Mengintip Perkembangan Janin Usia 39 Minggu

Perkembangan si Kecil usia Janin 39 Minggu Semakin dekat dengan hari kelahirannya, tubuh bayi pun semakin berkembang sempurna. Kebanyak...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

not yet estimated
10 Jun 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH


Perkembangan si Kecil usia Janin 39 Minggu

Semakin dekat dengan hari kelahirannya, tubuh bayi pun semakin berkembang sempurna. Kebanyakan bayi sudah mencapai panjang 50-51 cm, dengan pertambahan berat yang bisa mencapai 30 gram/ hari. Tulang-tulang tengkoraknya juga telah mempersiapkan diri untuk melalui lubang pinggul saat persalinan nanti.

Pada minggu terakhir ini, posisi kepala bayi biasanya sudah masuk ke bawah pingggul Ibu. Bahkan, pada kasus bayi anak pertama, posisi kepala sudah turun sejak minggu-minggu sebelumnya.

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

Ibu pasti merasa makin tak sabar pada minggu terakhir kehamilan ini. Perasaan lelah, tak nyaman, dan cemas bercampur aduk. Cobalah untuk tetap tenang dan beristirahat sebanyak mungkin. Ingat Bu, tubuh Ibu akan membutuhkan banyak energi saat proses melahirkan nanti. Belum lagi, untuk merawat bayi yang baru lahir. Jadi nikmati saja saat penantian ini dengan bersantai dan beristirahat. Duh, senangnya...

Baca Juga: Mengetahui Perkembangan Janin Usia 38 Minggu

Tahukah Ibu?

Pada minggu ke-39 ini, kulit bayi Ibu mulai melepaskan lapisan vernix yang melindungi dirinya selama dalam ketuban. Sel-sel kulit barunya mulai berkembang sebagai persiapan lahir ke dunia. Iya, Bu, sepertinya si kecil memang tengah berdandan menjelang hari kelahirannya!

Baca Juga: Melihat Perkembangan Janin Usia 40 Minggu

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait