resep es timun

Resep Es Mentimun

detail-fb detail-wa detail-twitter

Sedang mencari resep minuman yang menyegarkan untuk dinikmati bersama keluarga di rumah? Resep es timun bisa dijadikan pilihan. Selain menyegarkan, minuman yang sering ditemui di rumah makan Padang ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh lho, Bu! Pasalnya, 96% kandungan timun merupakan air. Selain itu, timun juga mengandung partikel elektrolit. Kandungan yang terdapat dalam buah timun tersebut bermanfaat agar kadar air dalam tubuh tetap terjaga.

Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan serat yang dapat meningkatkan frekuensi pergerakan usus, sehingga proses pencernaan makanan dapat menjadi lebih lancar dan mencegah terjadinya sembelit. Selain mampu menjaga cairan dalam tubuh dan melancarkan pencernaan, buah timun juga kaya akan antioksidan.

Antioksidan adalah molekul yang menghambat oksidasi, yang menyebabkan kita menghirup radikal bebas. Akumulasi radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung, paru-paru dan autoimun. Buah dan sayuran, termasuk mentimun, sangat kaya akan antioksidan bermanfaat yang dapat mengurangi risiko kondisi ini. Satu studi menemukan mentimun menyebabkan peningkatan signifikan pada beberapa penanda aktivitas antioksidan dan peningkatan status antioksidan.[1]

Setelah mengetahui berbagai manfaat timun, apakah Ibu makin tertarik untuk mencoba resep es timun? Yuk, langsung saja simak cara pembuatannya berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Mentimun, 5 buah
  • Air 750 ml
  • Gula pasir 100 gram
  • Jeruk nipis, ambil airnya 2 buah
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Timun:

  1. Pertama, serut 5 buah mentimun. Masukkan ke salam wadah
  2. Tambahkan air, gula pasir, dan air jeruk nipis
  3. Aduk hingga semua tercampur, koreksi rasa
  4. Bila sudah pas, es timun siap disajikan dengan es batu!

Praktis sekali ya, Bu! Sajikan resep es timun ini sebagai teman pelepas dahaga di siang hari bersama si Kecil. Dengan banyaknya kandungan nutrisi dari buah timun serta rasanya yang manis menyegarkan, minuman ini akan menjadi favorit keluarga. Selamat mencoba ya, Bu!

 

[1] Link, R. (n.d.). 7 health benefits of eating cucumber. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-cucumber

Tag