Manfaat Bermain Flash Card untuk Anak dan Cara Membuatnya

Bermain memang sudah menjadi rutinitas bagi anak-anak. Dengan bermain anak-anak akan menggunakan seluruh panca indranya untuk bereksplor...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
04 Jul 2023
Ibu dan anak bermain flash card


Bermain memang sudah menjadi rutinitas bagi anak-anak. Dengan bermain anak-anak akan menggunakan seluruh panca indranya untuk bereksplorasi, belajar, dan mengenal hal baru. Untuk itu, penting bagi Ibu memberikan permainan yang dapat mengedukasi si Kecil. Salah satu permainan yang populer untuk mengedukasi anak adalah flash card. Flash card mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan si Kecil, Bu. Lalu, apa saja manfaat flash card untuk anak? Bagaimana cara membuat flash card di rumah? Untuk mengetahui penjelasannya, simak artikel ini selengkapnya, ya, Bu.

Apa Itu Flash Card?

Pada dasarnya, flash card adalah mainan yang dapat membantu si Kecil belajar terdiri dari kartu-kartu kecil dengan informasi penting seperti kata-kata, angka, huruf, gambar, atau konsep-konsep lainnya. Kartu-kartu ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat informasi dari gambar dengan cepat. Setiap kartu biasanya memiliki satu kata atau gambar di satu sisi dan penjelasan atau arti di sisi lainnya.

Bermain flash card dapat menjadi salah satu cara mudah untuk membantu anak-anak memahami informasi dan menyimpan informasi. Sebab di usia ini, anak ibarat sebuah spons yang mampu menyerap berbagai hal. 

Tujuan permainan ini memang untuk membantu si Kecil memahami, belajar, dan menguasai hal baru. Saat bermain flash card, Ibu akan mengamati bagaimana si Kecil menerima informasi dengan cepat dan mengingatnya dalam jangka panjang.

Manfaat Bermain Flash Card untuk Anak

Bermain flash card bukan hanya menyenangkan bagi anak-anak, tetapi juga memiliki banyak manfaat dalam pengembangan kognitif dan kreativitas mereka. Permainan ini dapat membantu si Kecil memproses informasi dengan mudah yang akan selalu diingatnya. Kemampuan visual anak juga akan terasah dengan permainan ini mulai dari mengidentifikasi pola dan memahami gambar maupun bentuk.

Ada banyak manfaat bermain flash card untuk si Kecil, Bu. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Bermain flash card adalah metode untuk meningkatkan keterampilan kognitif dan cara berpikir kritis anak. Flash card membuat si Kecil untuk mengingat dan menghubungkan informasi yang ada di kartu-kartu tersebut. Jadi, segala informasi yang didapat harus diingatnya secara cepat.

Cara bermain ini membantu si Kecil dalam menggunakan otak kiri dan kanannya secara bersamaan. Selain itu, kegiatan permainan ini juga terkait dengan peningkatan potensi belajar si Kecil dengan membantu mereka memproses informasi secara menyenangkan dan menarik.

2. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Selain dapat meningkatkan pengetahuan bagi si Kecil, flash card juga dapat menjadi metode melatih berbahasa anak. Bermain flash card tidak hanya fokus pada keterampilan kognitif anak, tetapi juga dapat membantu menciptakan suasana yang interaktif saat bermain. Dengan melihat gambar dan membaca kata-kata di dalam kartu, si Kecil akan dapat memperluas kosakatanya dengan cara yang menyenangkan.

Ketika bermain flash card dengan si Kecil, Ibu dapat menyebutkan dengan jelas setiap kartu yang dipilih, lalu biarkan si Kecil menirukan perkataan Ibu. Hal ini akan menjalin interaksi yang positif dan melatih bicara kepada anak.

3. Menstimulasi Daya Ingat Anak

Permainan flash card juga sangat baik untuk memicu stimulasi visual dalam pikiran anak. Flash card dapat membantu si Kecil untuk berpikir dan mengingat informasi dengan mudah. Bahkan, jika Ibu bertanya kembali pada si Kecil tentang hal yang pernah anak lihatnya dari flash card, anak akan mampu menjawabnya walaupun jarak waktu bermain sudah cukup lama.

Pembelajaran melalui flash card merupakan cara untuk menangkap segala informasi dan menstimulasi pikiran anak untuk menciptakan rasa ingin tahu. Dari keingintahuan inilah akan bisa menjadi pembelajaran yang efektif bagi si Kecil.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Melalui permainan flash card rasa percaya diri anak juga dapat meningkat, Bu. Ketika bermain mungkin si Kecil akan melakukan kesalahan dalam menebak, maka Ibu harus menjaga rasa percaya dirinya dengan menghargai usahanya untuk mengingat segala informasi baru yang didapatnya. 

Hal ini akan membantu mereka mendapatkan kepercayaan diri untuk berinteraksi dan mengeksplorasi lebih banyak lagi. Belajar dengan flash card dapat meningkatkan pikiran anak untuk beradaptasi dengan segala informasi baru yang didapatnya.

Baca Juga: Manfaat Smell Sensory Play dan Ide Permainannya 

Kapan Usia yang Tepat Mengenalkan Flash Card pada Anak?

Memberikan mainan edukasi pada anak sangatlah penting. Apalagi jika mainan diberikan sesuai dengan usia dan pertumbuhan si Kecil. Sebenarnya, flash card sudah bisa Ibu berikan sejak bayi usia 6 bulan. Memberikan permainan ini sejak dini akan melatih keterampilan kognitifnya secara keseluruhan.

Untuk bayi usia 4-6 bulan, Ibu bisa memberikan flash card untuk stimulasi bayi dengan gambar-gambar yang lucu dan pola menarik. 

Ketika anak mulai memasuki usia 12-13 bulan, barulah mulai memperkenalkan flash card dengan gambar dan penjelasan informasi pada kartu sesuai gambarnya, seperti angka, huruf, hewan, dan bentuk. Sangat penting merangsang indra visual si Kecil sejak dini, karena dapat melatih komunikasi visual dan berkonsentrasi lebih baik.

Cara Mudah Membuat Flash Card

Sebenarnya flash card bisa Ibu beli di toko mainan maupun toko buku. Namun, dengan membuat flash card sendiri di rumah, tentunya dapat meningkatkan kreativitas dan juga menyenangkan untuk si Kecil.

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat flash card:

  • Memilih tema yang menarik untuk metode pembelajaran. Ibu dapat memilih topik atau konsep yang ingin diajarkan kepada anak. Misalnya, angka, huruf, hewan, buah-buahan, atau benda-benda sehari-hari.

  • Siapkan bahan-bahan pembuatan kartu seperti kertas karton untuk dipotong menjadi bentuk kartu. Kemudian, sediakan juga alat tulis untuk menggambar di kartu.

  • Selanjutnya, pilih gambar yang jelas untuk ditempelkan pada kartu atau biarkan si Kecil menggambar sendiri di kartunya. Berikan gambar di satu sisi kartu sesuai tema, kemudian di sisi lainnya berikan tulisan atau penjelasan yang sesuai dengan gambarnya.

  • Warnai gambar agar tampilan kartu lebih menarik. Pastikan setiap kartu menggunakan warna-warna mencolok untuk menarik perhatian anak.

  • Flash card siap dimainkan bersama si Kecil.

Yang perlu diingat, bermain bersama dengan si Kecil adalah salah satu alat paling efektif untuk membangun hubungan yang kuat. Melalui kegiatan bermain, tidak hanya terjadi interaksi saja, tetapi juga terbentuk ikatan emosional yang mendalam antara Ibu dan anak. Jadi, jangan lupa mengajak bermain si Kecil ya, Bu.

Nah, itulah berbagai manfaat flash card untuk anak dan cara membuatnya di rumah yang bisa Ibu coba di rumah. Permainan edukasi ini sangat penting untuk melatih perkembangan kognitif anak dan menjadi cara belajar yang menyenangkan.

Selain bermain flash card, Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil melalui pemberian susu Bebelac 3 GroGreat+ yang dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) untuk mendukung saluran cerna si Kecil (happy tummy). Ketika pencernaannya baik, anak juga akan bisa lebih aktif dan berpikir kreatif (happy brain), serta ceria dan bersemangat untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjang perkembangannya sambil bermain bersama teman-teman (happy heart).

Dapatkan juga lebih banyak informasi dan tips seputar perkembangan tumbuh kembang si Kecil dengan mendaftar member Bebeclub.

Ibu bisa pula menstimulasi kognitif, fisik, sosial emosional si Kecil semakin tumbuh hebat dengan men-download flash card eksklusif Belajar di Rumah secara gratis! 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Right, T. (2021, October 21). Right Brain Training: Flashcard’s Benefits For Toddlers & Kids l. Tickle Right. https://tickleright.com/flashcards-benefits-for-kids/
  2. Emad. (2020, December 10). Why Flashcards Are Important For Toddlers. Learning Time. https://learningtime.co/2020/12/10/why-flashcards-are-important-for-toddlers/
  3. (N.d.). Radenintan.Ac.Id. Retrieved June 7, 2023, from http://repository.radenintan.ac.id/8879/2/bab
  4. What Are Advantages & Disadvantages of Teachers Posting Their Lessons Online for Students? (n.d.). Synonym.Com. Retrieved June 8, 2023, from https://classroom.synonym.com/advantages-disadvantages-teachers-posting-lessons-online-students-12278909.html
  5. Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html


Artikel Terkait

icon resep
2 Tahun Resep

Nasi Tim Bakmoy

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
4 min
11 Jun 2024