Ini Step by Step Pertumbuhan Janin di Trimester Pertama

Pembuahan (ovulasi) biasanya terjadi di salah satu tuba falopi, yaitu ketika sel sperma bertemu dengan sel telur dan membentuk zigot. Na...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
19 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Pembuahan (ovulasi) biasanya terjadi di salah satu tuba falopi, yaitu ketika sel sperma bertemu dengan sel telur dan membentuk zigot. Nah, zigot inilah yang nantinya akan berkembang menjadi bakal bayi (janin). Seperti apa ya, tahapan perkembangan janin di dalam kandungan? Berikut adalah tahapan pertumbuhan janin di trimester pertama yang perlu ibu ketahui:

Minggu Ke-1 dan 2: Awal kehamilan

Minggu pertama adalah minggu periode menstruasi terakhir, meskipun pembuahan belum terjadi. Di minggu ini, hormon FSH (follicle stimulating hormone) mulai diproduksi untuk membantu pematangan sel telur yang akan dibuahi. Barulah sekitar dua minggu (12-14 hari) setelah periode menstruasi terakhir dimulai, sel sperma dan sel telur akan bertemu untuk melakukan pembuahan. Inilah awal pertumbuhan janin di trimester pertama.

Minggu ke-3: Fertilisasi

Sperma dan sel telur mulai bertemu di salah satu tuba falopi, lalu membentuk zigot. Kemudian, zigot akan membelah diri menjadi dua, empat, delapan, enam belas, dan seterusnya. Setelah mencapai 32 sel, zigot akan berbentuk seperti buah arbei (morula) dan perlahan menuju rahim (uterus).

Minggu ke-4: Implantasi

Di dalam rongga rahim, morula akan berkembang menjadi ratusan sel dan dikelilingi oleh rongga berisi cairan yang disebut dengan blastula. Pada perkembangan selanjutnya, sel-sel dalam blastula akan membentuk embrio (bakal janin) dan sel-sel luarnya akan membentuk trofoblas, yaitu dinding yang berfungsi untuk menyerap makanan dan membentuk plasenta. Kemudian, blastula ini akan mencari tempat untuk melekatkan diri ke dinding rahim atau berimplantasi.

Minggu ke-5: Peningkatan Hormon

Pertumbuhan janin di trimester pertama pada minggu kelima, kadar hormon HCG (human chorionic gonadotropin) yang diproduksi oleh blastula akan meningkat tajam. Kondisi ini membuat ovarium berhenti memproduksi sel telur dan memproduksi lebih banyak estrogen dan progesteron. Dampaknya, ibu hamil akan berhenti menstruasi dan mengalami tanda-tanda awal kehamilan. Embrio juga sudah terbentuk tiga lapisan yang terdiri dari:

  • Ektodermatau lapisan atas. Terdiri atas lapisan kulit terluar janin, sistem saraf pusat dan perifer, mata, serta telinga bagian dalam.
  • Mesodermatau lapisan tengah, tempat berkembangnya organ tubuh bagian dalam, termasuk jantung, ginjal, tulang, ligamen, sistem sirkulasi janin, dan sistem reproduksi janin lainnya.
  • Endodermatau lapisan dalam, tempat berkembangnya paru-paru dan usus janin.

Minggu ke-6: Tabung Saraf Menutup

Pertumbuhan janin akan pesat di minggu ini. Antara lain mulai terbentuk otak, saraf tulang belakang, jantung, dan organ tubuh bagian dalam lainnya. Struktur mata, telinga, dan lengan juga mulai terlihat untuk kemudian berkembang menjadi organ yang utuh di usia kehamilan berikutnya. Perkembangan janin di minggu ini ditandai dengan janin yang melengkung membentuk huruf C.

Baca Juga: Perkembangan Janin Usia 6 Minggu

Minggu ke-7 - 12: Perkembangan Organ Tubuh Janin

Di minggu ketujuh hingga kedua belas, organ tubuh janin dalam kandungan mulai berkembang secara bertahap. Berikut adalah beberapa perkembangan organ tubuh janin sesuai dengan usia kehamilannya:

Minggu ke-7

Perkembangan otak dan wajah janin mulai terlihat. Tunas yang menjadi cikal bakal pertumbuhan lengan dan kaki janin juga mulai tumbuh.

Minggu ke-8

Telinga dan mata janin mulai terlihat lebih jelas. Hidung, jari-jari tangan, dan bagian atas bibir janin juga mulai terbentuk. Selain itu, batang leher juga mulai tegap dan menguat.

Minggu ke-9

Lengan dan jari-jari kaki janin mulai tumbuh, begitu juga dengan kelopak mata yang mulai muncul. Di usia kehamilan ini, kepala janin sudah besar, tetapi masih belum terbentuk dagu.

Baca Juga: Perkembangan Janin Usia 9 Minggu

Minggu ke-10

Usia kehamilan ini ditandai dengan bentuk kepala yang sudah semakin bulat, jari-jari kaki dan tangan yang memanjang, tali pusat yang semakin terlihat, serta kelopak mata dan telinga yang semakin berkembang.

Baca Juga: Perkembangan Janin Usia 10 Minggu

Minggu ke-11

Bentuk janin sudah semakin jelas, ditandai dengan mata yang sudah menjadi dua bagian terpisah, kelopak mata sudah bersatu, telinga yang sudah terbentuk sempurna, tunas gigi (cikal bakal gigi tumbuh) sudah terlihat, dan sel darah merah mulai terbentuk di hati janin. Di akhir usia kehamilan ini, organ kelamin janin juga mulai terbentuk, baik menjadi penis atau klitoris dan labia mayora (organ reproduksi wanita bagian luar).

Baca Juga: Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

Minggu ke-12

Bentuk janin semakin sempurna, ditandai dengan bentuk jari-jari tangan dan kaki yang sudah terbentuk sempurna, bentuk wajah yang semakin jelas, dan usus-usus yang sudah ada dalam perut.

Baca Juga: Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

Baca Juga: Ini Step by Step Pertumbuhan Janin di Trimester Kedua
 



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait