Mengetahui Perkembangan Janin Usia 38 Minggu

Perkembangan Janin di Usia 38 Minggu Semakin mendekati hari kelahirannya, bayi Ibu semakin berkembang. Tubuhnya mulai menyimpan lemak, ...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
19 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Perkembangan Janin di Usia 38 Minggu

Semakin mendekati hari kelahirannya, bayi Ibu semakin berkembang. Tubuhnya mulai menyimpan lemak, hingga beratnya berkisar 3 kg. Panjangnya bahkan mungkin telah mencapai 50 cm! Pada beberapa minggu ke depan, beratnya dapat bertambah sekitar 30 gram setiap harinya. Si Kecil juga semakin peka terhadap suara. Saat tepat untuk mengajaknya berbicara dan bernyanyi. Bilang padanya, “Ibu dan Ayah tak sabar ingin memelukmu”. 

Perubahan Pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 38 Minggu

Banyak Ibu semakin sulit tidur nyenyak menjelang saat-saat persalinan. Cobalah untuk beristirahat kapan pun Ibu bisa. Tubuh Ibu membutuhkannya untuk persiapan persalinan nanti. Tips mengganjal kaki dengan bantal bisa Ibu coba, agar tidur terasa lebih nyaman.

Tanggal melahirkan yang semakin dekat pasti membuat jantung Ibu berdebar. Tenang saja. Lebih baik fokuskan perhatian pada hal-hal lain yang menyenangkan. Diskusikan juga tentang rencana persalinan (hyperlink...) dengan dokter Anda, agar bila saatnya tiba kedua belah pihak telah siap. Menjelang tanggal melahirkan, sebaiknya mulai libatkan anggota keluarga lain untuk menyambut kehadiran si Kecil di rumah. Terutama, bagi si calon kakak yang juga masih kecil. Buat Ia merasa nyaman, dan yakinkan bahwa kehadiran adik takkan mengurangi kasih sayang dan perhatian Ibu padanya.

Tahukah Ibu?

Keluarnya lendir karena terbukanya sumbat lendir yang menutup rahim, menjadi tanda bahwa kehamilan hampir berakhir. Tapi bukan berarti persalinan segera terjadi. Karena tanda-tanda ini bisa saja terjadi beberapa minggu sebelumnya.

Baca Juga: Mengintip Perkembangan Janin Usia 39 Minggu



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait