan makanan laut juga sumber kalsium tinggi yang penting, Bu. Terutama ikan yang bisa dimakan bersama tulangnya4,
seperti ikan teri, sarden/makarel kalengan, atau bandeng presto. Tulang ikan kaya akan kalsium dan fosfor, yang penting untuk kesehatan tulang4.

Selain itu, ikan juga sumber protein yang sangat baik, dan bisa menjadi variasi lauk untuk si Kecil, asal ia tidak alergi. Tak harus ikan impor yang mahal seperti salmon, ikan lokal yang mudah dibeli di pasar atau tukang sayur pun tak kalah baiknya.

Kacang-kacangan

Kalsium juga banyak terkandung dalam pangan nabati. Kacang-kacangan dan olahannya seperti kacang kedelai, tempe atau tahu, chickpea dan kacang-kacangan lainnya tak hanya bermanfaat sebagai sumber protein nabati, tapi juga sumber
kalsium dan magnesium.

Kedua mineral ini penting untuk pembentukan tulang5. Ibu bisa menyisipkan kacang-kacangan dalam makanan sehari-hari si Kecil. Makin beragam sumber makanan, makin lengkap pula nutrisi yang akan didapat si Kecil.

Sayuran Hijau Gelap

Ibu pasti sudah paham pentingnya sayur sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral. Nah, salah satu mineralnya adalah kalsium. Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, kale, pok coy dan kailan kaya akan kalsium. Sebenarnya bayam juga mengandung kalsium,  tapi penyerapannya kurang baik di dalam tubuh5..

Pentingnya Kalsium untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Kalsium adalah mineral utama dalam tulang, yang membuat tulang menjadi kuat dan padat2. Tentu Ibu ingin si Kecil tumbuh tinggi dan punya tulang yang kuat, kan? Kekurangan asupan kalsium dapat membuat tulang si Kecil kurang kuat dan tidak
padat, sehingga risiko osteoporosis (keropos tulang) mengintai di kemudian hari.

Saat kritis pembentukan kepadatan tulang terjadi di masa remaja dan dewasa  muda2. Namun kecukupan kalsium harus dipenuhi sejak masa kanak-kanak. Oleh karena itu, Ibu perlu membentuk pola makan yang baik serta menimbulkan kesadaran pada anak untuk mengonsumsi pangan sumber kalsium tinggi setiap hari. Harapannya, hal ini akan terus melekat hingga si Kecil beranjak dewasa kelak.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsiumnya, Ibu bisa memberi si Kecil susu Bebelac Gold 3. Selain tinggi kalsium, Bebelac Gold 3  mengandung Advansfibre, yaitu kombinasi 3 jenis serat, prebiotik FOS GOS dengan rasio 1:9 dan corn starch, serta dilengkapi dengan 13 vitamin dan 7 mineral. Bebelac Gold juga kaya akan minyak ikan, omega 3, dan omega 6. Sambil menemani si Kecil minum susu, Ibu bisa bercerita soal manfaat susu, dan pentingnya menjaga kesehatan tulang dengan asupan kalsium setiap hari.

Tahukan Ibu, si Kecil juga perlu vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium? Itu tidak hanya diperoleh dari makanan saja, tapi juga dari sinar matahari pagi. Paparan sinar matahari sekitar 15 menit sudah cukup bagi tubuh untuk memproduksi vitamin D, yang dibutuhkan untuk  penyerapan kalsium5.  Jangan lupa, ajak si Kecil berolahraga atau sekadar bermain di luar setiap pagi ya, Bu.

Nah, sekarang Ibu sudah tahu kan daftar sumber kalsium tinggi untuk tumbuh kembang
anak? Konsumsi makanan dan minuman sumber kalsium tinggi, plus olahraga dan cahaya matahari merupakan triple kombo yang penting untuk tumbuh kembang anak. Ibu pun telah mendukung si Kecil untuk memiliki saluran pencernaan yang baik, serta
mendukung daya pikir dan pertumbuhannya secara optimal. Untuk informasi lain mengenai nutrisi anak, Ibu bisa membacanya di sini.

 


Sumber sitasi:

  1. Amina Bouziani, et al. (2018). Dietary Calcium Intake in Sample of School Age Children in City of Rabat, Morocco. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5911322/ [Diakses 4 Maret 2021]
  2. David R. Weber, et al. (2017). Building Better Bones in Childhood: A Randomized Controlled Study to Test the Efficacy of a Dietary Intervention Program to Increase Calcium Intake. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5462896/ [Diakses 4 Maret 2021]
  3. Kementrian Kesehatan. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Diambil dari http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf [Diakses 4 Maret 2021]
  4. (2018). Fish and Shellfish. Diambil dari https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/fish-and-shellfish-nutrition/ [Diakses 5 Maret 2021]
  5. Physician Committee for Responsible Medicine. Calcium and Strong Bones. Diambil dari https://www.pcrm.org/good-nutrition/nutrition-information/health-concerns-about-dairy/calcium-and-strong-bones#:~:text=The%20most%20healthful%20calcium%20sources,host%20of%20other%20healthful%20nutrients. [Diakses 5 Maret 2021]