5 Makanan Berserat Tinggi untuk Anak yang Baik dan Bergizi

Setiap anak usia 1-3 tahun memerlukan makanan yang lengkap nutrisi setiap harinya, tak terkecuali serat untuk menjaga kesehatan pencerna...

Ditulis oleh : Tim Penulis

not yet estimated
29 Jan 2024


Setiap anak usia 1-3 tahun memerlukan makanan yang lengkap nutrisi setiap harinya, tak terkecuali serat untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Anak yang pencernaannya kurang sehat akan mudah mengalami gangguan pencernaan. Bila hal ini terjadi berulang kali, maka dapat mengganggu proses tumbuh kembang si Kecil. Oleh karena itu, berikan anak Ibu makanan tinggi serat yang baik untuk pencernaannya.

Makanan Tinggi Serat untuk Anak

1. Buah dan sayur

Buah dan sayur dikenal sebagai makanan berserat tinggi untuk anak. Buah yang dikenal memiliki kandungan serat tinggi adalah apel, mangga, jeruk, dan strawberry . Untuk sayuran, semakin gelap warnanya, biasanya makin tinggi kandungan seratnya1. Ada beberapa jenis sayuran yang seratnya tinggi bila dikonsumsi dengan kulitnya, seperti kentang atau wortel, namun pastikan kulitnya dalam keadaan benar-benar bersih.

2. Kacang-kacangan adalah Makanan Tinggi Serat untuk Anak

Tak hanya kaya protein, makanan berserat untuk anak lainnya adalah kacang-kacangan.2 Kini, semakin banyak alasan untuk memasukkan kacang hijau, kacang edamame, kacang polong, kacang almond, atau kacang kedelai ke dalam menu si Kecil. Makanan ini juga merupakan makanan tinggi serat yang baik.

3. Biji-bijian (Whole grain) dan produk gandum

Coba untuk sesekali mengganti nasi putih dengan makanan pokok alternatif yang merupakan makanan berserat tinggi untuk anak, seperti beras merah atau pasta berbahan dasar gandum. Namun, rasa yang lebih tawar bisa saja membuat si Kecil ogah mengonsumsi nasi selain nasi putih. Untuk itu, Ibu bisa menyiasatinya dengan mulai mencampurkannya nasi putih.

4. Ubi jalar sebagai Makanan Tinggi Serat untuk Anak

Salah satu makanan berserat tinggi untuk anak adalah ubi jalar. Makanan ini mengandung vitamin B dan juga serat yang tinggi. Kandungan serat dalam satu ubi jalar sekitar 3,8 gram atau 2,5 gram serat per 100 gram.

5. Cokelat

Makanan berserat untuk anak adalah cokelat. Cokelat hitam memiliki banyak manfaat. Hal itu terjadi karena cokelat hitam mengandung 3,1 gram serat per 100 gram cokelat.

Saat si Kecil mulai mengenal makanan padat, kadang Ibu membutuhkan usaha lebih agar anak mau mengonsumsinya, seperti menyajikan makanan dengan lebih menarik untuk meningkatkan nafsu makan si Kecil.

Untuk bantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan serat harian si Kecil, Ibu juga dapat memberikan susu pertumbuhan yang mudah dikonsumsi, yaitu dengan susu formula serat tinggi, seperti Bebelac Gold 3: 1-5 tahun dengan Advansfibre yang tinggi serat dan diperkaya FOS:GOS 1:9.

Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan 6, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat. Bebelac Gold adalah susu formula serat tinggi yang dapat diminum 3 kali sehari untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian si Kecil.

|||/Articles/Articles/Balita (1-5 years old)/Pencernaan Anak/7-cara-menjaga-pencernaan-untuk-sistem-imun-anak



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait