M Chicken Meatball

Resep Bakso Ayam

detail-fb detail-wa detail-twitter

Bakso ayam menjadi salah satu makanan legendaris dan favorit banyak orang. Tidak hanya bisa disantap langsung, bakso juga bisa dibekukan untuk jadi stok makanan di kemudian hari. Jadi, tidak heran kalau menu makanan ini mudah ditemui di mana saja. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran berbintang.

Bakso ayam makin enak disajikan dengan siraman kuah. Apalagi saat musim hujan, bisa menghangatkan badan. Ibu pun bisa membuat bakso sendiri di rumah karena prosesnya mudah dan praktis. Cukup mencampurkan bahan, dibentuk menjadi bulat-bulat, lalu direbus ke air panas.

Selain praktis dan lezat, kandungan daging ayam yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan bakso juga bernutrisi. Terdapat nutrisi seperti protein yang tinggi yakni sebesar 18 gram dalam 100 gram daging ayam. Namun, kandungan daging ayam tidak hanya sebatas protein saja. Sejumlah nutrisi seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya.[1] Agar semakin menyehatkan, resep bakso ayam yang bisa Ibu coba ini juga menggunakan beberapa sayuran, yaitu wortel dan kapri. Apabila Ibu tertarik untuk mencobanya, yuk, simak cara membuat bakso ayam berikut ini:

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Ayam cincang 100 gram
  • Tepung maizena 2 sdt
  • Wortel, potong bentuk dadu 75 gram
  • 75 gr Sayur kapri
  • 1 butir Telur ayam
  • 2 buah Bawang putih
  • ½ sdt Garam
  • ½ sdt Kaldu bubuk jamur

 

Cara Membuat Bakso Ayam:

  1. Pertama, campurkan semua bahan di dalam sebuah mangkuk (kecuali kapri)
  2. Buat bulat-bulat bakso dengan adonan tersebut
  3. Sementara itu, tumis bawang putih dengan butter, lalu sisihkan
  4. Didihkan kaldu ayam dalam panci dan masukkan adonan bakso
  5. Jika sudah mengambang, tandanya bakso ayam sudah matang
  6. Masukan kapri, lalu bumbui dengan sedikit garam dan kaldu bubuk jamur

 

Itulah tadi resep bakso ayam untuk Ibu coba dirumah. Cukup praktis, bukan? Bakso daging ayam yang kenyal, kuahnya yang gurih dan menyegarkan, serta potongan sayur yang menyehatkan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang ataupun malam. Selamat mencoba!

 

[1] Raman, R. (n.d.). How much protein in chicken? Breast, thigh and more. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/protein-in-chicken

Tag