kandungan gizi susu kedelai

Beragam Kandungan Gizi Susu Kedelai yang Bermanfaat untuk Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Pola makan plant-based yang merupakan pola makan berpusat pada sumber nabati, telah menjadi satu gaya hidup yang banyak diminati. Pola makan ini bisa dimulai sejak dini, Bu. Ini diyakini dapat memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dalam jangka panjang, Bu, seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes, obesitas, dan lainnya1.

Banyak subtitusi makanan yang bisa dipilih sebagai pengganti protein hewani. Misalnya saja formula isolat kedelai atau formula soya, yang menjadi pilihan pengganti susu sapi. Formula isolat kedelai ini bisa diberikan untuk si Kecil yang berusia di atas 1 tahun. Tak hanya untuk orang dewasa, ada banyak manfaat kandungan formula isolat kedelai untuk anak yang berusia di atas 1 tahun. Yuk, simak lebih lanjut!

Nutrisi yang Terkandung dalam Formula Isolat Kedelai

Mungkin Ibu bertanya-tanya, apa sih bedanya formula isolat kedelai dengan susu kedelai? Formula isolat kedelai adalah formula khusus berbahan dasar soya (kedelai), yang sudah difortifikasi berbagai nutrisi penting dan lengkap, sehingga mampu menunjang tumbuh kembang si Kecil yang berusia di atas 1 tahun. Sedangkan susu kedelai adalah sari kedelai yang diproses secara sederhana.

Kehadiran formula isolat kedelai menambah keragaman pilihan susu untuk si Kecil, dan bisa menjadi alternatif yang sangat baik, khususnya untuk kondisi tertentu. Misalnya pada anak yang tidak cocok dengan susu sapi. Namun, formula soya juga bisa, lho, Bu dikonsumsi untuk anak yang tidak ada masalah dengan susu sapi. Tak perlu khawatir karena kandungan gizi  formula isolat kedelai pun cukup lengkap.

Apa saja sih kandungan gizi susu kedelai yang telah diproses menjadi formula isolat kedelai? Yuk, kita simak bersama.

Protein dan asam amino

Kedelai sudah lama menjadi bagian penting dalam makanan sehari-hari orang Indonesia. Tahukah Ibu, kedelai disebut sebagai the miracle of golden bean. Ini karena kualitas protein kedelai menyerupai protein hewani2. Kedelai adalah satu-satunya protein nabati yang telah terbukti memiliki protein berkualitas tinggi. Kualitas protein kedelai sangat mirip dengan susu sapi dan protein telur3.

Daya cerna protein kedelai yang secara ilmiah dikenal dengan sebutan Protein Digestibility Corrected Amino Acid Scores (PDCAAS) bernilai 0,9-1, dengan nilai tertinggi adalah 12,3.

Apa, sih, bedanya protein dengan asam amino? Asam amino adalah zat pembangun protein. Tubuh membutuhkan sebanyak 20-22 asam amino untuk membentuk seluruh kebutuhan protein, meski sebenarnya ada puluhan ribu jenis asam amino yang ada di alam4. Nah, dari 22 asam amino ini, 9 di antaranya adalah asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus diasup dari luar (makanan)5.

Kesembilan asam amino esensial tersebut adalah: histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin. Protein yang dikatakan lengkap berarti mengandung kesembilan asam amino ini, dan kedelai adalah satu-satunya sumber protein nabati yang mengandung asam amino esensial lengkap4.

Formula isolat kedelai seperti Bebelac Gold soya untuk anak usia 1 tahun ke atas, mengandung 5 gr formula isulat kedelai per sajian. Jadi Ibu tak perlu khawatir, protein dalam Bebelac Gold Soya cukup untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Kalsium

Formula isolat kedelai merupakan sumber kalsium yang bagus untuk tubuh, karena sudah difortifikasi kalsium3. Kandungan ini mampu menurunkan risiko osteoporosis di kemudian hari6. Jadi, Ibu tak perlu khawatir, karena kebutuhan kalsium si Kecil yang berusia di atas satu tahun bisa tercukupi dari formula isolat soya.

Zat Besi

Siapa sangka, ternyata kedelai juga kaya akan zat besi Ibu pasti sudah tahu betapa pentingnya zat besi untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, termasuk kemampuan belajarnya. Dalam secangkir atau 16 sendok makan kedelai, terkandung 8, 84 mg zat besi, paling tinggi dibandingkan kacang-kacangan lainnya2. Nah, formula isolat kedelai pun mengandung zat besi dalam jumlah cukup7, yang penting untuk pembuatan hemoglobin. Seperti Ibu tahu, hemoglobin bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak.

Istimewanya Formula Isolat Kedelai

Bebelac Gold Soya yang merupakan formula isolat kedelai untuk anak 1 tahun ke atas, tak hanya mengandung tiga nutrisi penting di atas. Formula isolat kedelai ini juga dilengkapi serat. Secara alami, kadang kedelai memang mengandung serat. Namun, tidak semua formula soya itu tinggi serat karena pada saat pemrosesan, serat yang ada di dalam formula soya akan hilang. Bebelac Gold Soya merupakan satu-satunya formula isolat kedelai tinggi serat di Indonesia, berupa Advansfibre Soy+ dan prebiotik FOS Inulin.

Selain itu, Bebelac Gold Soya juga sudah diformulasi dan difortifikasi dengan berbagai nutrisi penting lainnya. Antara lain minyak ikan,DHA, Omega 3, Omega 6, kolin, dan taurin. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan si Kecil di atas 1 tahun.

Yuk, dapatkan semua manfaat formula isolat kedelai dengan memasukkannya sebagai salah satu asupan harian anak usia di atas 1 tahun. Dengan demikian Ibu bisa membantu si Kecil memiliki perut yang hebat serta daya pikir dan pertumbuhan yang optimal. Untuk informasi lain tentang nutrisi anak, Ibu bisa dapatkan secara lengkap di sini.

 


Referensi:

  1. Physicians Committee for Responsible Medicine. (2021). Nutrition for Kids Plant-based Diets for Infants, Children, and Teens. Diambil dari: https://www.pcrm.org/good-nutrition/nutrition-for-kids#:~:text=Children%20and%20Teens,time%20maintaining%20a%20healthy%20weight. [Diakses 23 Februari 2021]
  2. Mark Messina. (2016). Soy and Health Update: Evaluation of the Clinical and Epidemiologic Literature. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5188409/ [Diakses 20 Februari 2021]
  3. Gianluca Rizzo, Luciana Baroni. (2018). Soy, Soy Foods and Their Role in Vegetarian Diets. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5793271/ / [Diakses 20 Februari 2021]
  4. Michael J. Lopez, Shamim S. Mohiuddin. (2020). Biochemistry, Essential Amino Acids. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557845/ [Diakses 20 Februari 2021]
  5. Medline Plus. (2021). Amino Acids. Diambil dari https://medlineplus.gov/ency/article/002222.htm#:~:text=Essential%20amino%20acids%20cannot%20be,threonine%2C%20tryptophan%2C%20and%20valine [Diakses 26 Februari 2021]
  6. Ashley Wheeler, Karen Chapman-Novakofski. (2014). Women Infant and Children program participants' beliefs and consumption of soy milk : Application of the Theory of Planned Behavior. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3944159/ [Diakses 20 Februari 2021]
  7.  Elvira Verduci, et al. (2019). Cow’s Milk Substitutes for Children: Nutritional Aspects of Milk from Different Mammalian Species, Special Formula and Plant-Based Beverage. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6723250/ [Diakses 20 Februari 2021]