Preg_08

Peran Ayah Saat Kehamilan Sampai Kelahiran

Bebelac Admin | 17/05/2019

Kehamilan dan kelahiran sang Buah Hati adalah momen terpenting dalam rekam jejak kehidupan Ayah dan Ibu. Dengan begitu, lembaran baru sudah terbuka dan Ayah sebagai kepala rumah tangga juga memiliki peran penting dalam kehamilan Ibu. Sebagai suami yang bertanggung jawab, mendampingi Ibu dalam setiap tahap kehamilan memberikannya dorongan emosional sehingga Ibu tidak merasa ditinggalkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk Ayah sebagai suami & kepala keluarga:

  • Dukunglah Ibu secara fisik, mental dan emosional. Jadilah orang pertama yang selalu menjadi tumpuannya.
  • Habiskan waktu sebanyak mungkin dengan Ibu semasa hamil, buatlah momen ini menjadi istimewa. Selalu berikan semangat dan jadilah motivator baginya.
  • Jadilah Ayah yang bertanggung jawab dan senantiasa membantu Ibu. Bantulah Ibu mengurus pekerjaan rumah, karena setelah kehamilannya ada beberapa tugas rumah yang tidak mampu dikerjakannya. Buatlah suasana santai untuk Ibu hamil dan kini saatnya mengambil alih tanggung jawab mengelola rumah.
  • Dampingi Ibu saat melakukan kunjungan kehamilan ke dokter. Hal ini akan membuat Ibu merasa tenang, karena ada sosok Ayah yang selalu berada disampingnya dan siap memberikan dukungan kapan saja. Selain itu, keharmonisan hubungan dengan Ibu dan calon Buah Hati akan semakin terjalin.
  • Diskusikan dengan Ibu tentang proses persalinan apakah yang akan dipilih, persalinan normal atau persalinan caesar. Kondisi kesehatan Ibu dan janin sangat menentukan proses persalinan apa yang akan dijalani. Dan tentunya, menentukan tempat bersalin yang tepat akan mempengaruhi kesehatan serta keselamatan Ibu dan sang Buah Hati.
  • Selama proses melahirkan, pastikan bahwa Ayah selalu berada di samping Ibu, karena ini adalah momen tersulit dan kehadiran Ayah menjadi kekuatan tersendiri bagi Ibu.