Menu Sarapan Praktis untuk Anak yang Mudah Dibuat di Rumah

Sarapan praktis merupakan sumber energi untuk menunjang aktivitas keseharian si Kecil. Bila si Kecil malas sarapan, ada kemungkinan kare...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
21 Nov 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Sarapan praktis merupakan sumber energi untuk menunjang aktivitas keseharian si Kecil. Bila si Kecil malas sarapan, ada kemungkinan karena mood yang kurang bergairah atau suasana pagi yang kurang kondusif. Untuk membangkitkan nafsu mengonsumsi sarapannya, Bunda bisa melakukan variasi pada menu sarapan pagi untuk anak.

Berikut tiga menu praktis yang bisa Bunda berikan sebagai pilihan sarapan si Kecil:

3 Menu Sarapan Pagi untuk Anak yang Praktis dan Mudah Dibuat

1. Roti Panggang

Terkadang si kecil enggan menyantap nasi di pagi hari, Bunda bisa menyiapkan roti panggang sebagai pengganti karbohidrat. Agar si Kecil semangat untuk sarapan, olesi roti panggang dengan selai kesukaannya, seperti selai buah naga, selai stroberi, cokelat, dan selai kacang. 

Cara membuat menu sarapan balita:

Siapkan 2 lembar roti panggang, olesi dengan selai lalu tambahkan parutan keju di atasnya. Sajikan dengan 1 gelas susu sebagai minuman sehat di pagi hari.

2. Telur Orak-Arik

Menu sarapan praktis lainnya yang bisa Bunda coba ialah membuat telur orak arik. Telur yang kaya akan protein ini bisa mengisi energinya. Bunda bisa menambahkan mayones di atasnya setelah telur matang atau menambahkan parutan keju dan wortel. Selain menyehatkan, cara membuat menu sarapan sehat dan praktis ini pun mudah, Bunda hanya membutuhkan waktu 7-10 menit untuk menghidangkannya.

Cara membuat menu sarapan sehat dan praktis:

Siapkan 2 butir telur sebagai sarapan praktis untuk anak, goreng dengan margarin dan bolak-balik telur dengan garpu hingga matang. Tambahkan parutan keju dan wortel di atasnya dan mayones yang diletakkan di mangkuk kecil secara terpisah, sesuaikan dengan selera di Kecil. Bunda bisa menyajikan irisan buah apel sebagai pendamping telur orak arik ini.  

3. Sereal Buah

Jika si Kecil bosan dengan sarapan nasi dan roti, Bunda bisa mengganti menu sarapan dengan sereal sebagai bahan utamanya. Dengan ditambahkan susu dan irisan buah-buahan segar, seperti pepaya, stroberi, pisang dan kismis, si Kecil tentu akan senang menyantapnya.

Cara membuat sarapan anak yang praktis:

Siapkan sereal dengan porsi secukupnya untuk si kecil di mangkuk. Tuangkan susu dan tambahkan potongan buah-buahan favoritnya. Sereal buah siap disantap. Lengkapi dengan 1 butir telur rebus untuk melengkapi sarapannya.

Menurut Angka Kecukupan Gizi Indonesia (AKG) tahun 2013, anak usia 1-3 tahun membutuhkan energi sebesar 1125 kilo kalori setiap harinya. Agar kebutuhan gizinya bisa dipenuhi dengan baik, saat sarapan sebaiknya si Kecil mengonsumsi sekitar 25%-30%, yaitu sekitar 350 kilo kalori.

|||/Articles/Articles/Bayi (0-12 months)/Nutrisi/7-tips-memilih-resep-mpasi-yang-tepat-untuk-si-kecil


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait