Prawn risotto

Resep Prawn Risotto

detail-fb detail-wa detail-twitter

Masakan nasi khas Italia ini memiliki tekstur lembut dan varian yang begitu beragam. Namun apapun jenisnya, risotto sejatinya memiliki rasa yang memanjakan dan bersanding popularitasnya dengan pizza maupun pasta. Pada resep kali ini, campuran risotto yang akan digunakan adalah udang. Mengapa udang? Selain lezat, udang juga memiliki beragam nutrisi untuk tubuh.

Udang mengandung berbagai mineral (seperti mineral selenium dan zat besi), vitamin (seperti B12 dan B3), serta asam lemak baik omega-3 dan omega-6. Udang sangat kaya dengan protein dan vitamin D, dengan sedikit karbohidrat. Tak hanya itu, protein dan mineral dalam udang, seperti kalsium, fosfor dan magnesium dapat membantu mencegah masalah tulang.[1]

Kalau Ibu sedang mencari variasi menu makanan sehat yang lezat bersama si Kecil dan keluarga tercinta, resep prawn risotto ini bisa dijadikan pilihan. Yuk, cari tahu cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Udang 100 gram
  • Beras  1 cup
  • Kaldu ikan 250 - 500 ml (masukkan dulu 250 ml nanti tambahkan perlahan-lahan)
  • Air matang jika di perlukan 250 - 500 ml
  • Kacang polong 30 gram
  • Brokoli 60 gram
  • Keju (Opsional) 50 gram

Cara Membuat Prawn Risotto:

  1. Langkah pertama, cincang kecil udang
  2. Berikutnya, tumis udang yang sudah di cincang ke dalam panci
  3. Masukkan beras dan kaldu sedikit demi sedikit sampai tekstur nasi berubah menjadi risotto
  4. Jika mulai mengering, tambah kaldu lagi secara perlahan
  5. Langkah berikutnya adalah menambahkan keju, aduk rata
  6. Pada panci terpisah, rebus kacang polong dan brokoli. Setelah matang, cincang halus
  7. Campurkan rebusan sayur ke dalam risotto
  8. Prawn risotto siap untuk disajikan!

Proses pembuatannya mudah kan, Bu? Hidangan ini sangat cocok untuk disajikan sebagai menu sarapan ataupun makan malam bersama keluarga tercinta. Sebagai tambahan, Ibu juga bisa menyajikannya bersama dengan garlic bread ataupun saus tomat dan sambal, semua tergantung selera. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Bu!

 

[1] Elliott, B. (n.d.). Is shrimp healthy? Nutrition, calories and more. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/is-shrimp-healthy

Tag