5 Pilihan Kursus untuk Asah Anak Sejak Usia 2 Tahun

Sebagai orang tua, pastinya Ibu ingin si Kecil tumbuh hebat dan cerdas, bukan? Untuk mencapai itu, salah satu cara yang bisa Ibu lakukan...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
05 Sep 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK


Sebagai orang tua, pastinya Ibu ingin si Kecil tumbuh hebat dan cerdas, bukan? Untuk mencapai itu, salah satu cara yang bisa Ibu lakukan adalah mendaftarkan si Kecil pada berbagai kursus yang sesuai dengan minatnya. 

Melalui kursus, Ibu dapat mengamati potensi dan ketertarikan si Kecil terhadap berbagai bidang. Lantas, kursus apa saja yang bagus untuk mengembangkan kemampuan si Kecil?

Pilihan Kursus yang Menyenangkan dan Bermanfaat untuk Anak

Kursus memiliki peran yang tidak kalah penting dengan pendidikan formal di sekolah lho, Bu. Ini karena kursus mampu mengasah kemampuan yang mungkin tidak diperoleh si Kecil di rumah atau sekolah, seperti keterampilan bermusik, menggambar, dan menari. 

Dengan mendaftarkan anak pada beberapa kursus, Ibu membantu si Kecil agar bisa mengoptimalkan potensinya dengan cara menyenangkan, serta memberikan si Kecil kesempatan lebih luas untuk berkembang. Nah, berikut ini berbagai pilihan kursus yang bisa Ibu pertimbangkan. Yuk, simak!

1. Sekolah Musik

Tahukah Ibu kalau musik dapat membantu mengembangkan kecerdasan otak si Kecil? Sebuah penelitian menjelaskan bahwa musik dapat meningkatkan daya konsentrasi, meningkatkan kemampuan koordinasi motorik, kesabaran, dan melatih kepercayaan diri anak. 

Bahkan pada usia dini, musik dapat membantu si Kecil mengekspresikan diri dan berbagi perasaannya, Bu. Tak heran jika banyak orang tua akhirnya mendaftarkan anaknya ke sekolah musik sejak kecil. Lebih menarik lagi, ada banyak lembaga yang menawarkan kelas musik yang disesuaikan dengan usia anak, bahkan mulai dari usia 2 tahun, lho. 

Dengan mengikuti kursus ini, si Kecil akan belajar bermain berbagai jenis alat musik, seperti piano, drum, hingga violin. Biaya sekolah musik bisa dibilang cukup tinggi, Bu, tergantung dari jenis kelas yang dipilih. Meski begitu, tidak ada salahnya bagi Ibu untuk mempertimbangkan mendaftarkan si Kecil ke sekolah musik.

2. Balet dan Tari Tradisional

Selanjutnya, ada jenis kursus lain yang cocok untuk si Kecil, yaitu balet dan tari tradisional, Bu. Keduanya ini memiliki fokus yang serupa, yaitu melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh.

Namun, manfaatnya tidak berhenti di situ. Si Kecil akan mendapatkan banyak manfaat lainnya jika mengikuti kursus ini. Ia akan memiliki daya ingat dan fokus yang lebih baik, meningkatkan rasa percaya diri, memiliki keterampilan kerjasama, disiplin, serta kemampuan beradaptasi dengan mudah.

Bicara soal biaya, Ibu perlu memperhitungkan anggaran untuk pendaftaran masuk, SPP per bulan, dan baju khusus yang mungkin diperlukan untuk si Kecil.

3. Bahasa Asing

Bahasa asing, terutama bahasa Inggris, menjadi suatu kemampuan yang sangat penting untuk diajarkan pada si Kecil sejak dini, Bu. Ini karena anak usia dini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyerap dan mengingat informasi baru. 

Ketika si Kecil bisa menguasai 2 bahasa atau lebih, ini akan memberikan dampak positif pada perkembangan kognitifnya. Selain itu, peluangnya di bidang pendidikan dan karier di masa depan juga akan lebih luas, lho. 

Karena itulah, penting bagi Ibu untuk mempertimbangkan mengenai kursus bahasa asing untuk anak. Terlebih lagi, banyak lembaga kursus yang menawarkan promo menarik saat ini, lho. Meskipun begitu, pastikan biaya yang Ibu keluarkan sebanding dengan fasilitas dan hasil pembelajaran yang si Kecil akan dapatkan, ya!

Baca Juga: 6 Manfaat Anak Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini ​​​​​

4. Sempoa dan Sains

Ibu mungkin kini sudah jarang mendengar tentang kursus sempoa dan sains akhir-akhir ini, bukan? Meskipun tidak lagi menjadi tren utama, kedua kursus ini masih bisa menjadi pilihan pas untuk si Kecil yang senang berhitung dan bereksperimen lho, Bu.

Pada kursus sempoa, si Kecil akan diajarkan cara berhitung dengan menggunakan pikiran mereka tanpa alat bantu. Di sini, si Kecil akan melatih keterampilan motorik halus dan belajar tentang angka secara konkret dan abstrak melalui metode pembelajaran yang menyenangkan. 

Di sisi lain, pada kursus sains, si Kecil akan mempelajari berbagai konsep melalui eksperimen menarik. Kursus ini membantu menumbuhkan rasa ingin tahu dan keberanian si Kecil untuk mencoba hal baru, terutama dalam konteks ilmu pengetahuan. 

Terkait biaya, ini dapat bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan si Kecil dan jenis program yang dipilih, Bu.

5. Olahraga

Kursus olahraga bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk memberikan hobi dan keterampilan pada si Kecil. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dipilih, seperti sepak bola, renang, badminton, basket, tenis, dan masih banyak lagi. 

Selain menjadikan anak lebih aktif dan sehat, mendaftarkan si Kecil dalam kursus olahraga juga bisa memberikan ia pelajaran tentang cara menghadapi kekalahan dengan sikap positif, serta bagaimana menjadi juara dengan sportivitas yang baik. 

Biaya kursus olahraga bervariasi tergantung pada jenis kegiatan dan lembaga penyelenggara. Jadi, Ibu perlu selektif dalam memilih tempat kursus yang berkualitas tapi tetap terjangkau, ya. 

Baca Juga: Dukung Gaya Belajar Anak dengan Memperkenalkan 3 Kegiatan Menarik Ini

Itulah beberapa jenis kursus yang bisa diikuti si Kecil sejak usia 2 tahun. Selain mencari tempat kursus untuk si Kecil, Ibu juga bisa dukung awal kehebatan anak dengan Bebelac yang dilengkapi FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis, serta Triple A (DHA, LA, ALA) untuk mendukung saluran cerna si Kecil. 

Saat pencernaan anak sehat (happy tummy), si Kecil akan lebih aktif, kreatif, ceria (happy brain), dan bersemangat untuk melakukan berbagai kegiatan bersama teman-temannya (happy heart), Bu. Semoga bermanfaat!


Referensi:

  1. TheAsianparent. (Diakses Agustus 2023). 10 Jenis Les atau Kursus yang Sebaiknya Ditawarkan Kepada Anak Sejak Kecil. https://id.theasianparent.com/jenis-les-untuk-anak
  2. Made For Mom. (Diakses Agustus 2023). Guide to Toddler and Pre-schooler Classes. https://www.madeformums.com/toddler-and-preschool/guide-to-toddler-and-pre-schooler-classes/
  3. Healthline. (2023). Music and Studying: It’s Complicated. https://www.healthline.com/health/does-music-help-you-study#best-music-for-studying
  4. Thorrington Dance Academy. (2023). The Mental Benefits Of Ballet Classes For Children: Focus And Memory. https://thorringtondanceacademy.co.uk/the-mental-benefits-of-ballet-classes-for-children-focus-and-memory/#:~:text=Studies%20have%20shown%20that%20children,is%20critical%20for%20academic%20achievement.
  5. Unesco. (Diakses Agustus 2023). Values Education through Sport. https://en.unesco.org/themes/sport-and-anti-doping/sports-values-education#:~:text=What%20are%20sport%20values%3F,skills%20needed%20for%20responsible%20citizenship.

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait