Image 13 593x389

Mengenal Perkembangan Janin Usia 21 Minggu

detail-fb detail-wa detail-twitter

Perkembangan Janin Usia 21 Minggu

Jangan malu untuk mulai mengajak si Kecil bicara. Ini saat tepat bagi Ibu untuk mulai menjalinlah ikatan batin. Pada minggu ke-21 ini, ia mulai dapat mendengar semua perkataan dan nyanyian Ibunya. Perkembangan bayi sudah mencapai panjang 26 cm, dengan berat 400 gram.

Pada bagian bawah kulitnya mulai tersimpan lemak yang akan memberi kehangatan dan menjaga suhu tubuhnya. Otak bayi juga berkembang pesat pada minggu ini. Saat tepat bagi Ibu untuk menambah konsumsi omega 3, yang antara lain terdapat pada tuna, salmon dan sarden. Bila Ibu vegetarian, konsultasikan pada dokter kandungan mengenai suplemen hamil yang kaya kandungan Omega 3. Jangan sia-siakan kesempatan untuk memiliki little einstein, Bu!

Perubahan Pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 21 Minggu

Cobalah beberapa tips praktis berikut untuk mencegah bengkak pada kaki ibu hamil:

  • Saat beristirahat, usahakan letakkan kaki pada posisi lebih tinggi
  • Putar-putar pergelangan kaki untuk memperlancar peredaran darah
  • Gunakan stocking jika kaki terlihat sedikit bengkak
  • Biasakan olahraga ringan dengan berjalan kaki selama 15 menit di pagi dan sore hari

Tahukah Ibu?

Menambah asupan nutrisi selama kehamilan bukan berarti Ibu makan serba berlebih tanpa perhitungan. Diet sehat berimbang merupakan solusinya.

Tambahan kebutuhan kalori Ibu hamil hanya sekitar 150 kalori/hari. Cara terbaik untuk memenuhinya bukan dengan mengkonsumsi biskuit manis, gula, keripik, dan makanan gorengan berminyak. Itu hanya akan menambah berat badan berlebihan dan kurang baik untuk kesehatan.