Melihat Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

Perkembangan Janin Usia 30 Minggu Seiring ukuran perut yang makin membesar, perkembangan bayi dalam kandungan Ibu juga terus melesat. U...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
26 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

Seiring ukuran perut yang makin membesar, perkembangan bayi dalam kandungan Ibu juga terus melesat. Ukurannya sudah sekitar 40 cm, dengan bobot 1,3 kg. Otaknya juga berkembang pesat. Lihat saja, ia sudah mampu mendengar, melihat dan merasakan. Bahkan memberikan respon terhadap cahaya yang berasal dari luar perut Ibunya. Untuk mendukung proses tumbuh kembang otak, bayi memang menghabiskan 80% waktunya untuk tidur. Selamat bermimpi indah, sayang!

Perubahan Pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 30 Minggu

Frekuensi buang air kecil yang meningkat harus diimbangi dengan asupan cairan yang mencukupi. Bila tidak, Ibu hamil bisa mengalami dehidrasi. Cyctitis memang menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan sedikit nyeri. Ini karena posisi bayi yang semakin menekan kandung kemih Ibu.

Bila hal ini mengganggu aktivitas dan istirahat Ibu secara berlebihan, konsultasikan kepada dokter kandungan. Pada kasus tertentu, dokter mungkin akan merekomendasikan antibiotik yang aman untuk mengatasi cyctitis pada Ibu hamil.

Baca Juga: 6 Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasi Posisi Bayi

Tahukah Ibu?

Bayi mulai bergerak menuju posisi lahir pada minggu ke-30 ini. Kadang posisinya tepat, yaitu kepala di bawah. Tapi kadang bisa juga kebalikannya, alias sungsang. Tak perlu keburu cemas. Mayoritas bayi baru akan menempati posisi ideal di jalan lahir pada minggu ke-36, dan hanya 3-4% yang akhirnya berposisi sungsang.

Baca Juga: Melihat Perkembangan Janin Usia 31 Minggu



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait