Tips Mempercepat Terjadinya Kelahiran

Apa yang Harus Saya Lakukan Bila Bayi Telat Lahir? Tanggal perkiraan kelahiran sudah berlalu, tapi bayi Ibu masih tampak nyaman dalam p...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
12 Dec 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Apa yang Harus Saya Lakukan Bila Bayi Telat Lahir?

Tanggal perkiraan kelahiran sudah berlalu, tapi bayi Ibu masih tampak nyaman dalam perut Ibunya. Dokter pun masih menyarankan untuk menunggu beberapa saat lagi tanpa perlu khawatir. Tapi, rasa rindu sekaligus lelah atas kehamilan yang telah lama dijalani, seringkali membuat Ibu gelisah.

Pasti kemudian Ibu mendapatkan beberapa saran dari orang tua tentang cara alami membantu agar bayi cepat lahir. Beberapa saran mungkin memang tak berbahaya untuk dicoba. Tapi, sebaiknya konsultasikan dulu segala sesuatunya dengan dokter Ibu. Jangan sampai ikhtiar Ibu justru membahayakan bayi dalam kandungan. Beberapa contoh teknik membantu terjadinya kelahiran:

Coba Menjadi Lebih Aktif, seperti:

  • Berjalan Kaki Santai

    Berjalan kaki santai dipercaya efektif merangsang posisi bayi untuk segera masuk ke jalan lahir. Saat melakukannya, pastikan melakukannya dengan santai dan minta orang terdekat untuk menemani Ibu. Sebaiknya jangan jalan terlalu jauh ya Bu, siapa tahu tiba-tiba Ibu mengalami kontraksi yang dinanti-nanti itu.

  • Birthing Balls

    Jika Ibu mengikuti kelas prenatal, mungkin Ibu sering berlatih duduk dan relaksasi di atas bola karet besar yang elastis namun stabil menyangga tubuh. Beberapa teori menyatakan bahwa duduk dan mengayun perlahan di atas Birthing Balls ini dapat membantu bayi untuk bergerak ke posisi jalan lahir secara alami. Tapi, jangan terlalu bersemangat ya, Bu. Usahakan saat melakukannya Ibu juga ditemani oleh instruktur kelas prenatal agar lebih aman.

Stimulasi Produksi Hormon!

  • Lakukan Hubungan Intim yang Santai

    Hubungan intim telah lama diketahui sebagai salah satu cara mempercepat proses menuju kelahiran. Namun, hubungan intim saat menjelang waktu kelahiran harus dilakukan dengan relaks dan tenang. Hubungan intim juga tidak boleh dilakukan bila air ketuban Ibu sudah pecah atau dokter menyarankan untuk tidak melakukannya demi keamanan kandungan.

    Mengapa hubungan intim dapat mempercepat kelahiran? Karena kegiatan ini memicu produksi hormon Oxytocin yang dapat menimbulkan kontraksi pada rahim Ibu. Selain itu, bila pasangan Ibu mengalami orgasme maka akan keluar cairan semen yang mengandung hormon prostaglandin yang akan membuat rahim Ibu melunak.

  • Pijatan Lembut pada Puting Payudara

    Pijatan lembut pada payudara, khususnya puting, juga dapat merangsang produksi hormon oxytocin yang akan menimbulkan kontraksi rahim. Cobalah pijat lembut aerola (area kehitaman di sekitar puting) dengan pangkal telapak tangan. Lakukan selama 15-20 menit secara rutin setiap jam. Hormon yang dihasilkan dipercaya dapat mempengaruhi bayi Ibu yang terlambat lahir.

  • Makan Makanan Pedas

    Sebenarnya belum ada teori medis yang membenarkan hubungan antara makan makanan pedas dengan mempercepat proses kelahiran. Namun, sejumlah pihak menyampaikan teori bahwa rahim dan sistem pencernaan terhubung dengan sistem syaraf yang sama. Sehingga jika Ibu merangsang sistem pencernaan dengan makanan pedas, maka diharapkan secara tidak langsung akan membantu merangsang kontraksi rahim. Tapi, jangan terlalu berlebihan ya, Bu. Jangan sampai Ibu malah menderita diare gara-gara mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak!

  • Minum Teh Rasberry

    Sekali lagi, masih terdapat pro dan kontra tentang manfaat teh rasberry untuk mempercepat kelahiran. Sebenarnya konsumsi teh rasberry sebaiknya dilakukan pada trimester terakhir kehamilan untuk memperkuat rahim menjelang proses melahirkan. Konsultasi dengan dokter kandungan juga sangat disarankan sebelum mengkonsumsi jenis minuman herbal ini. Terutama bagi Ibu yang telah diprediksi harus menjalani persalinan secara caesar, memiliki catatan kelahiran bayi prematur, atau memiliki luka bekas operasi caesar pada kehamilan sebelumnya.

    Jika ibu pernah mendapatkan saran untuk menggunakan obat pencuci perut, jangan pernah melakukannya! Hal ini sangat berbahaya bagi bayi dalam kandungan. Meskipun menanti detik-detik kelahiran yang terlambat bukan sebuah hal mudah, cobalah untuk tetap bersabar. Relaks, simpan energi dan yakinlah bahwa si kecil akan segera lahir bila saatnya tiba.

 

|||


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait