M Sup Kacang Merah

Resep Sup Kacang Merah

detail-fb detail-wa detail-twitter

Brenebon, atau yang lebih dikenal dengan sebutan sup kacang merah merupakan hidangan khas Indonesia timur. Masakan ini berasal dari pengaruh masakan Belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur. Nama “brenebon” merupakan pengucapan lokal Manado yang berasal dari Bahasa Belanda, yaitu bruine bonen; bruine berarti “warna coklat”, sementara bonen berarti “kacang”, maka bruine bonen berarti “kacang merah”.

Resep sup kacang merah ini dibuat dari kacang merah dan sayuran lain yang disajikan dalam kuah kaldu daging, sangat cocok disajikan sebagai makan malam yang lezat dan bergizi untuk keluarga tercinta. Biasanya, daging yang digunakan untuk membuat resep sup kacang merah ini dicuci dan direndam semalaman sebelum direbus hingga empuk. Ketika daging sudah empuk, baru ditambahkan sayur sesuai selera, seperti wortel yang sudah dipotong dadu. Setelah itu siap disajikan hangat-hangat dengan nasi putih.

Kacang merah kaya akan protein dan serat yang dapat mengurangi pencernaan pati (karbohidrat), yang dapat membantu penurunan berat badan. Mengonsumsi kacang merah dapat menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan usus besar, dan mengurangi risiko kanker usus besar.[1]

Selain memiliki gizi yang baik untuk tubuh, kacang merah juga mudah didapat. Berikut resep membuat sup kacang merah:

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Kacang merah 50 gram
  • Daging sirloin yang sudah dipotong tipis-tipis 150 gram
  • Wortel ukuran besar, potong dadu 1 buah
  • Kaldu 500 ml
  • Air 750 ml
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang bombay ½ buah
  • Butter 1 sdt
  • Garam

Cara Membuat Sup Kacang Merah:

  1. Pertama, cuci bersih kacang merah dan rebus sampai empuk, kemudian sisihkan
  2. Selanjutnya, tumis bawang merah dan bawang bombay sampai wangi dengan butter, kemudian sisihkan
  3. Didihkan air dan kaldu di panci, lalu masukkan daging dan wortel, rebus sampai empuk
  4. Terakhir, masukkan tumisan bawang dan bumbui dengan garam

Meski prosesnya terlihat panjang, seluruh proses ini terbilang cukup praktis. Dengan begini, Ibu bisa menyajikan hidangan yang tidak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan untuk dinikmati bersama si Kecil dan seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba, ya Bu!

 

[1] Arnarson, A. (n.d.). Kidney beans 101: Nutrition facts and health benefits. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/foods/kidney-beans#weight-loss