5 6

Tips Agar Si Kecil Selalu Gembira

detail-fb detail-wa detail-twitter

Senangnya, menginjak usia 5 bulan, Si Kecil kini sudah dapat menunjukkan ekspresi excitement atau kegembiraan dengan tertawa hingga terkikik-kikik. Lucu, ya.

Sebagai orang tua, tentu Ibu ingin dia untuk selalu merasa gembira, bahagia, dan sukses di masa depan. Banyak yang berasumsi bahwa sukses akan membawa kebahagiaan. Namun tahukah Ibu, penelitian membuktikan bahwa mereka yang bahagia akan lebih mudah mencapai kesuksesan dibandingkan yang tidak?

Nah, rasa gembira dan bahagia yang dirasakan oleh bayi ternyata sangat bermanfaat untuk masa depannya. Sebuah penelitian menemukan, bahwa rasa gembira dan kebahagiaan selama Si Kecil bayi dapat memprediksi kecerdasan intelegensi (IQ) dan kesuksesannya. Studi ini membuktikan bahwa rasa gembira dan bahagia pada 18 bulan pertama berpengaruh secara langsung terhadap IQ pada usia 6-8 tahun dan keberhasilan pendidikannya di usia 29 tahun.

Karena itu, menjaga agar bayi selalu merasa nyaman dan senang adalah salah satu hal yang esensial dalam tumbuh kembang Si Kecil. Yuk, simak beberapa tips sederhana yang bisa Ibu praktikkan.

Merespon Isyarat Si Kecil

Pertama, pahami sinyal dan gestur Si Kecil saat mereka merasa tertekan atau tidak nyaman. Misalnya, bayi biasanya memiliki berbagai tangisan yang berbeda saat merasa lapar, mengantuk, atau tidak nyaman karena popoknya penuh. Jadi, cobalah mengenali cara berkomunikasi mereka ya, Bu.

Setelahnya, segera respon rasa ketidaknyamanan Si Kecil. Bayi sangat suka dipeluk dan digendong, jadi lakukanlah sesering mungkin. Dekap dia saat rewel karena mengantuk, atau segera ganti popoknya saat dia menangis karena tidak nyaman. Dekapan dan kehangatan Ibu akan memberinya rasa nyaman dan aman yang baik untuk kecerdasan emosional dan rasa bahagia bayi.

Menyediakan Lingkungan yang Hangat

Salah satu faktor penting dalam membuat bayi gembira adalah dengan menyediakan lingkungan yang nyaman dan penuh kehangatan. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di AS, China dan Switzerland menemukan bahwa menyediakan ruang tumbuh kembang yang nyaman akan membantu perkembangan mereka menjadi individu yang bahagia. Lingkungan yang mereka butuhkan, adalah keluarga yang mengutamakan sentuhan kasih sayang, tidak memberikan hukuman fisik, bebas bermain, dan mengutamakan kebersamaan keluarga.

Nah, untuk mewujudkan ruang tumbuh kembang di atas, coba ikuti tips berikut yuk, Bu:

  • Memperbanyak skin to skin contact atau sentuhan kulit dengan si kecil sedari bayi, yakni dengan memeluk dan mendekapnya.
  • Selalu antusias saat menemaninya bermain dan belajar sehingga Si Kecil selalu gembira dalam mengeksplorasi dunianya.
  • Rajin menstimulasi rasa gembira Si Kecil, misalnya dengan mengajaknya membaca buku favoritnya, atau bermain cilukba bersama agar Si Kecil sering tertawa.
  • Tidak memberikan hukuman fisik pada Si Kecil, dan menggantinya dengan memberikan pemahaman lewat dialog dan contoh yang baik.
  • Mengajari Si Kecil untuk berbuat kebaikan dan berterima kasih sedari kecil. Aktivitas ini dapat menimbulkan rasa bahagia, lho. Misalnya, dengan menyayangi kakek-nenek, memelihara binatang peliharaan, dan belajar mengucapkan terima kasih kepada orang lain.
  • Menghabiskan waktu berkualitas seperti bermain dan bertamasya bersama dengan keluarga, agar Si Kecil memiliki banyak memori bahagia dan menyenangkan bersama keluarga.

Jangan lupa Ibu, kebahagiaan adalah hal yang penting untuk setiap orang, termasuk Ibu, lho. Karena itu, yuk jangan lupa untuk selalu berpikir positif dan berbahagia agar rasa tersebut menular ke Si Kecil, ya.

Tag