Mengenali Perkembangan Janin Usia 29 Minggu

Perkembangan si Kecil Semakin mendekat minggu ke-40, seluruh anggota tubuh bayi telah terbentuk. Saat ini, beratnya mencapai sekitar 1,...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
10 Jun 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Perkembangan si Kecil

Semakin mendekat minggu ke-40, seluruh anggota tubuh bayi telah terbentuk. Saat ini, beratnya mencapai sekitar 1,1 kg, dan dapat bertambah tiga kali lipat menjelang minggu ke-40 nanti. Berat dan panjang badan masing-masing bayi mulai bervariasi pada minggu-minggu ke depan. Terkadang, sebagian Ibu hamil suka membandingkan ukuran bayinya dengan bayi dari Ibu lain. Sebaiknya, tak usah terlalu dipikirkan. Selama dokter menyatakan bayi Ibu dalam kondisi sehat, tak perlu resah bila mendengar bayi Ibu lain yang mungkin berukuran lebih besar. Ukuran setiap bayi memang unik!

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

Dengan perut buncit mengganjal, banyak Ibu mengalami sulit tidur kala hamil. Bila Ibu mengalaminya, coba tidur menggunakan tiga bantal. Satu di bawah kepala Ibu, satu untuk menyangga punggung, dan satu di antara kepitan paha.

Segelas susu hangat sebelum tidur juga dapat membantu Ibu merasa relaks. Hindari minuman yang mengandung kafein sebelum tidur (seperti kopi dan teh), karena dapat membuat Ibu terjaga dan sering pergi ke belakang di malam hari.

Baca Juga: Mengetahui Perkembangan Janin Usia 28 Minggu

Tahukah Ibu?

Sebaiknya Ibu mulai berkonsultasi pada dokter kandungan tentang perkiraan tanggal melahirkan. Tujuannya agar Ibu dapat mulai merencanakan jadwal pengajuan cuti hamil di kantor. Semakin lama jumlah hari cuti dapat dihabiskan bersama si Kecil nanti akan semakin baik. Namun, jangan juga mengambil cuti hamil terlalu dekat dengan tanggal melahirkan bila kondisi fisik Ibu tidak memungkinkan.

Baca Juga: Mengenali Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait