Kenali Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 13 Minggu

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 13 minggu? Pada usia kehamilan 13 minggu, organ vital calon buah hati seperti hati, pank...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
17 Jan 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
janin usia 13 minggu


Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 13 minggu?

Pada usia kehamilan 13 minggu, organ vital calon buah hati seperti hati, pankreas, dan jantung sudah terbentuk sempurna. Jari tangan dan kaki juga mulai membentuk bantalan kuku.

Yang paling menakjubkan lagi, Bu, kini plasenta bekerja maksimal untuk menyediakan oksigen, nutrisi dan pembuangan sampah bayi. Lalu, janin 13 minggu sudah bisa apa? Ternyata Si kecil sudah mampu mengedipkan mata sebagai respon saat melihat cahaya dari luar rahim ibu. Pada minggu ini, kedekatan ibu dan janin semakin bertambah seiring kemampuan janin untuk merasakan detak jantung sang ibu.

Baca Juga: Mengintip Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

Perawatan kehamilan di usia kandungan 13 minggu

Memasuki periode kehamilan usia 13 minggu, jumlah kalori yang dibutuhkan ibu bertambah menjadi 300 kalori per hari. Ingat ya Bu, untuk menjaga kehamilan 13 minggu yang sehat, perhatikan konsumsi makanan bernutrisi yang mengandung asam folat dan protein untuk mendukung pembentukan sel syaraf otak, otot dan sel darah pada si kecil.

Direkomendasikan, untuk sementara membatasi konsumsi makanan yang mengandung kafein seperti kopi, cokelat atau teh. Karena, kafein yang terkandung pada bahan makanan tersebut dapat mengganggu perkembangan saraf pusat janin.

Nah, di usia kehamilan 13 minggu ini, jaga selalu asupan nutrisi agar ibu selalu berenergi selama menjalani rutinitas.

Semoga ibu dan calon buah hati selalu sehat hingga persalinan nanti.

Baca Juga: Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 14 Minggu

|||



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait