5 Ide Me Time Berkualitas untuk Ibu yang Sibuk Bekerja

Jangan merasa bersalah untuk meluangkan waktu me time yang rutin. Ibu yang bekerja sangat boleh me time minimal 20 - 30 menit per hari, kok!

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
16 Apr 2024


Menjalani peran ganda sebagai wanita karier dan ibu rumah tangga bukanlah suatu yang mudah. Tubuh dan pikiran pasti selalu terbagi antara tuntutan deadline kantor, merawat si Kecil, mengurus suami, dan membereskan rumah. Di tengah kesibukan dan tuntutan tiada henti tersebut, Ibu perlu untuk berhenti sejenak dan memikirkan diri sendiri.

Caranya adalah dengan me time singkat tapi berkualitas. 

Manfaat Me Time untuk Working Moms

Kesibukan sebagai working mom sering membuat Ibu menempatkan diri sendiri pada urutan terbawah. Hingga tiba pada suatu ketika Ibu mengalami mood swing, kewalahan, kelelahan, frustasi, dan tidak lagi mengenali diri sendiri. 

Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya ibu berhenti sejenak dan menyempatkan untuk me time. Mengambil sedikit waktu untuk diri sendiri di tengah kesibukan tidak akan membuat Ibu menjadi sosok yang egois.

Justru jeda waktu ini akan memberikan tenaga baru sehingga Ibu dapat mengawali semua kehebatan dengan pikiran dan tenaga yang lebih segar. Berikut manfaat yang akan Ibu dapatkan dari me time yang berkualitas. 

  • Meningkatkan konsentrasi. 

  • Meredakan stres.

  • Meningkatkan kegigihan saat menghadapi situasi yang menekan. 

  • Menjadi lebih produktif. 

  • Tidak mudah kesal dan marah. 

  • Terhindar dari mood swing. 

  • Lebih mengenal diri sendiri.

  • Menjadi lebih bahagia. 

Banyak sekali ya, Bu, manfaat me time

Jadi, jangan lagi merasa bersalah untuk mengambil sedikit waktu untuk diri sendiri. Sebab Ibu yang bahagia adalah salah satu kunci dari kebahagiaan keluarga. 

Baca Juga: Mengenal Gentle Parenting dan Tips Menerapkannya pada si Kecil 

Ide Me Time untuk Ibu Bekerja

Ada banyak cara me time berkualitas yang tidak memakan waktu dan usaha, Bu. Bahkan ada kegiatan menyenangkan yang dapat Ibu lakukan dari rumah atau meja kantor. Berikut beberapa ide me time yang bisa Ibu lakukan:

1. Ikut Pottery Class

Mungkin sudah lama Ibu tidak melakukan hal-hal yang menyenangkan sekaligus melatih sisi kreatif Ibu. Mengikuti kelas seni seperti pottery, melukis, atau merajut bisa jadi pilihan yang menarik untuk Ibu me time. 

Ibu juga dapat mencari kelas seni yang membuka kelas untuk dewasa dan anak sehingga anak dapat belajar hal baru dan Ibu dapat me time dengan tenang.  

2. Belajar Nail Art 

Ibu, memiliki kuku yang terpotong rapi dan dihiasi dengan warna-warni cantik dapat meningkatkan mood dan penampilan, lho! Untuk itu, Ibu dapat memasukkan belajar nail art ke dalam me time wishlist. 

Ibu dapat belajar nail art dengan mencoba-coba sendiri sesuka hati sebelum tidur, menonton video tutorial, atau bergabung dengan kelas nail art khusus pemula. 

Oh iya, kalau bergabung dengan kelas kursus, Ibu akan mendapatkan bonus teman-teman baru.

3. Join Pound Fit Class

Selama di kantor, mungkin Ibu harus duduk selama 7-8 jam untuk bekerja. Pegal-pegal ya, Bu punggungnya? Belum lagi ketika nantinya pulang dan harus membereskan rumah. Badan menjadi semakin lelah dan lesu.

Nah, salah satu hal yang dapat Ibu lakukan untuk mengurangi stres dan membuat badan lebih bugar adalah dengan olahraga secara rutin. 

Ada satu olahraga seru yang baru-baru ini menjadi favorit para ibu aktif, namanya adalah pound fit. 

Pound fit merupakan olahraga senam yang menggabungkan antara gerakan tari dinamis dengan pukulan drumstick ke lantai. Tiap gerakannya diiringi lagu-lagu bertempo cepat sehingga membuat ibu semakin semangat bergerak. 

Agar terasa lebih seru, Ibu dapat bergabung dengan fit pound class bersama teman-teman lain yang dipandu oleh instruktur profesional. 

Olahraga ini juga tidak memakan waktu yang terlalu lama, Bu. Umumnya satu sesi pound fit hanya sekitar 45 menit. Jadi, Ibu dapat melakukannya sebelum berangkat atau setelah pulang kerja.

4. Buat Taman Mini

Untuk memulai berkebun, tidak harus punya tanah bidang dan peralatan canggih, kok, Bu! Karena, ada tanaman hias yang perawatannya mudah dan tidak ribet untuk pemula yang ingin bercocok tanam. Jadi, Ibu tidak perlu banyak waktu dan tenaga untuk merawatnya.

Misalnya, Bambu Hoki. Bambu hoki populer sebagai tanaman hias indoor karena penampilannya yang anggun dan sifatnya yang tidak mudah mati. Tanaman pembawa keberuntungan ini juga bisa ditanam secara hidroponik, lho!

Beberapa contoh tanaman hias lain yang tidak memerlukan media tanah adalah Air Plant (Tillandsia) yang dapat ditanam di terarium kaca dekoratif atau piring dengan mudah, atau Arrowhead (Syngonium podophyllum) dan Sirih gading (Epipremnum aureum) yang bisa ditanam dalam air di vas dan toples dekoratif.

5. Simple Beauty Care 

Di kala senggang dan sedang tidak ingin melakukan hal yang ribet-ribet, Ibu dapat memanjakan diri dengan beauty care sederhana seperti luluran, memijat wajah dengan essential oil, atau memakai masker wajah sebelum tidur. 

Apabila memiliki waktu sedikit lebih longgar, Ibu bisa juga datang ke salon untuk mengganti gaya rambut, creambath, atau pijat. Agar Ibu bisa me time dengan lebih nyaman dan leluasa, jangan lupa reservasi lebih dulu ya, Bu! 

Cara Membagi Waktu antara Me Time dan Anak

Mungkin Ibu kerap kali merasa berdosa pada anak karena memilih menggunakan waktu yang ada untuk me time. Sementara itu, si Kecil seharian ditinggal Ibu bekerja di kantor. 

Tidak perlu merasa bersalah ketika mengambil waktu untuk me time, Bu. Sebenarnya, Ibu yang bekerja masih bisa bermain dengan anak minimal 20 - 30 menit per harinya. 

Durasi tersebut sudah cukup asalkan Ibu benar-benar fokus pada anak. Tinggalkan hal lain yang dapat menimbulkan distraksi seperti gadget, televisi, atau buku catatan pekerjaan. 

Mainkan permainan yang diinginkan si Kecil dengan senang hati. Dengarkan apa yang dikatakan anak dengan saksama dan tanggapi ocehannya dengan sepenuh hati. 

Agar dapat menyesuaikan jadwal bermain dan me time dengan baik, Ibu perlu membuat rutinitas harian yang terjadwal dan konsisten. 

Tentukan waktu anak harus tidur malam, waktu bangun di pagi hari, jam sarapan, waktu bermain, dan seterusnya. Jadi, Ibu tahu waktu luang mana yang sekiranya dapat dimanfaatkan untuk me time.

Jangan lupa juga daftarkan diri Ibu di Bebeclub sekarang. Dengan jadi member, Ibu berkesempatan memanjakan diri dengan beragam promo serta penawaran menarik sampai hadiah eksklusif untuk dukung awal semua kehebatan si Kecil bertumbuh kembang.

 

Temukan Topik Lainnya

Referensi:

  1. Mrunal. (2018, September 15). Taking Time Out for Yourself Doesn’t Make You a “Selfish Mom.” FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/taking-time-out-for-yourself-doesnt-make-you-a-selfish-mom/

  2. Climbing. (2020). Nhsinform.scot. https://www.nhsinform.scot/healthy-living/keeping-active/activities/climbing#:~:text=Regular%20climbing%20can%20improve%20your,abdominal%20muscles

  3. Exercise and stress: Get moving to manage stress. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/exercise-and-stress/art-20044469



Artikel Terkait