Mengenal Kelas Antenatal

Apa Saja yang Diperoleh di Kelas Antenatal? Jangan khawatir, Ibu takkan membuang waktu bila mengikuti kelas antenatal dengan baik. Bany...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
19 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Apa Saja yang Diperoleh di Kelas Antenatal?

Jangan khawatir, Ibu takkan membuang waktu bila mengikuti kelas antenatal dengan baik. Banyak hal penting yang dapat Ibu pelajari, seperti:

  • Latihan pernafasan untuk mempermudah proses persalinan. Suami juga belajar memijat untuk membantu Ibu tetap relaks baik sebelum maupun pada saat melahirkan.
  • Informasi mengenai seluruh proses persalinan, rincian prosedur medis, mengatasi reaksi emosinal Ibu dan perubahan yang terjadi pada saat kehamilan dan setelah kelahiran.
  • Belajar beragam posisi melahirkan, termasuk informasi pilihan pereda sakit, dan tips mengatasi beragam situasi yang mungkin terjadi saat persalinan.
  • Informasi tentang gambaran hidup bersama bayi baru, baik secara emosional maupun secara praktek. Tujuannya agar calon Ibu dan ayah tidak kaget saat menjalaninya nanti.
  • Bersosialisasi dan berbagi pengalaman dengan calon ibu atau ayah lainnya yang mungkin punya cerita yang berbeda.

Jenis-jenis Kelas Antenatal

Saat ini tersedia berbagai jenis kelas antenatal, dengan pilihan waktu dan bobot materi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Ibu.

Sebagian besar rumah sakit yang membantu persalinan menawarkan kelas prenatal. Tenaga pengajar pada kelas ini biasanya adalah perawat bersalin, bidan, atau dokter. Sambil berlatih, Ibu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya berbagai masalah seputar kehamilan dan persalinan.

Beberapa jenis kelas antenatal yang biasanya ditawarkan oleh rumah sakit adalah:

  • Kelas khusus calon Ibu saja: Kelas prenatal yang hanya menerima calon Ibu saja tanpa mengikutsertakan suami. Di kelas ini dibahas juga mengenai masalah pria.
  • Kelas untuk Ibu dan suami: Di kelas ini Ibu dan suami bisa sama-sama mempersiapkan persalinan sambil mempererat hubungan. Kelas ini juga dapat membantu calon ayah yang gugup menjadi lebih tenang saat manghadapi persalinan. Mereka juga lebih terlibat dalam kehamilan Ibu dan merasa berguna.
  • Kelas untuk kehamilan kedua atau ketiga kali: Ini adalah kelas penyegaran untuk Ibu yang sudah pernah memiliki bayi. Di kelas ini pengetahuan Ibu tentang kehamilan dan kelahiran di perbaharui.

Dalam kelas-kelas ini, diberikan juga kesempatan kepada calon Ibu untuk mengunjungi rumah sakit tempat mereka akan melahirkan kelak. Bahkan Ibu mungkin dapat mulai bertanya tentang gambaran biaya kamar, serta penggunaan fasilitas lainnya untuk persalinan nanti.

Kelas Privat

Bagi calon Ibu dan ayah yang memiliki kesibukan khusus atau berencana menjalani proses persalinan khusus seperti water birth, tak ada salahnya untuk mencari informasi kelas privat antenatal. Selain itu, Ibu juga bisa mencari informasi dari berbagai sumber terpercaya, termasuk di website Bebeclub ini.

Atau Ibu ingin melahirkan dalam air? Ibu bisa mengikuti kelas aquanatal. Renang adalah salah satu olahraga yang aman untuk ibu hamil. Di dalam air Ibu bisa bergerak dan melakukan latihan dengan bebas.

Ibu bisa mengikuti di kelas ini sejak awal hingga akhir kehamilan, bahkan sampai ketuban Ibu pecah. Tapi, lebih baik lagi bila Ibu tetap mengikuti kelas reguler supaya informasi yang didapat lebih lengkap.

Kelas Yoga juga berguna untuk memperkuat otot-otot agar Ibu lebih percaya diri dan siap menghadapi persalinan. Di sini Ibu belajar teknik pernafasan dan relaksasi untuk mengurangi stress.

Let's enjoy your pregnancy, Mom!



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait