Resep MPASI Ubi Ungu

Jika selama ini si Kecil sudah tampak bosan dengan menu MPASInya yang itu-itu saja, maka tidak ada salahnya untuk mencoba resep MPASI ub...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
07 Nov 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Cara Membuat MPASI Ubi Ungu


Jika selama ini si Kecil sudah tampak bosan dengan menu MPASInya yang itu-itu saja, maka tidak ada salahnya untuk mencoba resep MPASI ubi ungu atau ubi jalar. Meski banyak yang mengganggap sepele ubi jenis ini, faktanya ubi ungu punya beragam manfaat untuk si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Nah, di Indonesia sendiri keberadaan ubi jalar berwarna ungu tentu sudah tidak asing lagi. Sayuran jenis umbi-umbian ini dapat ditemukan dengan mudah di pasar atau supermarket. Rasanya yang nikmat dengan kadar gizi tinggi menjadikan ubi ungu ini disukai oleh banyak orang. Bahkan di beberapa komunitas masyakarat, ubi jalar ungu dijadikan sebagai salah satu sumber makanan pokok.

Ditinjau dari segi kandungan, ubi jalar termasuk umbi-umbian yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Beberapa kandungan vitamin di dalamnya, antara lain vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Ada pula senyawa berupa antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan penyakit kronis.

Untuk menjaga dan meningkatkan fungsi indera penglihatan, ada beta karoten dan antosianin di dalamnya, sehingga cocok untuk diberikan si Kecil sebagai sajian MPASI[1]. Lantas, seperti apa resep MPASI ubi ungu yang tepat? Cek informasi lengkapnya di bawah ini ya, Bu!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • Ubi jalar yang telah dibersihkan kulitnya 1 buah
  • Susu Bebelac Gold

Cara Membuat MPASI Ubi Ungu:

  1. Sebagai langkah awal, panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius terlebih dahulu
  2. Setelah itu, letakkan ubi pada wadah yang sudah dialasi aluminium foil
  3. Panggang sampai benar-benar matang kira-kira 1 jam
  4. Apabila sudah selesai, kupas kulitnya dab potong-potong dagingya lalu haluskan
  5. Terakhir, tambahkan susu Bebelac Gold untuk mengencerkan

Nah, itu tadi resep MPASI ubi ungu yang bisa Ibu coba sendiri di rumah. Selain dipanggang, ubi jalar juga bisa dikukus hingga isinya lunak. Yang jelas, proses pemberian MPASI ini dilakukan secara bertahap baik dari segi jenis, jumlah, frekuensi, tekstur, dan konsistensinya sampai seluruh kebutuhan nutrisi si Kecil dipenuhi oleh makanan yang dikonsumsinya[2].

 

 

Referensi:

  1. JulsonN, E. (n.d.). 6 surprising health benefits of sweet potatoes. Healthline. https://www.healthline.com
  2. Makanan Pendamping ASI (MPASI). (n.d.). IDAI. https://www.idai.or.id
 


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait