Kembali ke Resep & Nutrisi

Resep Pir Saus Keju

Pir adalah buah yang baik untuk anak karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. 1 buah pir ukuran sedang mengandung sekitar 6 gr...

Resep Pir Saus Keju
13 Sep 2022

Artikel ini belum diulas

Pir adalah buah yang baik untuk anak karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. 1 buah pir ukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat sehingga dianggap merupakan sumber serat yang baik. Pir juga mengandung tinggi fruktosa dan sorbitol yang memiliki efek laksatif atau memudahkan buang air besar sehingga mencegah konstipasi pada anak..[1]

Baca Juga: 11 Manfaat Keju untuk Bayi MPASI dan Penyajian Makanan

Buah ini memang merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan cara yang mudah untuk dilakukan. Tapi, apabila si Kecil mulai bosan karena mengonsumsi buah pir secara terus menerus, Ibu juga bisa menambahkan bahan lainnya dalam penyajian, seperti resep saus keju yang akan kita bahas kali ini.

Keju merupakan produk olahan susu sapi yang kaya akan kalsium serta protein.Maka dari itu, Ibu dapat menggunakan parutan keju (dengan jumlah yang dirasa cukup sesuai) dan juga ubi untuk membuat saus keju lebih kental.

Tapi, selain hal tersebut, kenapa Ibu harus menggunakan ubi, ya? Ubi bukan sumber vitamin A, tapi sumber beta karoten yang merupakan provitamin A (di dalam tubuh akan diubah mejadi vitamin A), yang tidak hanya berfungsi dalam menjaga kesehatan mata namun juga untuk daya tahan tubuh. Selain itu ubi juga kaya akan vitamin C.[2] Belum lagi, rasa yang ditawarkan juga cukup manis. Buah hati Ibu tentunya akan menyukai perpaduan ubi dan juga keju.

Simak resep saus keju dan pir untuk buah hati berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • pear 1 buah sedang ukuran 178g (Sudah matang & Manis) 

  • keju parut sesuai selera

  • ubi 1 buah sedang ukuran 135g (dikukus)

  • jeruk 1 buah sedang ukuran 140g (diperas) 

  • Air matang, ¼ gelas

Dengan masing2 berat bahan makanan tersebut, maka dalam 1 resep (dapat dibagi menjadi 2 atau 3 porsi) mengandung sbb: Energi 503 kkal, protein 14g, lemak 11g, karbohidrat 83g, dan serat 13g

Cara Membuat Pir Saus Keju

  1. Kupas dan potong-potong buah pir, kemudian sisihkan.

  2. Haluskan ubi yang sebelumnya telah dikukus, lalu campurkan dengan keju.

  3. Masukkan campuran ubi dan keju ke dalam panci berisi air panas, lalu tambahkan perasan jeruk manis.

  4. Setelah matang, angkat dan dinginkan.

  5. Sajikan potongan buah pir dengan saus ubi keju!

Bagaimana, Bu? Cara membuat saus keju di atas cukup mudah bukan? Namun, sebelum Ibu lanjut mencobanya, pastikan si Kecil terbebas dari risiko alergi keju atau bahan-bahan lainnya ya, Bu.

Apabila sudah cukup yakin tak akan ada reaksi keju, Ibu dapat mengandalkan resep saus keju dan buah pir ini untuk mengenalkan si Kecil dengan perpaduan rasa yang nikmat. Selamat mencoba ya, Bu!

 


Artikel Terkait