Wajib Tahu, Ini Tanda Pencernaan Bayi Belum Siap MPASI

Memperkenalkan makanan padat pada bayi merupakan salah satu fase perkembangan yang paling dinanti. Sebab di tahap ini, si Kecil akan mul...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
05 Sep 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK


Memperkenalkan makanan padat pada bayi merupakan salah satu fase perkembangan yang paling dinanti. Sebab di tahap ini, si Kecil akan mulai mencoba beragam tekstur dan rasa makanan yang baru. 

Namun, apakah Ibu tahu kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan makanan padat pada si Kecil? Serta, apa saja tanda-tanda pencernaan si Kecil belum siap untuk memulai MPASI? Agar Ibu dapat mempersiapkannya lebih optimal, yuk, kita ketahui tanda-tanda ini bersama.

Tanda Pencernaan Bayi Belum Siap MPASI

MPASI umumnya mulai dapat diberikan setelah bayi berusia 6 bulan dan dilakukan secara bertahap. Meski begitu, sebelum memberikan si Kecil MPASI, Ibu juga perlu memerhatikan kesiapannya terlebih dahulu. Sebab, ada beberapa bayi yang seharusnya sudah memasuki usia MPASI, tapi pencernaannya ternyata belum siap menerima makanan padat.

Nah, untuk memahami lebih lanjut, simak penjelasan mengenai tanda-tanda pencernaan bayi yang belum siap MPASI berikut ini, yuk!

1. Sembelit

Beberapa bayi biasanya mengalami kesulitan Buang Air Besar (BAB) atau sembelit setelah MPASI pertama mereka, Bu. Hal ini karena ususnya masih beradaptasi, tetapi bisa juga disebabkan oleh alergi pada makanan tertentu atau terdapat gangguan pada saluran pencernaan.

Umumnya, bayi BAB sebanyak 28 kali per minggu, dengan frekuensi 2 atau 3 kali setiap hari. Namun, saat mengalami sembelit, frekuensinya bisa berkurang. Selain itu, bayi juga mungkin mengalami kesulitan atau mendorong lebih keras saat BAB.

Bila hal ini terjadi pada si Kecil, Ibu tidak perlu khawatir. Ini adalah hal wajar karena sistem pencernaan bayi perlu beradaptasi dari susu menjadi makanan padat. Ibu bisa memberikan makanan dengan kandungan serat tinggi, atau memandikannya dengan air hangat untuk meringankan rasa tidak nyaman terkait gejala sembelit yang dialami si Kecil. 

2. Kotoran Bayi Berubah Keras

Apabila pencernaan si Kecil belum siap untuk MPASI, biasanya bentuk kotorannya akan mengalami perubahan. Ini disebabkan oleh asupan makanan yang masuk ke tubuhnya. 

Seperti yang kita tahu, bayi yang masih ASI eksklusif, kotorannya memiliki tekstur yang encer. Namun, saat dikenalkan dengan MPASI, kotorannya akan berubah menjadi agak kental dan lama kelamaan akan mengeras seperti kotoran orang dewasa. 

Namun, jika kotoran si Kecil berubah menjadi keras secara mendadak setelah MPASI selama 5 hari, ada baiknya Ibu segera menghubungi dokter untuk mengetahui penyebabnya. Kondisi ini bisa jadi pertanda kalau pencernaannya belum siap menerima makanan padat.

3. Mengalami Kembung

Ibu mungkin pernah memperhatikan si Kecil sering mengalami perut kembung saat mulai makan makanan padat, bukan? Hal ini karena sistem pencernaan bayi sedang dalam tahap perkembangan dan belajar menyerap makanan.

Jika ini terjadi, Ibu dapat mencoba memberikan makanan pada si Kecil lebih sering, tapi dalam porsi sedikit. Hindari memberinya makanan dalam porsi banyak sekaligus karena ini dapat membuat sistem pencernaan bayi bekerja terlalu keras. 

Selain tanda-tanda pencernaan si Kecil belum siap MPASI di atas, Ibu juga sebaiknya tetap berikan bayi ASI atau susu apabila ia belum mencapai tonggak pertumbuhan sebagai berikut: 

  • Berusia 6 bulan.

  • Bayi memiliki kontrol kepala dan leher yang baik.

  • Bayi dapat duduk sendiri.

  • Menunjukkan ketertarikan pada makanan orang lain.

  • Membuka mulut saat disajikan makanan dengan sendok.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Selama berat badan bayi bertambah sesuai pertumbuhannya, sebetulnya Ibu tidak perlu khawatir. Kemungkinan besar, bayi sudah mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Namun, jika Ibu masih merasa ragu tentang pola makan si Kecil, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan panduan lebih lanjut, ya. 

Baca Juga: 8 Tanda Bayi Siap MPASI yang Wajib Ibu Kenali

Nah, itulah informasi mengenai tanda-tanda pencernaan bayi belum siap MPASI, Bu. Oh iya, Ibu saat ini bisa lho, mengecek kesehatan pencernaan si Kecil dengan mengunjungi TummyPedia. Di sini, Ibu juga bisa mengecek asupan serat dan nutrisi yang diterima si Kecil hingga mengunduh hasilnya secara gratis. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung kunjungi, Bu!


Referensi:

  • TheAsianparent. (Diakses Agustus 2023). Bayi Tidak BAB Setelah MPASI Pertama, Kapan Perlu Merasa Khawatir? Ini Kata Dokter. https://id.theasianparent.com/bayi-tidak-bab-setelah-mpasi
     
  • Verywell. (2020). Starting Solids and Baby's First Foods. https://www.verywellfamily.com/starting-solids-290363
     
  • Time of India. (2019). Signs That Your Baby is Not Ready for Solids! https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/parenting/first-year/signs-that-your-baby-is-not-ready-for-solids/articleshow/70618974.cms
     
  • What to Expect. (2021). Common Baby Feeding Problems After You Introduce Solids. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/baby-feeding-problems-introducing-solids


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait