5 Jenis Camilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Kehamilan merupakan masa yang paling membahagiakan bagi Ibu dan pasangan, karena pada masa ini si Kecil yang Ibu dan Ayah tunggu akan se...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
18 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Kehamilan merupakan masa yang paling membahagiakan bagi Ibu dan pasangan, karena pada masa ini si Kecil yang Ibu dan Ayah tunggu akan segera lahir ke dunia. Pada masa ini, Ibu dan Ayah harus mempersiapkan yang terbaik demi tumbuh kembang si Kecil. Selain itu, Ibu harus mengonsumsi makanan bernutrisi serta sehat seimbang. Tahukah Ibu, pemberian nutrisi dalam masa kehamilan memiliki efek hingga anak Ibu dewasa, lho.

Lebih lanjut, selain makanan utama, diperlukan juga mengonsumsi camilan sehat Ibu hamil untuk melengkapi kebutuhan nutrisi selama proses kehamilan. Beberapa camilan yang baik untuk Ibu hamil yang bisa Ibu konsumsi yakni antara lain sebagai berikut:

Yoghurt

Camilan sehat Ibu hamil yang juga memiliki rasa yang enak adalah yoghurt. Yoghurt memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan oleh Ibu hamil, mulai dari protein, vitamin B, magnesium, zinc hingga kalsium. Kandungan kalsium pada yoghurt cukup tinggi jika dibandingkan produk yang terbuat dari susu yang lain. Terlebih, yoghurt juga mengandung probiotik yaitu bakteri baik untuk mendukung kesehatan pencernaan Ibu.

Coklat

Siapa bilang makanan sehat harus tidak enak? Ternyata Ibu juga bisa mengonsumsi coklat sebagai camilan sehat saat hamil, lho. Coklat dapat menurunkan risiko Ibu terkena preeklamsia yaitu komplikasi kehamilan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan kerusakan ginjal yang dapat memengaruhi kesehatan janin.

Ibu bisa mengonsumsi coklat dengan buah atau mengonsumsi buah yang sudah dilapisi dengan coklat agar rasanya tidak terlalu manis. Ibu juga membuat puding coklat dengan susu rendah lemak untuk memenuhi asupan susu dan membantu pertumbuhan tulang si Kecil.

Alpukat

Camilan yang baik untuk Ibu hamil berikutnya adalah alpukat. Selain terkenal baik untuk diet, alpukat juga baik untuk dijadikan camilan Ibu hamil. Alpukat memiliki beberapa kandungan yang penting untuk kesehatan Ibu hamil seperti asam lemak, serat, vitamin B, asam folat, vitamin K, kalium dan vitamin C.

Asam lemak pada alpukat berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit, otak, dan jaringan janin. Asam juga dapat mencegah kecacatan tabung saraf janin Ibu. Kandungan potasium pada alpukat juga jauh lebih tinggi dari pisang dan berfungsi untuk mengurangi kaki kram pada Ibu hamil.

Semangka dan Lemon

Camilan sehat Ibu hamil berikutnya datang dari buah-buahan yaitu buah Semangka. Buah semangka memiliki kandungan 92 persen air yang akan membuat Ibu tetap terhidrasi dengan baik saat dalam masa kehamilan. Lebih lanjut, dalam satu potong dadu semangka terdapat 170 mg kalium yang memang dibutuhkan saat masa kehamilan.

Ibu juga bisa mengolah semangka menjadi jus dicampurkan dengan lemon segar atau jus lemon agar rasa jus yang Ibu minum makin segar.

Ubi

Selain 4 camilan sehat di atas, ubi juga termasuk camilan yang baik untuk Ibu hamil. Ubi memiliki banyak kandungan vitamin A yang baik untuk masa kehamilan. Vitamin A berfungsi untuk pertumbuhan dan diferensiasi sebagian besar sel dan jaringan anak. Ibu hamil disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A hingga 10-40%.Lebih lanjut, ubi juga kaya akan kandungan serat yang akan membuat Ibu cepat kenyang dan mengurangi lonjakan gula darah serta meningkatkan kesehatan pencernaan Ibu.

Itulah 5 camilan sehat yang baik untuk Ibu hamil. Jika Ibu tertarik untuk mengetahui informasi seputar kehamilan, menyusui, tumbuh kembang anak dan nutrisi anak, Ibu bisa mencari di website https://bebeclub.co.id.

 

Danielewicz, H., Myszczyszyn, G., Dębińska, A., Myszkal, A., Boznański, A., & Hirnle, L. (2017, November 3). Diet in pregnancy'more than food. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5682869

Adda Bjarnadottir, MS. (n.d.). 13 Foods to Eat When You're Pregnant. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#section1

Slideshow: Smart Snacks When You're Pregnant. (n.d.). Retrieved from https://www.webmd.com/baby/ss/slideshow-pregnancy-snacks

-Roth, RD, F. L. (2018, December 12). 10 healthy snacks for pregnancy. Retrieved from https://www.babycenter.com/0_10-healthy-snacks-for-pregnancy_10396237.bc#targetText=If%20you've%20been%20plagued,nearly%205%20g%20of%20fiber.)

Bjarnadottir, A. (n.d.). 13 Foods to Eat When You're Pregnant. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#TOC_TITLE_HDR_4


 

|||/Articles/Articles/Kehamilan/Nutrisi/6-makanan-yang-tidak-boleh-dikonsumsi-ibu-hamil



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait