mood anak baik, aktivitas di pagi hari

3 Aktivitas di Pagi Hari yang Bisa Membuat Mood Anak Baik

detail-fb detail-wa detail-twitter

Si Kecil cranky saat Ibu membangunkannya tiap pagi? Hmm… sepertinya ini masalah yang dihadapi hampir semua ibu, ya. Apalagi saat membangunkan anak untuk sekolah. Duh, sulitnya! Memang, mengondisikan agar mood anak baik di pagi hari bukanlah hal mudah. Namun bagaimanapun juga, hal ini tetap perlu diupayakan karena saat mood anak baik, tentu ia akan lebih bersemangat memulai aktivitasnya di pagi hari.

Tidur Nyenyak, Bangun pun Enak

Mood anak baik di pagi hari berhubungan erat dengan kualitas dan kecukupan tidurnya lho, Bu. Bukan rahasia lagi, tidur nyenyak dan cukup adalah kunci penting bagi proses tumbuh kembang si Kecil. Dampak negatif dari kurang tidur pada anak tidak main-main. Kondisi fisik, sosial, emosional, dan kognitif si Kecil, semuanya bisa terganggu1.

Untuk itu, pastikan si Kecil tidur cukup dan nyenyak di malam hari. Anak batita (1 – 3 tahun) membutuhkan total 12 jam tidur dalam sehari. Kebutuhan tidur anak usia 3 -6 tahun tidak jauh berbeda, yakni total 11 – 12 jam2.

Agar Mood Anak Baik sejak Bangun Tidur

Jika kebutuhan tidur telah tercukupi, kini saatnya mencari cara agar mood anak baik sejak Ia membuka matanya. Jadikan ini aktivitas rutin di pagi hari. Menurut penelitian3, rutinitas adalah hal yang penting untuk anak. Sesuatu yang dilakukan secara rutin akan menjadi kebiasaan, dan pada akhirnya membentuk pola hidup si Kecil sejak dini. Mereka yang memiliki stamina prima, ternyata memiliki perilaku hidup baik yang rutin3.

Beberapa aktivitas di pagi hari berikut ini bisa Ibu jadikan kebiasaan. Tampaknya sederhana, tapi bisa memengaruhi mood anak seharian.

Berikan si Kecil Sarapan Enak dan Bergizi

Ibu pasti sudah tahu, sarapan disebut-sebut sebagai waktu makan yang paling penting4. Memang banyak sekali manfaat sarapan, terutama untuk anak-anak. Anak yang rutin sarapan cenderung memiliki asupan nutrisi yang lebih baik, serta menunjukkan perilaku, kecerdasan, dan performa yang lebih baik di sekolah4. Dan ternyata, ritme harian dan kualitas tidur anak juga turut dipengaruhi oleh jadwal makan yang teratur5.

Lalu, sarapan seperti apa sih, yang disarankan agar mood anak baik?  Ternyata, anak yang sarapan dengan makanan tinggi triptofan cenderung menjadi tipe pagi5. Asupan triptofan dan vitamin B6 yang ditambah rangsangan sinar matahari pagi, bisa meningkatkan sintesis serotonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengendalikan mood5. Uniknya, di malam hari, kedua zat ini akan diubah menjadi melatonin, hormon yang merangsang rasa kantuk5.

Triptofan adalah salah satu jenis asam amino esensial, penyusun protein. Triptofan banyak terdapat pada bahan makanan sumber protein, seperti daging, telur, ikan, dan susu. Adapun vitamin B6 banyak terkandung dalam hati ayam/sapi, ikan, dan kacang-kacangan5. Berilah si Kecil sarapan dengan asupan nutrisi lengkap dan seimbang. Misalnya, seporsi kecil nasi dengan lauk dan sayur, atau roti isi daging/ayam/tuna dengan selada dan tomat. Sebagai tambahan, Ibu bisa memberi segelas susu Bebelac favorit si Kecil, yang diperkaya dengan minyak ikan, omega 3 dan omega 6. Bebelac juga mengandung prebiotik FOS GOS dengan rasio 1:9 serta 13 vitamin dan 5 mineral. Ingat ya Bu, nutrisi yang tepat bisa menunjang saluran cerna baik (happy tummy), akal yang kreatif (happy brain), dan hati yang bahagia (happy heart) sehingga anak tumbuh hebat.

Yuk, Bergerak Bersama si Kecil

Usai sarapan, ajaklah si Kecil melakukan aktivitas di pagi hari bersama-sama. Studi menemukan, aktivitas fisik selama 15 menit sebelum sekolah memberi manfaat positif pada anak. Mereka jadi lebih aktif, percaya diri, dan kemampuan akademiknya membaik6.

Sesuaikan aktivitas fisik dengan usia anak. Untuk anak yang lebih kecil, misalnya batita, Ibu bisa mengajaknya berjoget bersama, atau berjalan kaki di sekitar rumah bila memungkinkan. Untuk anak yang lebih besar, ajaklah ia bersepeda bersama. Bisa juga senam, atau yoga dengan gerakan sederhana. Pokoknya yang penting, Ibu dan si Kecil berkeringat, bergembira bersama, dan terkena cahaya matahari pagi. Aktivitas menyenangkan ini akan ikut membuat mood anak baik.

Do, Re, Mi, Jangan Lupa Pasang Musik

Agar lebih bersemangat, pasanglah musik untuk menemani aktivitas di pagi hari. Musik memiliki daya magis terhadap emosi dan kondisi psikologis kita. Ibu pasti merasakan sendiri, betapa senyum otomatis terkembang saat mendengarkan musik yang menggembirakan7. Saat anak baru bangun, lalu sarapan, pasanglah musik yang menentramkan, untuk membantu membangun mood anak. Lalu, pasanglah lagu bernada ceria saat melakukan olahraga bersama.

Ibu juga bisa mengajak si Kecil menyanyi, atau bermain musik. Tidak masalah bila suara tidak merdu, yang penting happy, dan bisa membangun mood anak baik sambil melakukan aktivitas di pagi hari! Yuk, dapatkan tips lain tentang aktivitas yang penting dalam perkembangan si Kecil di sini.

 


Sumber sitasi:

  • Lisa Matricciani, et al. (2013). Study of Emotional Intelligence and Learning Strategies Children's Sleep Needs: Is There Sufficient Evidence to Recommend Optimal Sleep for Children? Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3612266/ [Diakses 29 Desember 2020]
  • Rini Sekartini. (2015). Pola Tidur pada Anak. Diambil dari https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/pola-tidur-pada-anak [Diakses 29 Desember 2020]
  • Katherine R. Arlinghaus, Craig A. Johnston. (2019). The Importance of Creating Habits and Routine. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6378489/ [Diakses 30 Desember 2020]
  • Katie Adolphus, et al. (2013). The Effects of Breakfast on Behaviour and Academic Performance in Children and Adolescents. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3737458/ [Diakses 30 Desember 2020]
  • Miyo Nakade, et al. (2012). Can breakfast tryptophan and vitamin B6 intake and morning exposure to sunlight promote morning-typology in young children aged 2 to 6 years? Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3423069/ [Diakses 29 Desember 2020]
  • Tayler Greene. (2017). Study: Exercise Before School Benefits Students Throughout the Day. Diambi dari https://inside.uncc.edu/news-features/2017-02-21/study-exercise-school-benefits-students-throughout-day [Diakses 29 Desember 2020]

• Hans-Eckhardt Schaefer. (2017). Music-Evoked Emotions – Current Studies. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5705548/ [Diakses 30 Desember 2020]

Tag