Penyebab Intoleransi Makanan pada Bayi dan Cara Atasinya

Apa Itu Intoleransi Makanan pada Bayi? Istilah intoleransi makanan tidak umum seperti halnya alergi. Apa itu intoleransi? Intoleransi ...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
08 Nov 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK


Apa Itu Intoleransi Makanan pada Bayi?

Istilah intoleransi makanan tidak umum seperti halnya alergi. Apa itu intoleransi? Intoleransi makanan adalah reaksi negatif yang ditunjukkan oleh anak setelah mengonsumsi makanan tertentu dan tidak dapat diterima oleh tubuhnya. Kebanyakan reaksi yang terjadi pada anak intoleransi makanan bayi bukanlah reaksi alergi.

Intoleransi makanan tidak memiliki dampak dengan sistem kekebalan tubuh seperti pada reaksi alergi saat tubuh akan melepaskan zat kekebalan. Jika bayi Ibu memiliki intoleransi makanan, kemungkinannya adalah ia memiliki kesulitan untuk mencerna beberapa makanan tertentu. Ibu dapat langsung menyadarinya setiap kali ia konsumsi makanan yang menjadi intoleransi yang ditandai dengan gejala-gejala gangguan pencernaan seperti buang angin, kembung, atau diare.

Hal yang paling umum dijumpai adalah intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa pada anak tidak dapat memproduksi enzim yang dapat mencerna laktosa (laktase) yang masuk ke dalam tubuhnya. Laktosa terdapat dalam susu sapi atau produk-produk dairy. Tentu saja sangat tidak dianjurkan bagi bayi di bawah usia 1 tahun untuk mengonsumsi susu sapi, namun untuk Ibu ketahui, zat laktosa seringkali terdapat pada makanan-makanan pendamping ASI yang mengandung susu dan bisa saja luput dari perhatian Ibu. Hal ini umumnya menyebabkan intoleransi laktosa pada anak bayi.

Baca Juga: Mengenali Kesehatan Pencernaan Bayi dari Pola BAB

Cara Mengatasi Anak Intoleransi Makanan

Intoleransi makanan adalah hal yang bisa diatasi. Cermati intoleransi makanan pada bayi Ibu. Kebanyakan intoleransi makanan ditemukan melalui trial and error untuk menentukan makanan atau minuman yang menyebabkan gejala-gejala yang muncul dari pencernaan. Jika Ibu berkonsultasi dengan dokter anak, Ibu mungkin akan diminta untuk menyimpan catatan harian makanan untuk mencatat apa yang bayi Ibu makan, termasuk kapan dan apa saja gejala-gejala yang terjadi, untuk kemudian ditemukan penyebab dan cara mengatasi intoleransi makanan pada bayi dengan tepat.

Baca Juga: Mengenal Gejala dan Cara Mengatasi Intoleransi Laktosa pada Anak

|||/Articles/Articles/tanda-tanda-si-kecil-mengalami-gangguan-saluran-pencernaan



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait